Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Alumni Idola Cilik, 8 Fakta Alvin Pemenang X Factor Indonesia 2022 

Awalnya ikut audisi karena merasa bosan

Aisyah Banowati

Setelah melalui proses yang panjang, nama Alvin Jonathan Sindhunata keluar sebagai pemenang X Factor Indonesia 2022 musim ketiga, Senin (18/4/2022). Akrab disapa Alvin, penyanyi asal Malang ini berhasil menjadi idola baru dengan talenta yang dimilikinya. 

Berhasil mencuri perhatian sejak awal audisi, penampilannya di atas panggung bukan hanya mendapat komentar positif dari dewan juri, namun juga dibanjiri pujian oleh penonton. Penasaran dengan sosoknya? Berikut fakta menarik penyanyi yang akrab disapa Alvin ini.

1. Merasa bosan, Alvin mencoba ikut audisi

Lagu “Give Me Love” milik Ed Sheeran yang dinyanyikannya berhasil meloloskannya saat audisi, sekaligus menjadikannya salah satu peserta di bawah asuhan Bunga Citra Lestari.

Saat ditanya alasannya ikut X Factor Indonesia, penyanyi kelahiran 1997 ini secara terang-terangan mengaku jika dirinya sedang merasa bosan dengan hidupnya.

Berhasil lolos dengan empat “yes” yang diberikan juri di atas panggung, inilah langkah awal perjuangan Alvin di X Factor.

2. Sempat tak tertarik audisi meski telah mendapat tawaran khusus

instagram.com/alvinxjo

Lewat aplikasi SnackVideo, Alvin bercerita bahwa sebelumnya dirinya sempat menerima tawaran dari pihak Fremantle selaku sponsor acara tersebut. Namun, ia sempat merasa tidak tertarik untuk kembali melakukan audisi dan mengikuti acara kompetisi. Setelah melalui proses berpikir yang panjang dan mendapat dorongan dari temannya, Alvin kemudian memutuskan untuk mengikuti audisi.

3. Bagaimana proses audisi sampai akhirnya lolos ke Jakarta?

instagram.com/alvinxjo

Selama proses audisi, Alvin melakukan beberapa tahap seperti mengirim video rekaman, bernyanyi lewat Zoom, dan berbagai seleksi lain hingga ia sampai di Jakarta untuk berkompetisi langsung dalam ajang tersebut. Untuk proses audisi melalui Zoom, Alvin bercerita bahwa dirinya menyanyikan lagu “Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki” dari Sheila on 7.

4. Bukan ajang kompetisi pertama untuknya

Ternyata, sebelum menjuarai X Factor Indonesia 2022 musim ketiga, Alvin telah lebih dahulu berkompetisi dalam ajang Idola Cilik 3 saat berusia 13 tahun, dan berhasil merebut juara ketiga.

5. Sempat tergabung dalam grup vokal

Setelah menjadi alumni Idola Cilik 3, Alvin terus mengembangkan kariernya sebagai penyanyi. Lagu pertama sebagai solois miliknya berjudul "Berteman Saja"  (2010) yang tergabung dalam kompilasi album Dunia Idola

Alvin juga sempat berkolaborasi bersama Olga Victoria untuk lagu rohani berjudul “Jiwaku Bersuka”  dalam album Glory of Hope (2011). Dirinya juga merupakan anggota Icil Divo formasi 10 bersama alumni Idola Cilik yang lain. 

Setelah Icil Divo bubar di tahun 2012, dirinya melanjutkan kariernya dengan bergabung bersama duo vokal bernama YUJIN. Bersama Mario Stevano Aditya—runner up Idola Cilik 3—keduanya merilis lagu bergenre R&B, “Mengenalmu” (2015).

Lirik lagunya sendiri ditulis oleh Rio yang terinspirasi dari pengalaman pribadi miliknya. Sayangnya, di tahun yang sama dengan perilisan lagu, grup ini memutuskan untuk bubar. Lama tidak terdengar, ternyata Alvin sempat menjadi penyanyi di kafe hingga acara pernikahan.

6. Pernah merasa minder dengan peserta lain

www.instagram.com/alvinxjo

Bertemu dengan banyak penyanyi berbakat yang juga sedang berjuang merebut gelar juara, Alvin mengakui bahwa dirinya pernah merasa terpuruk selama berkompetisi. Namun, seiring berjalannya waktu, ia pun berhasil mengatasi perasaan tersebut hingga menjadi lebih percaya diri untuk menunjukkan bakat dan kemampuannya.

“Kunci menjadi pemenang X Factor dari Alvin adalah jadilah dirimu sendiri. Itu kayaknya yang membuat orang suka sama kamu, kalau kamu jadi dirimu sendiri, anti gimmick-gimmick club, yang penting ikhlas, jangan terpaksa,” ungkap Alvin dalam keterangan resmi yang Popbela terima, Jumat (10/06/2022). 

7. Berharap dapat menggelar konser

instagram.com/alvinxjo

Bukan hanya bernyanyi, Alvin juga dapat memainkan alat musik seperti gitar dan piano. Salah satu impiannya adalah dapat menggelar konser suatu hari nanti, tepatnya saat dirinya telah memiliki karya berupa lagu maupun albumnya sendiri.

8. Suka duka menjadi bintang baru di Tanah Air

https://www.instagram.com/alvinxjo

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemenangannya dalam ajang X Factor Indonesia 2022 menjadikan dirinya sebagai bintang baru di industri musik Tanah Air. Menurutnya, menjadi seorang artis artinya memiliki jadwal yang padat sehingga waktu untuk diri sendiri menjadi lebih terbatas.

Namun di lain sisi, hal tersebut juga memberinya banyak kesenangan dan kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang baru, hingga ia dapat memperluas koneksi dan meningkatkan kemungkinan bagi dirinya untuk terus berkarya di masa depan.

Itulah beberapa fakta tentang penyanyi asal Malang yang lahir pada 20 September 1997 ini. Kita doakan semoga di masa mendatang Alvin dapat semakin sukses dengan karya-karya miliknya.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration