Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sering Begadang Bikin Tambah Gemuk, Kok Bisa Sih?

Ngemil jadi pilihan

Syarifah Noer Aulia

Kebiasaan begadang dan memangkas waktu tidur disinyalir menjadi salah satu faktor yang menyebabkan berat badan meningkat. Kok bisa? Pada dasarnya sejumlah ahli kesehatan menyarankan agar orang dewasa memenuhi kecukupan tidur sekiranya 7-8 jam per hari. Namun, tingginya aktivitas membuat seseorang mengalami penurunan durasi tidur. Rupanya kurang tidur mengganggu metabolisme tubuh serta penyimpanan lemak.  

Berikut ini faktor pendukung kurang tidur bisa membuat berat badan meningkat. 

1. Tubuh mengalami penurunan pembakaran kalori tubuh

thehealthjournals.com

Seperti yang dituliskan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine. Sejumlah ahli kesehatan melakukan penelitian pada masyarakat Korea dan Swedia. Berdasarkan hasil penelitian mereka, dibuktikan kondisi tubuh seseorang yang menjalani durasi tidur lebih pendek mengalami gangguan metabolisme tubuh. 

Hal ini juga memengaruhi perubahan aktivitas otot yang mengalami pengurangan struktur protein yang dibutuhkan tubuh untuk membangun massa otot. Kekurangan waktu tidur juga bisa memicu terjangkit penyakit diabetes tipe 2. 

2. Ngemil lebih banyak di waktu malam

popsugar.com

Semangkuk mie rebus, setoples keripik kentang atau segelas kopi susu menjadi pendamping yang paling ideal saat begadang. Makanya nggak heran apabila berat badan akan mengalami peningkatan dibandingkan dengan seseorang yang menjalani durasi tidur 8-9 jam per hari. 

3. Nafsu makan berlebih dan berantakan

rachaelrayshow.com

Ketika begadang seseorang lebih sering menjalani aktivitas ringan seperti nonton film, baca buku maupun menyelesaikan pekerjaan. Hal ini membangkitkan hormon ghrelin untuk memberikan sinyal pada otak untuk makan. Perut kenyang dan minim aktivitas membuat peningkatan produksi lemak. Dengan begitu, tubuh akan mengalami kenaikan berat badan. 

4. Menurunnya kemampuan tubuh dalam memproses makanan

blog.myfitnesspal.com

Kebiasaan makan saat begadang ternyata memengaruhi keseimbangan bakteri dalam usus lho. Hal ini menurunkan aktivitas produksi tubuh saat memproses makanan yang telah dikonsumsi. 

5. Merasa punya waktu senggang untuk makan banyak

popsugar.com

Sebagian besar orang merasa begadang adalah waktu yang tepat untuk memerdekakan diri, salah satunya mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Tak sedikit orang percaya bahwa makan menjadi solusi untuk mengisi kekosongan di malam hari. Masak mie instan, memesan makanan via aplikasi online seolah otak mengembangkan keinginan impulsif seseorang. 

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Health