Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wajib Tahu, Ini 5 Hal yang Bisa Mengganggu Siklus Haid

Ada yang pernah kamu alami?

Natasya Cinthya

Menstruasi yang normal akan berlangsung secara teratur setiap bulannya. Meski mungkin jatuh di tanggal yang berbeda, tapi rutinnya tidak pernah terlewatkan setiap bulan. Siklus menstruasi yang tidak teratur, mendadak lebih cepat atau sebaliknya. Menstruasi terlambat tidak selalu menjadi pertanda kehamilan. Ada faktor lain yang juga bisa menyebabkan kondisi ini.

Berikut ini 5 hal yang bisa mengganggu siklus haid kamu. Cek di sini ya!

1. Stres

pilotonline.com

Dilanda stres bisa membuat kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat, yang secara tidak langsung akan memengaruhi produksi hormon reproduksi yang mengatur siklus menstruasi. Akibatnya, proses pelepasan sel telur (ovulasi) jadi tidak normal yang berujung pada terganggunya siklus menstruasi kamu.

2. Penggunaan alat kontrasepsi

Pinterest.com/ehliyetler.net

Alat kontrasepsi, baik yang berbentuk pil minum ataupun KB spiral (IUD), berisiko menjadi penyebab haid tidak teratur, sehingga mengacaukan siklus menstruasi kamu. Hal ini karena alat kontrasepsi mengganggu kestabilan hormon reproduksi dalam tubuh. 

3. Obesitas

Penambahan berat badan bisa memicu perubahan hormon pada wanita. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas, memiliki risiko tinggi mengalami menstruasi terlambat. Ada baiknya kamu menerapkan pola hidup sehat dengan rajin olahraga ya!

4. Merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan gangguan pada menstruasi dan salah satunya adalah menstruasi terlambat. Hal ini terjadi karena zat-zat yang ada di dalam rokok, termasuk nikotin, dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi.

5. Memiliki PCOS

Shutterstock/ANN PATCHANAN

Perempuan dengan PCOS biasanya punya kadar hormon seks (estrogen dan progesteron) yang tidak seimbang, kelebihan hormon androgen atau hormon seks pria, dan memiliki kista kecil di ovariumnya. Semua hal tersebut yang kemudian mengganggu proses ovulasi sehingga mengacaukan siklus menstruasi kamu.

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Health