Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Yuk, Mengenal 7 Kandungan Aktif yang Mencerahkan Kulit! 

Pastikan terdapat di skincare kamu ya

Shavira Annisa Putri

Wajah cerah tanpa noda hitam tentu saja menjadi dambaan banyak perempuan. Maka dari itu, skincare yang memiliki kandungan pencerah selalu menjadi favorit banyak orang. Tetapi, sebelum mencoba berbagai produk, ada baiknya kamu mengetahui kandungan aktif apa saja yang dapat mencerahkan kulit. Sehingga, dapat mengetahui cara kerja dan disesuaikan dengan jenis kulit kamu. Langsung intip aja yuk, tujuh kandungan aktif yang mencerahkan kulit berikut ini! 

1. Alpha Arbutin

naturium.com

Kandungan aktif ini bekerja dengan menghambat pembentukan melanin dengan mengurangi produksi tirosinase. Seperti kita tahu, melanin akan memengaruhi warna kulit. Semakin sedikit melanin yang dihasilkan, maka kulit akan terlihat lebih cerah. Alpha Arbutin  didapatkan dari ekstrak dari Bearberry dan aman digunakan semua jenis kulit karena terbuat dari bahan alami. 

2. Vitamin C

womansworld.com

Salah satu bahan aktif yang sudah terkenal mampu mencerahkan kulit adalah Vitamin C. Yups, Vitamin C dapat menghambat pertumbuhan pigmen melanin, menangkal radikal bebas, dan membantu produksi kolagen sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat. Selain itu, Vitamin C juga efektif menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat yang membandel sekalipun. Oiya, Vitamin C aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

3. Niacinamide

theskincareedit.com

Nah, pasti kalian sudah pernah mencoba skincare yang mengandung Niacinamide. Bahan aktif ini bekerja dengan membantu memperlambat proses pembentukan melanin ke lapisan terluar kulit. Selain itu, Niacinamide bisa digunakan pemilik kulit cenderung berminyak karena dapat menghambat produksi sebum berlebih.

Nggak berhanti disitu saja, salah satu bentuk dari vitamin B3 ini dapat mengencangkan kulit dan mempunyai sifat anti-inflammatory yang bagus untuk menghilangkan kemerahan dan memperbaiki skin barrier. Cocok banget deh untuk mencerahkan kulit kamu! 

4. Glycolic Acid dan Salicylic Acid

btyaly.com

Salah satu bahan aktif pencerah yang biasanya kamu temukan adalah Glycolic acid (AHA) dan Salicylic Acid (BHA). Kedua bahan aktif ini bekerja sebagai peeling yang membantu mengeksfoliasi sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel baru. Ketika sel kulit mati terangkat, maka kulit terlihat lebih cerah dan halus. Jika ingin menggunakan AHA atau BHA, sebaiknya jangan diampur dengan retinol, karena beresiko kulit menjadi mudah iritasi dan kemerahan.

5. Kojic Acid

stylecaster.com

Bahan aktif yang pertama kali diperkenalkan oleh Jepang ini sudah menjadi rahasia kulit cerah perempuan Asia. Kojic Acid terbuat dari kristal kecil yang dapat ditemukan pada jamur tertentu. Kandungan aktif ini bekerja dengan cara mencegah pembentukan tirosin, yaitu asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi pigmen melanin. Sehingga, efektif mencerahkan kulit dan memudarkan noda hitam. Karena terbuat dari bahan alami, Kojic Acid aman digunakan untuk semua jenis kulit.

6. Retinol

skincare.com

Bahan aktif yang merupakan turunan Vitamin A ini memiliki banyak sekali manfaat baik untuk menjaga kesahatan kulit, salah satunya adalah mencerahkan. Retinol dapat merangsang regenerasi sel kulit dan meingkatkan produksi kolagen. Sehingga, membuat kulit terasa lebih ternutirisi dan sehat. Selain itu, retinol juga mampu menjaga elastisitas, merawat jerawat, dan mengecilkan pori-pori. 

7. Glutathione

Amazon.com

Kaya akan antioksidan, glutathione menjadi salah satu kandungan aktif yang dapat berfungsi untuk mencerahkan kulit. Glutathione bekerja dengan menghambat produksi melamin dan mengubah produksi melanin. Sehingga, kulit terlihat lebih cerah. Tak hanya itu, glutathione juga mampu melembapkan, sehingga cocok digunakan untuk kulit yang cenderung kering.

Jadi, itu dia tujuh kandungan aktif yang dapat mencerahkan kulit secara optimal. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Bela! 

IDN Media Channels

Latest from Skin