Pernah mengalami iritasi kulit? Efek gatal dan rasa terbakar yang dibarengi oleh kondisi kulit yang memerah pastinya sangat mengganggu, ya! Iritasi kulit bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari alergi, kondisi kulit yang kering, pengunaan produk yang tidak cocok, hingga faktor genetik. Lalu, bagaimana ya cara mengatasi kulit yang iritasi secara cepat? Simak caranya di bawah ini, yuk!

1. Oatmeal

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Secara AlamiMedicalnewstoday.com

Selain baik untuk dikonsumsi, ternyata oatmeal juga punya manfaat besar untuk kulitmu, lho! Dengan mencapur beberapa sendok makan oatmeal dengan air dan madu dan menggunakannya sebagai masker, dapat meredakan iritasi kulitmu dengan cepat. Hal ini karena oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan kulit.

2. Lidah buaya

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Secara AlamiSumber Gambar: fashionlady.com

Lidah buaya sudah pasti masuk dalam list! Hal ini karena lidah buaya memberikan efek dingin pada kulit. Lidah buaya juga bisa menghilangkan rasa gatal dan terbakar. Aplikasikan lidah buaya sebagai masker selama 5-10 menit lalu bilas dengan air bersih. 

3. Es batu

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Secara AlamiThoughtco.com

Bahan satu ini pasti dengan mudah kamu temukan di rumah, dong! Sensasi dingin pada es batu dapat mengecilkan pembuluh darahmu. Hasilnya, ruam, gatal, dan rasa terbakar pada kulitmu akan membaik dengan cepat. 

4. Daun mint

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Secara AlamiMedicalnewstoday.com

Sama seperti es, daun mint juga punya sensasi dingin yang dibutuhkan oleh kulit yang sedang iritasi.  Rasa sejuknya dapat menenangkan inflamasi akibat alergi,  gigitan serangga, sampai terbakar paparan sinar matahari pada kulitmu dengan cepat. 

5. Minyak zaitun

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Secara AlamiPixabay.com/Umber Ber

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan yang baik untuk kulit yang iritasi. Caranya, usapkan minyak zaitun pada kulitmu yang iritasi dan tunggu sekitar 10-20 menit. Hasilnya, ruam dan gatal-gatal pada kulitmu akan membaik dengan cepat. 

6. Cuka apel

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Secara Alami

Cuka apel mengandung asam asetat, anti jamur dan anti-septik yang dapat mengatasi infeksi atau alergi kulit. Caranya, basahi kapas dengan cuka apel yang sudah dicampur sedikit air. Usapkan pada kulitmu yang iritasi dengan menepuk-nepuknya, bukan menggosoknya. Diamkan selama 2-5 menit dan bilas dengan air bersih. 

7. Chamomile

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Secara Alamipureessentials.com

Bahan alami lainnya adalah chamomile. Chamomile bersifat anti-iritasi, anti-radang, anti-bakteri, anti-virus, dan anti-jamur. Sifat-sifat ini tentunya sangat berguna untuk mengatasi kulti iritasi. Caranya, rebus teh chamomile. Usapkan pada wajah dengan kapas atau kain bersih selama 5-10 menit. Jika sudah, bilas dengan air dingin.