Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Waspada Penuaan Dini, Cara Cek Jika Kamu Mengalaminya Tanpa Disadari

Ini alasan untuk pakai produk anti-aging lebih awal

Anisya Fitrianti

Bela, tahukah kamu kalau usia kita nggak bisa menggambarkan usia kulit? Sebagian orang bahkan mungkin nggak sadar, kalau kulitnya sudah mengalami penuaan dini. Meski usia kamu masih muda, kamu juga bisa mengalami kondisi penuaan dini pada kulit. 

Masih dalam rangkaian talk show di BeautyFest Asia 2020 X Shopee, salah satu skincare enthusiast yang dikenal dengan panggilan Deszell, membagikan banyak informasi seputar kulit dan penuaan dini. Dengan tema "Anti Aging Talk: 5 Steps for Never Stop Glowing Skin" begini, nih ulasan selengkapnya. 

Penuaan kulit nggak bergantung pada usia

Dok. Popbela.com

Penyebab penuaan dini nyatanya ada banyak dan seringkali nggak disadari. Menurut Deszell, ada dua faktor penyebab penuaan dini, yakni internal dan eksternal. 

"Meski ada faktor internal seperti genetik, faktor eksternal sebenarnya punya pengaruh lebih besar pada penuaan dini.  Seperti lingkungan, cahaya matahari, paparan AC, stres, sama diet contohnya,"  tutur Deszell. 

Tanda penuaan dini mudah diketahui

https://www.instagram.com/deszell/

Ketika sering menghadapi faktor-faktor tadi, kulit akan lebih mudah mengalami penuaan dini yang ditandai dengan kondisi kering, kusam maupun kendur. Salah satu cara mudah untuk menemukan kalau kamu mengalami penuaan dini adalah dengan membandingkan kulitmu dengan orang-orang yang usianya sama. 

Lihat apakah kulitmu cenderung lebih kusam, lebih kering atau lebih kendur. Kalau iya, kemungkinan besar kamu mengalami penuaan dini. Cara mudah untuk mengenali penuaan dini juga bisa kamu lakukan setelah bangun tidur. Lihat apakah kulitmu memiliki bekas garis-garis dari bantal yang dalam dan susah hilang. Kalau iya berarti sudah ada banyak kerutan dan elastisitas yang berkurang pada kulit. 

Kamu juga bisa melihatnya dari warna kantung mata. Ketika tidur sudah cukup tapi kantung mata masih tetap gelap, bisa jadi kamu sudah mengalami penuaan dini pada kulit. 

Pilih produk anti-aging dengan bahan yang efektif

instagram.com/pondsindonesia/

Menurut Deszell, produk anti-aging akan sangat membantu kulit dalam melawan penuaan dini. Menggunakan produk anti-aging jug nggak harus berpatokan dengan usia kamu saat ini. Pasalnya produk-produk anti-aging justru paling baik bekerja untuk mencegah bukan untuk mengatasi. Ketika dipakai untuk mencegah produk anti-aging  akan bekerja lebih efektif. 

"Jangan berpaku pada usia, lihat bagaimana kondisi kulit kita sendiri. Baiknya udah mulai pakai produk anti aging ketika performanya sudah nggak baik atau sering terpapar faktor eksternal tadi. Karena merawat kulit akan lebih mudah daripada mengobat," jelas Deszell. 

Untuk mencegah penuaan dini, Daszell mengingatkan lebih baik menggunakan produk anti aging lebih cepat. Salah satu jenis bahan skincare yang paling populer melawan penuaan dini adalah retinol. Nah, retinol ini fungsinya untuk meningkatkan produksi sel-sel kulit baru sehingga efektif untuk mencegah penuaan dini. 

Seperti dalam rangkaian produk POND'S Age Miracle, di dalamnya ada banyak kandungan aktif yang mampu membantu kamu terbebas dari masalah penuaan dini. Dilengkapi face wash, cream, essence, serum hingga eye cream produk ini ditujukan untuk kamu yang ingin melawan masalah penuaan dini. 

Bagi pemula, Deszell menyarankan untuk coba produk krim pelembapnya terlebih dahulu. Kalau sudah terlihat hasilnya, mulailah untuk lengkapi perawatanmu dengan rangkaian produk lainnya. 

Buat kamu yang ingin coba rangkaian produk anti-aging dari POND'S, ada banyak promo dan bundling menarik saat ini. Buruan cek beauty bazaar Beauty Fest Asia 2020 di Shopee! 

IDN Media Channels

Latest from Skin