Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Waspada, Ini 4 Penyakit yang Mendominasi Kematian Pasien Corona!

Sudah merenggut puluhan nyawa

Judithya Pitana

Hingga saat ini (20/03/2020), tercatat sudah ada 309 kasus corona yang terdapat di Indonesia. Dari ratusan kasus tersebut, terdapat 25 korban jiwa. Menurut laporan yang ada, sebagian besar korban jiwa COVID-19 di Indonesia memiliki penyakit pendahulu.

Dari laporan juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Ahmad Yurianto pada hari Kamis (19/3/2020), ada 4 penyakit pendahulu yang paling banyak menyebabkan kematian pada pasien yang didiagnosis positif COVID-19. Berikut ini adalah daftar penyakit pendahulu yang perlu kita waspadai ya, Bela!

Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Dok. Internet/Pexels

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) adalah penyakit peradangan paru yang berkembang dalam jangka waktu panjang. Penyakit paru ini dapat menghalangi aliran udara dari paru-paru, karena ada halangan pembengkakan dan lendir atau dahak, sehingga penderitanya jadi sulit bernapas. Sebagian besar penderita PPOK adalah orang dengan usia paruh baya dan perokok.

Diabetes

Dok. Internet/Pexels

Diabetes adalah penyakit kronis yang berlangsung dalam jangka panjang, dan ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah atau glukosa di dalam tubuh. Ada dua jenis utama penyakit diabetes, yaitu diabetes 1 dan 2, dan penderita penyakit ini lebih rentan terhadap virus corona.

Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Dok. Internet/Pexels

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, hingga bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung.

Penyakit Jantung Koroner (PJK)

Dok. Internet/Pexels

Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah kondisi ketika pembuluh darah jantung (arteri koroner) tersumbat oleh timbunan lemak. Bila lemak makin menumpuk, maka arteri akan makin menyempit, dan membuat aliran darah ke jantung berkurang.

Beberapa kasus korban jiwa yang meninggal akibat COVID-19 di Indonesia berada dalam rentang usia 45-65 tahun. Selain itu juga ada satu kasus meninggal dengan usia 37 tahun. Yuk, sama-sama social distancing, rajin cuci tangan, jaga kebersihan dan tetap positif menyingkapi wabah ini, Bela. Stay inside, protect your loved ones!

Baca Juga :

Menurut WHO, Ini 7 Cara Efektif Hindari Penyebaran Corona di Kantor 
Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Virus Corona  
Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  
7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona 

IDN Media Channels

Latest from Health