Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 5 Cara Mudah Hilangkan Kemerahan Pada Wajah 

Sunscreen yang terpenting!

Dinda Ramadhanty

Kemerahan pada wajah biasa disebabkan oleh iritasi atau alergi terhadap sesuatu. Selain mengganggu penampilan, kita juga seringkali nggak nyaman karena wajah akan terasa panas atau gatal. 

Cara untuk menyamarkannya nggak cukup hanya dengan menggunakan concealer atau makeup. Kamu bisa mengatasinya dengan cara yang lebih menyenangkan, bahkan bisa mengurangi kemerahanmu secara permanen.

1. Gunakan sabun cuci muka hydrating cleanser

leaf.tv/christina

Jika setelah mencuci muka justru membuat kulit wajahmu kering, tertarik, dan kemerahan sebaiknya kamu berhenti untuk menggunakannya. Karena bisa jadi ada kandungan di dalamnya yang nggak cocok terhadap kulitmu terutama jika kulitmu sensitif. Sebaiknya ganti sabun cuci muka dengan yang nggak mengandung alkohol, parfum, dan silikon. Disarankan juga menggunakan air hangat ya, Bela.

2. Rutin menggunakan pelembap wajah

india.com/shreya

Setelah mencuci wajah, oleskan pelembap secara merata ke wajahmu. Sama seperti sabun pencuci muka, hindari pelembap wajah yang mengandung wewangian dan alkohol. Dan pilih pelembap dengan kandungan yang lebih alami. Kamu juga bisa menyimpan pelembapmu di lemari es untuk menambah sensasi dingin ke wajah, itu juga akan mengurangi iritasi di wajahmu.

3. Hindari kandungan skincare berbahan keras

realsimple.com

Jangan pernah menyepelekan untuk selalu memeriksa kandungan pada skincare dan makeup sebelum membelinya. Hindari kandungan-kandungan yang keras seperti alkohol, mentol, wewangian, dan masih banyak lagi. Pilihlah kandungan yang sifatnya lebih menenangkan kulitmu seperti teh hijau dan aloe vera.

4. Selalu pakai sunscreen saat keluar rumah

allure.com

Sinar matahari merupakan pemicu utama kemerahan di wajahmu. Apalagi sinar UV juga bisa menjadi pemicu penuaan dini. Selalu aplikasikan sunscreen setelah pelembap dan sebelum makeup kamu hendak berpergian keluar rumah. Apabila kulit kita sudah terpapar sinar UV, dikhawatirkan iritasi yang terjadi bisa sampai mengelupas kulit wajahmu.

5. Memakai sleeping mask sebelum tidur

shutterstock.com

Kegunaan sleeping mask adalah menenangkan kulit wajahmu setelah seharian beraktivitas. Ketika tidur, sleeping mask akan bekerja secara maksimal keseluruh wajah kita, nggak hanya masalah kulit kemerahan, tapi masalah kulit wajahmu yang lain akan ikut teratasi dengan sleeping mask.

Nah itu dia 5 tips agar kamu nggak perlu melulu mengatasi kemerahan wajah dengan makeup. Daripada menutupi, bukankah sebaiknya dicegah saja, iya kan Bela?

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Skin