Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Manfaat Kopi Pahit Tanpa Gula yang Perlu Diketahui

Bisa meningkatkan daya ingat, lho

Nafi' Khoiriyah

Banyak orang yang cenderung suka dengan kopi yang manis dengan campuran susu. Tapi, tak sedikit orang yang justru suka dengan kopi pahit karena rasanya yang khas. Akan tetapi di balik rasanya yang pahit, ternyata ada manfaat yang jarang diketahui. 

Manfaat ini terdapat dalam kopi hitam polos tanpa pemanis maupun susu. Biasanya, kopi hitam tersebut dibuat dari biji kopi yang disangrai kemudian digiling dan disajikan dengan air. 

Berikut ini adalah delapan manfaat kopi pahit yang perlu kamu tahu. Apa saja, ya?

1. Bisa mengurangi berat badan

pexels.com/Ketut Subiyanto

Manfaat kopi pahit yang pertama adalah bisa membantu mengurangi berat badan. Hal itu karena kandungan kafein di dalam kopi hitam bisa merangsang metabolisme, meningkatkan energi, serta menekan rasa lapar. 

Di dalamnya juga terkandung asam klorogenat yang bisa memperlambat produksi glukosa. Jadi, kamu bisa mengonsumsi kopi hitam setelah makan untuk memperlambat pembentukan glukosa dalam tubuh.

Bukan hanya itu saja, di dalam kopi hitam juga mengandung antioksidan yang bisa membantumu menjaga berat badan, lho.

2. Membantu menurunkan risiko diabetes

freepik.com/freepik

Melansir PharmEasy, sudah banyak penelitian yang menunjukkan kalau mengonsumsi kopi hitam bisa melawan risiko diabetes secara efektif. Sebab, kopi hitam bisa meningkatkan produksi insulin dalam tubuh dan mengatur kadar glukosa dalam darah. 

Salah satu penelitian menemukan bahwa minum 3 sampai 4 cangkir kopi per hari bisa melindungi diabetes tipe 2.

Hal ini dimungkinkan karena kandungan kafein dan asam klorogenat di dalamnya. Namun, perlu diketahui kalau menambahkan gula ke dalam kopi hitam atau kopi manis akan menghilangkan efek melawan diabetes. 

3. Dapat meningkatkan kinerja fisik

pexels.com/Karolina Grabowska

Manfaat kopi pahit juga akan terasa untuk kinerja fisik tubuh. Kafein diketahui bisa merangsang sistem saraf yang bisa membantu meningkatkan kadar adrenalin dalam darah. Hormon adrenalin tersebut dikenal untuk mempersiapkan tubuh terhadap aktivitas fisik yang intens. 

4. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

unsplash.com/Robina Weermeijer

Banyak yang berpikir kalau kafein bisa membantu meningkatkan tekanan darah. Pada kenyataannya, asupan kopi yang diminum secara teratur memang bisa meningkatkan tekanan darah.

Namun, hal itu bisa berkurang seiring berjalannya waktu. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur justru bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. 

5. Membantu mencegah risiko kanker

freepik.com

Selain penyakit kardiovaskular, manfaat kopi pahit juga bisa mencegah risiko kanker jenis tertentu. Beberapa jenis kanker tersebut adalah kanker hati, kanker usus besar, dan kanker payudara. Hal itu karena minuman satu ini membantu mengurangi peradangan internal dalam tubuh. 

6. Bisa meningkatkan mood dan konsentrasi

Freepik.com/lookstudio

Kamu mungkin merasa lebih bersemangat di pagi hari setelah minum kopi. Atau, justru merasa lebih gembira setelah menghabiskan kopi? Hal itu karena kopi bisa meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kelelahan. 

Kamu pun dapat meminum secangkir kopi hitam untuk meningkatkkan mood. Sebab, kandungan di dalam kopi bisa merangsang sistem saraf dan membantu meningkatkan neurotransmitter, seperti dopamin dan serotonin. 

7. Bermanfaat untuk kesehatan hati

pexels.com

Salah satu organ vital yang penting dalam tubuh kita adalah hati. Nah, kopi hitam ternyata juga bisa bermanfaat untuk kesehatan hati. Minuman tersebut bisa mengurangi tingkat enzim berbahaya yang ditemukan dalam darah. 

Hal itu sejalan dengan beberapa penelitian yang menyimpulkan bahwa kopi bisa mengurangi risiko kanker hati, penyakit hati berlemak, hepatitis, dan sirosis hati. 

8. Dapat meningkatkan daya ingat

freepik.com/freepik

Terakhir, manfaat kopi pahit juga bisa meningkatkan fungsi memori. Meminum kopi bisa menjaga kesehatan otak dan membantu menjaga saraf otak tetap kuat. Hal itu akan meningkatkan daya ingat dan bahkan mengurangi risiko penyakit alzheimer. 

Demikian delapan manfaat kopi pahit yang perlu diketahui. Ternyata, kopi juga bisa menurunkan risiko diabetes dan menurunkan berat badan jika dikonsumsi tanpa tambahan gula maupun susu. 

Semoga ulasan di atas bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health