Ada banyak faktor dan penyebab mengapa seseorang memiliki kebiasaan tidur larut (bahkan tidak tidur) alias begadang. Terutama di era digital seperti sekarang, generasi millennials biasanya akan melakukan ‘ritual’ begadangnya dengan berselancar di media maya. Karena keasyikan begadang, orang biasanya tidak menyadari bahwa waktu terasa cepat sekali berlalu.

Bagi kamu yang memiliki kebiasaan begadang, segera hindari sebelum beberapa gangguan kesehatan ini menghampiri kehidupanmu;

1. Sulit mengingat memori jangka panjang

5 Efek Buruk Ini Akan Kamu Alami Saat Punya Kebiasaan Begadangalighahary.ca

Saat kamu menjadikan begadang sebagai kebiasaan, maka ingatan kamu akan berkurang seiring dengan intensnya kamu tidur hingga larut malam. Mengakibatkan bisa cepat lupa alias pikun, kamu akan sulit mengingat memori jangka panjang secara permanen. Meski kamu masih muda, namun daya ingat dan pikiran kamu akan sama seperti orang yang tua yang bisa dengan cepat melupakan sesuatu.

2. Mengurangi daya nalar, konsentrasi dan kewaspadaan

5 Efek Buruk Ini Akan Kamu Alami Saat Punya Kebiasaan Begadangthriveglobal.com

Selain bisa membuat lupa, kamu juga akan kehilangan fungsi otak lainnya; daya nalar berkurang, sulit konsentrasi dan kewaspadaan yang berkurang. Jika kamu terus menjadikan begadang sebagai aktivitas setiap malam yang tak boleh terlewatkan, maka otak kamu akan mengalami penurunan fungsi menjadi lebih rendah.

3. Meningkatkan kecemasan, perasaan gelisah dan potensi depresi

5 Efek Buruk Ini Akan Kamu Alami Saat Punya Kebiasaan Begadangparenttoolkit.com

Sudah pasti, orang yang sering begadang akan merasakan beberapa gangguan yang berhubungan dengan mental pelakunya. Mereka akan merasakan rasa cemas berlebih, gelisah, takut, hidup tak tenang, bahkan bisa lebih parah mengakibatkan depresi. Mereka juga sering berhalusinasi terhadap apa-apa yang belum terjadi dan menjadi siksaan batin tersendiri.

4. Meningkatnya beberapa risiko gangguan penyakit

5 Efek Buruk Ini Akan Kamu Alami Saat Punya Kebiasaan Begadangmedicalnewstoday.com

Dalam jangka panjang, orang yang sering begadang akan meningkatkan risiko terjangkitnya penyakit serius. Jangan salah, meski kamu masih muda, kamu bisa saja terserang penyakit mematikan yang biasa menjangkiti manula; hipertensi, kanker, diabetes, bahkan jantung. Jadi, sebelum terjadi hal-hal yang tak diinginkan, segera kurangi kebiasaan begadang yang bisa saja merusak masa depanmu.

5. Kamu akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya

5 Efek Buruk Ini Akan Kamu Alami Saat Punya Kebiasaan Begadangrd.com

Nah, ini nih biasanya dampak yang paling sering dialami oleh generasi millennials saat menjadikan begadang sebagai rutinitas. Perlu kamu ketahui, begadang bisa merangsang hormon stres yang memiliki sifat menghancurkan kolagen pada kulit. Akibatnya, wajah kamu akan terlihat kusam, pucat, mata bengkak, dan secara umum akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Kan tidak lucu usia masih belasan tahun tapi mukanya seperti Om-om?

Mumpung masih muda, jangan lupa selalu jaga kesehatan ya?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Efek Buruk Ini Akan Kamu Alami Saat Punya Kebiasaan Begadang"

Baca Juga: Suka Begadang? Ini 7 Bahaya Kesehatan Serius yang Bisa Kamu Alami!