Popbela berkolaborasi dengan Instaperfect mengajak Clarissa Gunawan seorang Group Head Marketing Paragon Technology & Innovation, untuk membagikan pengalamannya setelah 10 tahun berkarier di bidang marketing. 

Pada dasarnya, bidang marketing memiliki cakupan yang luas, tidak hanya sebatas memasarkan produk. Bidang marketing dalam sebuah perusahaan mencari tahu dan mencoba untuk mengenal konsumen, agar perusahaan mengetahui produk seperti apa yang dibutuhkan dan diinginkan. 

Dengan pengalaman karier yang tidak sebentar, Clarissa Gunawan memberi beberapa tips untuk kamu seorang fresh graduate yang ingin terjun ke dunia kerja. 

Refleksi diri sebagai langkah awal

Tips Berkarier Clarissa Gunawan, Group Head Marketing Paragon Dok. Popbela

Entah seorang fresh graduate atau pekerja lama, pastinya pernah merasakan jenuh. Dengan cara yang sederhana, yaitu refleksi diri, kamu dapat membayangkan ingin berkarier dalam bidang apa. Saat merasa stuck, cobalah untuk berbicara kepada diri sendiri, meski jawaban tidak langsung didapatkan semakin kita banyak berbicara dengan diri tentunya kita akan semakin kenal dengan diri kita sendiri.

Persiapkan CV secara profesional

Tips Berkarier Clarissa Gunawan, Group Head Marketing Paragon freepik.com

Saat mempersiapkan CV atau curriculum vitae, jelaskan background pendidikan dan pencapaian yang memiliki dampak luas. Hindari memasukkan informasi yang terlalu banyak atau terlalu sedikit di dalam CV. Pilihlah informasi yang mampu menunjukkan keunggulan diri agar perusahaan  tertarik merekrut kamu.

Persiapkan diri saat wawancara

Tips Berkarier Clarissa Gunawan, Group Head Marketing Paragon freepik.com_ijeab

Setelah lolos tahap pemberkasan dan dipanggil untuk wawancara, persiapkan diri agar meninggalkan kesan baik untuk perusahaan. Gunakan pakaian yang rapi dan tidak berlebihan untuk menunjukkan keseriusan. Sebelumnya, sempatkan untuk latihan wawancara sendiri agar tidak gugup saat waktu wawancara tiba.

“Ketika memulai mimpi, yang harus dilakukan adalah belajar untuk mengungkapkan mimpi kita. meskipun aku sekarang masih suka takut tapi kita harus tetep belajar,” ujar Clarissa. Kini, jangan ragu untuk terus bermimpi dan belajar meskipun kamu masih belum memiliki mimpi. 

Jangan lupa bergabung dan saksikan Festival Pulih yang kini  sudah memasuki hari terakhir. Festival Pulih dapat kamu saksikan secara gratis di Youtube dan Instagram Popbela. Yuk, nonton!

Baca Juga: Bisa Dapat Pekerjaan Impian, Ini Tips Wawancara Kerja di Masa Pandemi

Baca Juga: 4 Produk InstaPerfect Ini Cocok untuk Kamu yang Akan Wawancara Kerja!

Baca Juga: Mau Magang di Paragon Technology & Innovation? Ini Caranya!