Bergabung dan berkarier bersama Sheila On 7 dari 2006, kini drummer Brian resmi keluar dari band. Pengumuman keluarnya Brian tentu sangat mengejutkan dan membuat penggemar sedih. Keluarnya Brian Sheila On 7 disampaikan pada Selasa, 10 Mei 2022. Tapi ternyata, Brian sudah cukup lama absen dari kegiatan Sheila On 7.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Adam Subarkah, bassist selaku manajer band, juga oleh pemerhati dunia musik, Adib Hidayat setelah meminta konfirmasi dari Eross Candra. Berawal dari menggantikan Anton, drummer sebelumnya, Brian terhitung sudah 18 tahun bersama band asal Yogyakarta itu. Berikut beberapa informasi seputar keluarnya Brian dari Sheila On 7 dan profilnya.

Lama absen dari aktivitas band

Brian Sheila On 7, Dari Anggota Cadangan Hingga Resmi Keluar dari Bandinstagram.com/briankresnaputro

Jika melihat di akun Instagramnya, beberapa unggahan hanya menampilkan ketiga anggota band, yaitu Duta, Eross, dan Adam. Sedangkan Brian jarang tampil bersama dengan anggota lainnya dalam beberapa video.

Sudah hengkang dari April 2022

Brian Sheila On 7, Dari Anggota Cadangan Hingga Resmi Keluar dari Bandinstagram.com/briankresnaputro

Hengkangnya Brian dikonfirmasi oleh manajemen Sheila On 7 yang menyebutkan bahwa Brian telah hengkang sejak 6 April 2022. Keputusan tersebut disepakati setelah melalui evaluasi, pertimbangan yang cukup panjang, dan tentunya juga diskusi dengan Brian.

Baik Brian mau pun pihak manajemen tidak menjelaskan secara detail terkait alasan drummer tersebut memutuskan keluar dari Sheila On 7 karena dinilai merupakan masalah internal. Tapi, diketahui bahwa hubungan kedua pihak masih baik-baik saja.

Beri tahu penggemar terlebih dahulu sebelum ke publik

Brian Sheila On 7, Dari Anggota Cadangan Hingga Resmi Keluar dari Bandinstagram.com/briankresnaputro

Adam menjelaskan kabar keluarnya Brian dari Sheila on 7 telah disampaikan lebih dulu ke para penggemar mereka, yang dipanggil Sheila Geng, sebelum akhirnya diketahui publik. Menurutnya, keputusan memberitahu klub penggemar lebih dulu dan tidak secara terbuka karena mereka menghormati penggemar yang sudah setia menemani mereka.

"Kalau umum kan mereka belum tentu pendengar S07, jadi kami ke fan club dulu, memang anggota resmi. Toh, setelah Sheila Geng S07 tahu akan menyebar juga, jadi bertahap saja," kata Adam pada media.

"Kenapa seperti itu, karena bandnya saja belum aktif. Jadi memang kemarin terakhir diskusi belum ada urgensi untuk mengumumkan di ranah umum, jadi nanti dibiarkan mengalir saja. Intinya sudah resmi," tambahnya.

Bersama Sheila On 7 di album 507

Brian Sheila On 7, Dari Anggota Cadangan Hingga Resmi Keluar dari Bandinstagram.com/sheilaon7

Pria kelahiran Jakarta, 22 Januari 1981 ini awalnya bergabung dengan Sheila On 7 sebagai pemain tambahan atau pemain cadangan untuk menggantikan Anton yang kala itu lebih dahulu keluar pada tahun 2004. Ia mengisi kekosongan posisi drummer Sheila On 7 di berbagai tur untuk promo album Pejantan Tangguh.

Tak lama, Brian ikut dalam proses rekaman album The Very Best of Sheila On 7 (2005) yang menjadi karier rekaman studio pertama Brian bersama Sheila On 7 sebagai drummer. Selama 2 tahun menjadi pemain tambahan, lewat album 507 pada tahun 2006 Brian resmi menjadi anggota tetap Sheila On 7.

Pernah jadi anggota band Tiket dan Jagostu

Brian Sheila On 7, Dari Anggota Cadangan Hingga Resmi Keluar dari Bandinstagram.com/briankresnaputro

Sebelum bergabung dengan Sheila On 7, pemilik nama asli Brian Kresno Putro itu pernah tergabung dalam grup band Tiket bersama dengan Opet Alatas (eks-Gigi) dan Aqi ‘Alexa’. Ia keluar dari band pada 2004 silam.

Tak hanya itu, ia juga bergabung dengan band Jagostu yang didirikan Eross Candra sebagai proyek sampingan dari Sheila on 7. Selain Eross (gitar), Jagostu digawangi Brian Kresna Putro (drum), Alam (bas), dan Helmi (vokal). Pada tahun 2007 band ini telah mengeluarkan album bertajuk Jagostu. Band tersebut mengusung genre alternative rock, pop rock, dan rock and roll.

Terjun bernyanyi dan banyak aktivitas solo

https://www.youtube.com/embed/DN3y0Jl28Yc

Menjadi drummer tidak membatasi keahlian Brian. Ia diketahui pernah mencoba peruntungan sebagai seorang penyanyi. Brian pernah merilis single "Denganmu", pada 13 Januari 2017. Beberapa bulan setelahnya, single "Sampai Kau Kembali" feat. Asteriska/Barasuara pun dirilis pada program 'Hope'.

Berlanjut hingga pada Mei 2017, album bertajuk Rumah juga mulai dipublikasikan. Selama berkarier dengan Sheila On 7, Brian juga kerap menerima penghargaan untuk dirinya sendiri.

Ia masuk jajaran The 50 Greatest Indonesian Drummers versi Rolling Stone Indonesia pada November 2010. Sebelum dinyatakan resmi keluar dari Sheila On 7, ia sudah seringkali terlihat menjadi solo drummer di berbagai acara.

Itulah profil Brian eks Sheila On 7 dan berita keluarnya dari band yang mengejutkan penggemar dan publik. Semoga baik Sheila On 7 dan Brian berjalan di jalan berbunga di hari ke depan!

Baca Juga: Viral Mas Duta Sheila On 7 Nyanyi di Kondangan, 10 Potret Sederhananya

Baca Juga: Ada Lagu Sheila on 7, ini 5 Soundtrack Film 'Lupus' yang Paling Hits

Baca Juga: Dewa 19 Rilis Single Baru Setelah 12 Tahun Absen, Ello Akan Ikut Tur