Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Serum

Serum merupakan bagian penting dari perawatan kulit.

Gita Laras

Serum telah menjadi salah satu jenis skincare favorit di dunia. Kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi, serum diketahui dapat memberikan manfaat maksimal pada kulit wajah. Serum juga mengandung berbagai nutrisi dan bahan aktif spesifik yang dibutuhkan kulit.

Kenali lebih lanjut tentang serum agar kamu semakin yakin untuk menggunakannya. Berikut 9 fakta tentang serum yang perlu kamu ketahui!

1. Kaya akan vitamin dan bahan pelembap

fq.co.nz

Secara umum, serum mengandung antioksidan topikal, seperti vitamin A, C, dan E, dan retinol. Apabila kamu ingin mencari serum, pilih produk yang memiliki kandungan tersebut dan juga bahan alami. Selain itu, pilih serum dengan kadar air yang tinggi sehingga dapat menghidrasi kulit dengan baik.

2. Teksturnya cair atau gel

pexels.com/id-id/@shiny-diamond

Serum biasanya memiliki tekstur cair atau gel dengan warna bening yang lebih jernih dari pelembap (moisturizer). Tekstur tersebut memudahkan serum masuk ke bagian kulit terdalam. Ini berbeda dengan krim pelembap yang biasanya memang dirancang untuk bertahan di permukaan kulit.

3. Serum merupakan bagian dari perawatan

Pexels.com

Serum ditargetkan untuk menangani kondisi tertentu seperti hiperpigmentasi, jerawat, serta kulit kering. Serum juga bermanfaat untuk mencegah penuaan. Karena kandungan bahan aktifnya mampu menembus lebih dalam ke kulit, serum dianggap sebagai 'penguat' dan pelengkap skincare lainnya. Itulah sebabnya harga serum lebih mahal dibanding pelembap.

4. Tidak menggantikan moisturizer

Shutterstock/Sellwell

Meski serum memiliki efek yang sangat baik, tetapi ia tidak bisa langsung menggantikan manfaat dari pelembap. Serum memang efektif mengatasi banyak masalah kulit, tetapi itu tidak bisa melindungi wajah dari dampak negatif lingkungan. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika kamu menggunakan keduanya. Para ahli merekomendasikan untuk mengaplikasikan serum sebelum krim wajah.

5. Digunakan dua kali sehari

Livelaughlinda.com

Secara umum, serum biasanya digunakam di seluruh wajah dan leher, dua kali sehari. Kamu bisa menggunakan serum di pagi dan malam hari. Sebaiknya serum diaplikasikan sebelum pelembap ya, Bela!

6. Rasakan perubahannya dalam dua bulan

Lorealparis.com

Pada dasarnya, kondisi kulit setiap orang berbeda-beda. Namun, jika serum yang digunakan cocok, kamu bisa merasakan perubahan pada kulit wajah sekitar tujuh minggu. Perubahan paling terasa adalah kulit menjadi lebih terhidrasi dan kenyal.

7. Memilih serum terbaik

Artnatural.com

Pertama-tama, kamu harus mengetahui apakah kamu memiliki alergi pada bahan tertentu. Dengan begitu, kamu bisa memilih serum yang paling cocok untuk kulit. Selanjutnya, pilih serum dengan bahan-bahan yang menjaga kelembapan kulit seperti kolagen, ceramide, dan hyaluronic acid. Kemudian, jika kamu memilih serum yang mengadung asam glikolat, sebaiknya imbangi dengan menggunakan krim yang memiliki SPF tinggi. Ini karena asam glikolat membuat kulit lebih rentan terhadap sinar Matahari.

Itulah 7 fakta tentang serum yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa menggunakan serum sebagai bagian dari perawatan kulit kamu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin