Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jenis-jenis Wewangian untuk Tubuh, Yakin Sudah Tahu Bedanya? 

Semua cewek harus tahu!

Angela Paramitha

Untuk sebagian besar dari kita parfum termasuk item penting yang wajib ada di dalam tas. Tidak hanya riasan, aroma tubuh juga pastinya menjadi penunjang penting untuk penampilan kita, lho. Bukan hanya membuat tubuh semakin wangi, parfum juga dipercaya bisa menambah kepercayaan diri dan kesan fresh. Selain itu, wewangian yang kamu pakai bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan identitas diri, lho.

Pasti kamu pernah melihat dan mendengar berbagai jenis parfum seperti body mistbody cologne, Eau De Toilette (EDT), dan Eau De Parfum. Penting, lho untuk mengetahui perbedaannya terlebih untuk kalian pencinta wewangian tubuh. Nah, kira-kira apa sih perbedaannya? Yuk, kita bahas satu persatu!

1. Body Mist

Body mist merupakan jenis wewangian yang memiliki kandungan essential oil  rendah, sehingga membuat jenis parfum ini memiliki wangi yang ringan. Memiliki ketahanan wangi yang paling sebentar juga, yaitu 1-2 jam, sehingga jenis ini lebih cocok dipakai untuk aktivitas di dalam ruangan. Wanginya yang hanya tahan 2 jam ini disebabkan oleh kandungan konsetratnya yang hanya 2-4 persen dan juga kandungan campuran air dan alkohol yang banyak. Ini beberapa rekomendasi body mist yang bisa kamu coba.

1. The Body Clementine & Starfruit Hair & Body Mist

instagram.com/thebodyshopindo

Tidak hanya untuk badan, wewangian ini juga dapat digunakan di rambut sebagai hair mist. Alkohol yang digunakan memang tinggi, tapi mist ini menggunakan alkohol organik yang berasal dari sugarcane, yang menjamin keamanan kulit ketikan terkena hair body mist ini. Seperti namanya, aroma yang dihasilkan merupakan perpaduan dari buah jeruk dan belimbing. Pastinya akan memberikan wangi segar pada seluruh tubuh dengan wewangian yang dihasilkan dari buah-buahn tropikal ini.

2. Emina Body Mist Ocean Mist

instagram.com/eminacosmetics

Siapa penggemar suasana laut? Here it is, Emina Body Mist Ocean Mist! Body mist ini memberikan summer vibes dengan perpaduan aroma apel dan grapefruit yang menyegarkan. Aromanya akan memberikan kesan fresh seperti lautan. Cocok banget untuk menemani aktivitas sehari-hari.

3. Cussons Imperial Leather Body Mist White Princess

instagram.com/imperialleatherid

Body mist keluaran dari Cussons ini memiliki aroma yang mewah yang cukup tahan lama. Aromanya yang unik dan manis disebabkan oleh ekstrak rose tea yang memberi kesan kesegaran yang elegan sehari-hari. Selain wanginya, White Princess ini juga terdapat moisturizing formula yang aman bagi berbagai jenis kulit bahkan kulit sensitif sekalipun. Kandungan ini juga akan memberikan kesan lembap sepanjang hari.

2. Body Cologne

Body cologne punya konsentrat yang sedikit lebih banyak dari body mist, yaitu 3-5%. Jenis parfum ini memiliki essential oil yang lebih sedikit dan mengandung alkohol paling tinggi diantara jenis parfum lain. Sama seperti body mist, jenis parfum ini disarankan untuk dikenakan untuk aktivitas di dalam ruangan karena ketahanannya yang hanya 1-2 jam. Jelas, ini dipengaruhi dari komposisi alkohol yang tinggi. Namun ada yang perlu diperhatikan saat menggunakan jenis parfum ini, jangan sembarangan menyemprotkan body cologne saat tubuh sedang berkeringat parah, karena kandungan alkoholnya yang tinggi akan menciptakan bau yang tidak enak.

1. Vitalis Eau De Cologne Haute Couture

instagram.com/pesonavitalis

Vitalis memang selalu memberikan aroma yang berkesan mewah namun dengan harga yang sangat affordable. Salah satunya adalah Eau De Cologne Haute Couture ini memiliki perpaduan aroma rose, geranium, ylang-ylang, woody dan musk yang menjadikan varian Haute Couture ini cocok untuk kamu yang ingin jadi pusat perhatian. Aromanya memberi kesan elegan, sensual, dan sedikit maskulin, membuat parfum ini sangat cocok dikenakan di pesta malam dengan gaun indahmu.

2. Pucelle Eau De Luxe Cologne Glitzy

instagram.com/pucelleid

Glitzy memiliki wangi yang cukup unik karena terdapat banyak elemen didalamya. Adanya aroma segar bebungaan, manis dari vanila, dan sentuhan musk yang lembut menciptakan kesan mewah, feminin, dan urban. Dengan kemasan dari botol kaca ini, Pucelle sukses membawakan suasana sleek, mewah, dan modern.

3. Fuji Green Tea Eau De Cologne

intagram.com/thebodyshopindo

Seperti namanya, ketika kamu menyemprotkannya akan langsung tercium aroma Fuji Green Tea yang manis dan menyegarkan. Selain aroma green tea kamu akan mencium juga bau citrus seperti lemon dan jeruk mandarin, namun setelah 15 menit aromanya akan berubah menjadi aroma bungan jasmine, kamelia, dan violet. Cocok banget untuk menemani keseharian dan terus tampil fresh!

3. Eau De Toilette (EDT)

EDT mengandung essential oil dan alkohol yang cukup tinggi, itulah mengapa ia memiliki aroma yang kuat. Biasanya, aroma EDT menyegarkan dan memberi kesan yang ceria sehingga sangat cocok dikenakan setiap hari. Perbandingan kandungan alkohol yang lebih tinggi dibandingkan essential oil yang hanya 5-15% membuat aromanya dapat bertahan sekitar 2-3 jam. Parfum jenis ini cocok digunakan di dalam maupun di luar ruangan. Semprotkan di titik-titik nadimu, dan aroma menyegarkan akan keluar dari tubuhmu.

1. BrunBrun Paris Beau Garcon Eau de Toilette

instagram.com/brunbrun_paris

Si mungil yang mudah dibawa ke mana-mana ini cukup terkenal. Wanginya yang ringan cocok banget untuk kamu yang baru mau mencoba-coba menggunakan parfum. Kombinasi aroma ozonecardamonpatchouli, dan tonka musk menciptakan kesan kasual, energik, dan easy going. Wanginya juga tahan lama, sehingga pas banget untuk digunakan dikeseharian yang padat sekalipun.

2. Gres Paris Cabotine de Gres

instagram.com/cabotine_imports

Memiliki perpaduan elemen yang banyak memberikan keunikan bagi parfum dari Gres Paris ini. Kemasannya yang mungil dan tutup botol yang berbentuk unik bisa menemani keseharianmu di berbagai kesempatan. Memadukan aroma jeruk mandarin dan jahe, memberi kesan dewasa dan elegan. Rempah-rempah beraroma didalamnya meningkatkan keunikannya. Pastinya kamu akan wangi seharian!

3. Wardah Scentsation Eau de Toilette Bliss

instagram.com/wardahbeauty

Parfum yang dikeluarkan oleh Wardah juga nggak kalah kerennya, lho. Bliss dari koleksi Warda Scentsation ini memiliki perpaduan aroma rose, raspberry, citrus, amber, dan musk. Eits, tapi salah kalau kamu membayangkan aroma yang sangat feminin, produk ini memiliki aroma yang lembut, sedikit feminin, segar, dan ada sedikit memberi kesan yang maskulin yang diciptakan dari musk.

4. Eau De Parfum (EDP)

EDP merupakan jenis parfum yang memiliki wangi yang paling kuat karena kadar minyaknya yang tinggi, yaitu 15-20%. Kebayang kan bagaimana wanginya? Essential oil yang tinggi membuat EDP memiliki aroma yang menyengat dan tahan lama. Jenis ini dapat bertahan hingga 4-5 jam dan cocok banget untuk aktivitas yang padat. Dikarenakan minyak yang tinggi, konsentasi dari EDP cenderung kental, sehingga seringkali ia dikemas dengan botol sumbat, dan bukan botol spray. Cukup semprotkan di titik-titik nadimu, kamu sudah akan wangi sepanjang hari.

1. Pinkberry Eau De Parfum Wild Berry

instagram.com/pinkberrybeauty

Aroma manis dan segar khas berry mendominasi parfum ini. Dikemas dengan botol kaca transparan semakin membuat parfum ini semakin terlihat mewah. Pstt...,harganya nggak sampe Rp50 ribu, lho! Parfum ini terinspirasi dari jiwa muda yang kreatif dan eclectic, jadi cocok banget untuk kamu yang suka bereksperimen dengan gaya. Selain paduan dari beberapa berry, parfum ini juga mengandung ekstrak jeruk dan lemon natural. Kebayang banget nggak, sih, seharian ditemani dengan wangi segar dari si Wild Berry ini.

2. HMNS Perfume Orgasm

instagram.com/hmns.id

Sepertinya udah pada kenal dengan parfum lokal yang lagi ramai dibicarakan dari pertengahan awal tahun ini. Parfum ini merupakan parfum yang memiliki sangat sedikit kadar air sehingga aromanya jelas akan melekat ditubuhmu seharian penuh. Memiliki aroma top notes buah apel yang setelahnya akan tercium seperti aroma bunga rosejasmine, dan peony yang pastinya penuh kesegaran dan sensual dalam satu waktu. Kemasannya yang simple memberi kesan mewah. Parfum ini untuk unisex, jadi kalau mau punya aroma yang sama dengan pacar, bisa banget, nih!

3. Pucelle Audacity Eau De Parfume Ascendant

instagram.com/pucelleid

Memiliki slogan "a scent of true strength and smart", aroma manis, elegan, seksi, dan berkarakter menjadi keunggulan di varian Ascendant ini. Paduan bergamot dan peach memberikan kesan seksi yang menyegarkan. Cocok banget untuk kamu yang sedang mencari aroma ala lady boss.

Nah, sekarang udah paham dong perbedaan jenis-jenis parfum. Disarankan untuk memiliki dua jenis dengan ketahanan yang sebentar dan yang lama, jadi kamu bisa menyesuaikan penggunaannya dengan acara yang akan kamu datangi. Jangan lupa untuk menggunakan body lotion terlebih dahulu sebelum menggunakan parfum terlebih yang memiliki kadar alkohol tinggi.

IDN Media Channels

Latest from Skin