Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara Jitu Mencegah Penyakit Diabetes

Nggak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat

Zahra Ramadhani

Hidup sehat adalah komitmen seumur hidup. Meski nggak mudah untuk dijalani, setidaknya hal ini perlu untuk dilakukan agar bisa terhindar dari berbagai penyakit yang bisa dengan mudah menyerang tubuh. Tetapi, aktivitas yang padat, pekerjaan yang menumpuk, nggak jarang menjadi penyebab dan alasan untuk mengabaikan kesehatan. Padahal kalau kebiasaan buruk tetap kamu lakukan dan dibiarkan, kamu bisa terkena penyakit mengerikan seperti diabetes.

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula di dalam darah. Apabila kamu terkena diabetes, kamu nggak akan pernah bisa sembuh dan akan terjebak selamanya dengan penyakit yang satu ini. Nah, kamu pasti nggak pingin dan sebisa mungkin berusaha untuk mencegahnya kan? Lewat 9 cara ini, kamu bisa mengurangi risiko terkena penyakit diabetes sekaligus memperbaiki gaya hidupmu saat ini.

1. Jangan tinggalkan sarapan

amazonaws.com

Semalas dan semenyebalkan apapun, sarapan adalah hal yang nggak boleh kamu tinggalkan. Selembar roti dan buah saja juga sudah cukup kok, yang penting perutmu tetap terisi dan nggak kosong. Memang sih sepele, tapi kamu harus tahu kalau sarapan bisa membantu mengontrol nafsu makan dan jumlah kalori yang masuk.

2. Raih berat badan ideal

healthylivingwomen.com

Eits, berat badan ideal yang dimaksud adalah berat badan yang sesuai dengan standar BMI sehingga tetap menjaga agar tubuhmu sehat. Berat badan ideal nggak mengharuskan kamu untuk menurunkan berat badan hingga kurus kering kok. Setidaknya dengan berat badan yang ideal, kamu akan terhindar dari resiko penyakit diabetes.

3. Konsumsi sayur dan buah

schoolsweek.co.uk

Yang satu ini juga nggak kalah pentingnya untuk mencegah penyakit diabetes loh! Kalau selama ini kamu terbiasa dengan makanan yang jauh dari kata sehat, mulai sekarang coba untuk hindari. Pastikan selalu ada sayur dan buah di setiap waktu makanmu. Junkfood yang sering kamu konsumsi itu sangat nggak sehat dan bisa memicu diabetes.

4. Perhatikan porsi makan

popsugar.com

Makan terlalu banyak dalam satu waktu adalah kebiasaan yang buruk. Sangat penting untuk bisa menakar porsi makan sehari-hari seperti misalnya nasi putih. Kalau kamu termasuk orang yang nggak bisa hidup tanpa makanan yang satu ini, hal yang harus kamu lakukan adalah berusaha untuk menguranginya sedikit demi sedikit dan menambah lebih banyak lauk seperti sayur dan juga protein selain agar berat badan nggak naik, mengurangi porsi makan juga bisa menurunkan kadar gula darah yang bisa memicu diabetes.

5. Hindari makanan dan minuman manis

kanal247.com

Siapa sih yang bisa menahan godaan makanan dan minuman manis? Rasa manis yang didapat dari gula secara nggak langsung merupakan penyebab dari penyakit diabetes loh. Terlalu banyak mengkonsumsi gula juga bikin badan menjadi gemuk dan badan yang gemuk bisa menyebabkan obesitas yang merupakan faktor risiko utama diabetes. So, yuk pangkas konsumsi gulamu!

6. Rutin berolahraga

beyondwords.com

Nggak harus membuang uang dan ribet pergi ke tempat gym hanya untuk berolahraga. Kamu bisa melakukan aktivitas fisik kecil di rumah seperti naik turun tangga dan senam zumba di youtube secara rutin loh sebagai usaha untuk mencegah diabetes dan menurunkan gula darah. Yang paling penting adalah konsisten dan rutin dilakukan.

7. Perbanyak minum air putih

liputan6.com

Air putih sangatlah baik untuk kesehatan tubuhmu. Selain terbukti mencegah dehidrasi, air putih adalah minuman terbaik untuk mencegah penyakit diabetes karena sama sekali nggak mengandung gula dan bisa membuat sel-sel tubuhmu merespons insulin dengan baik

8. Kurangi konsumsi rokok dan alkohol

saga.co.uk

Merokok adalah kebiasaan buruk dan semua orang tahu bahwa bahaya dari merokok tidaklah main-main. Nikotin yang ada dalam rokok memiliki kemampuan untuk bisa merusak sel pankreas yang bertugas untuk memproduksi insulin dalam tubuh sehingga tubuh akan lebih rentan terkena penyakit diabetes. Begitu juga alkohol. Alkohol bisa meningkatkan gula dalam darah. Jadi, cobalah sebisa mungkin untuk mengurangi konsumsi keduanya kalau kamu benar-benar ingin terhindar dari diabetes.

9. Istirahat yang cukup

allchanelgirls.com

Ketika pekerjaan menumpuk dan terlalu banyak hal yang harus dilakukan, kamu perlu meluangkan sedikit waktu yang kamu punya untuk dapat beristirahat. Ketahui kemampuan yang kamu miliki sehingga kamu tahu kapan harus berhenti. Jangan sampai waktu tidur yang kamu miliki berkurang dan nggak berkualitas. Kebiasaan begadang yang kerap kali kamu lakukan bisa membuat tubuhmu memproduksi gula berlebih.

Nggak pernah ada kata terlambat kok untuk memulai. Coba lakukan hal-hal diatas sebagai cara untuk mencegah penyakit diabetes dan mulailah hidup sehat agar nggak menyesal di kemudian hari.

IDN Media Channels

Latest from Health