Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tokoh Paling Banyak Dicari di Google Indonesia Sepanjang 2022

Ada Livy Renata, Kak Jill, Bunda Corla, hingga Ferdy Sambo

Aisyah Banowati

Ada begitu banyak hal dan peristiwa yang terjadi selama satu tahun, membuat beberapa tokoh banyak dicari di mesin pencarian Google. Belum lama ini, Google juga telah mengumpulkan sepuluh tokoh paling banyak dicari sepanjang 2022. Daftar ini termasuk dalam Year in Search 2022 yang disusun untuk merangkum dan melihat tren serta momen sepanjang tahun. 

Dari daftar yang ada, terlihat jika masyarakat di Tanah Air mencari lebih banyak sosok yang memberi inspirasi nyata dan sederhana yang dekat dengan keseharian. Di antaranya yang masuk dalam daftar adalah Bunda Corla dan Kak Jill, selain mereka berdua masih ada banyak nama yang belum disebutkan. Penasaran ada siapa saja? Check this out!

1. Bunda Corla

instagram.com/corla_2

Akrab disapa Bunda Corla, Cynthia Corla Pricillia viral berkat aksi live-nya yang ditonton ratusan ribu orang, termasuk akun-akun bercentang biru. Baik di Instagram atau TikTok, live Bunda Corla selalu diisi dengan celotehan lucu dan spontan yang membuat banyak orang senang berlama-lama menontonnya.

Bunda Corla sendiri merupakan warga Indonesia yang kini tinggal di Jerman, sehari-hari ia bekerja di McDonald's. Meski telah menjadi selebgram dengan pengikut lebih dari 5 juta di Instagram, Bunda Corla mengaku ingin tetap menjadi dirinya sendiri serta tidak haus dengan uang dan popularitas.

2. Jesse Choi

instagram.com/jessechoi_

Pernikahan Maudy Ayunda dengan Jesse Choi menjadi kabar mengejutkan sekaligus menggembirakan publik. Sama-sama lulusan Stanford University, keduanya resmi mengikat janji suci pada bulan Mei lalu. Sontak, nama Jesse Choi pun ramai diperbincangkan dan dicari, sebab saat mengumumkan pernikahannya Maudy sengaja tak menunjukkan rupa sang suami. Memutuskan berkarier di Indonesia, diketahui kini Jesse Choi menjabat sebagai COO di Reku (Rekeningku).

3. Grace Tahir

instagram.com/gtahirs

Dianggap sebagai “The Real Sultan”, Grace Tahir merupakan putri dari pendiri Bank Mayapada, Dato Sri Tahir. Kini, ia menjabat sebagai direktur Mayapada Hospital, CEO dari Meddico, pendiri dokter.id, serta merangkap jabatan di perusahaan keluarga sebagai komisaris utama Maha Properti Indonesia sekaligus Direktur Philips Indonesia. Sosoknya menjadi viral setelah ia mengunggah video podcastnya bersama sang ayah di YouTube. Lewat video berdurasi 30 menit 16 detik itu, Dato Sri Tahir menceritakan perjalanan hidupnya yang berasal dari orang biasa.

4. Cipung

instagram.com/raffinagita1717

Anak kedua pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini sering kali mencuri perhatian netizen berkat tingkah lakunya. Bernama asli Rayyanza Malik Ahmad, panggilan Cipung sendiri awalnya diberikan Nagita hanya untuk sebatas nama panggilan yang tak memiliki arti, namun saat diucapkan membuatnya semakin gemas dengan sang buah hati. Sedangkan, Raffi sendiri pernah berkata sembari bercanda jika Cipung merupakan singkatan dari aci dan tepung.

5. Farel Prayoga

instagram.com/farel_prayoga_official

Berasal dari Banyuwangi, penyanyi cilik Farel Prayoga sempat jadi viral setelah meng-cover lagu Denny Caknan yang berjudul “Ojo Dibandingke”. Lewat lagu ini, ia bahkan sukses menggoyang Istana Negara saat upacara kenegaraan HUT ke-77 Republik Indonesia kemarin. Berkat popularitasnya, Farel pun kebanjiran job manggung.

6. Jeje Slebew

instagram.com/911jelicascalling

Kehadiran Citayam Fashion Week turut membawa nama Jeje Slebew dikenal oleh publik.  Namanya pertama dikenal setelah video tanya jawab di YouTube milik Ramdani Eka tayang. Di dalam video terlihat Jeje yang menempel erat seperti perangko dengan kekasihnya, Roy. Ia bahkan tak segan untuk bermanja-manja di depan kamera. Bernama asli Jasmine Laticia, kata ‘slebew’ melekat dengan Jeje sebab ia kerap mengucapkannya saat membuat konten hingga viral di mana-mana.

7. Bjorka

twitter.com/bjorkanismreal

Layaknya film bergenre misteri, kehadiran Bjorka sempat menjadi trending di Twitter. Mengaku sebagai hacker, ia mengklaim bahwa dirinya memiliki data pelanggan Indihome, data registrasi SIM Card, hingga daftar surat ke Presiden RI. Namun, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian menyebut bahwa Bjorka bukanlah hacker sungguhan, ia disebut hanya muncul untuk membuat kekacauan. Bagaimana menurut kamu?

8. Livy Renata

instagram.com/livyrenata

Livy Renata merupakan seorang selebgram sekaligus gamer yang berhasil mencuri perhatian publik berkat sosoknya yang lugu. Baru-baru ini, ia melebarkan sayapnya dengan merambah ke dunia akting lewat film Love in Game. Selain sibuk berkarier di Tanah Air, ia juga seorang mahasiswi di Universitas Macquarie Sydney.

9. Kak Jill

Jill Shine atau yang akrab dipanggil Kak Jill merupakan penjual gorden sekaligus TikToker yang viral karena cara bicara dan riasannya yang unik. Punya image sosok yang ramah, Kak Jill terbiasa menyapa semua orang dengan panggilan “adik Kak Jill”, “sayang”, atau “darling”. Ia juga punya jargon khas yang membuatnya semakin dikenal, “Sepuluh gelombang kanan, sepuluh gelombang kiri” serta “Supa dupa TikTok darling”. Berkat kepopulerannya, ia sampai diundang ke acara televisi hingga menjadi bintang tamu di akun-akun YouTube terkenal Tanah Air. 

10. Ferdy Sambo

wikipedia.org/wiki/Ferdy_Sambo

Tak heran jika nama Ferdy Sambo masuk ke dalam daftar sepuluh tokoh paling banyak dicari di Google. Ia merupakan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) yang menjadi tersangka dalam kasus penembakan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. Ferdy Sambo diduga kuat adalah dalang dari pembunuhan berencana Brigadir J yang sampai saat ini masih dalam proses persidangan.

Itulah daftar sepuluh tokoh yang paling banyak dicari di Google 2022. Adakah nama dalam daftar yang membuat kamu terkejut?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration