Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Manfaat Masturbasi untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Baca ulasan selengkapnya!

Jennifer Alexis

Masturbasi adalah aktivitas seksual yang dilakukan dengan cara menstimulasi alat kelamin diri sendiri dan bisa (ataupun tidak) berakhir dengan orgasme. Namun hingga saat ini, masturbasi sering kali dianggap sebagai suatu hal yang tabu. Padahal, tak sedikit orang pernah melakukannya. 

Misalnya, ketika keinginan seks seseorang tidak terpenuhi oleh pasangannya, maka masturbasi menjadi salah satu solusi. Selain itu, tidak hanya membuat kamu bisa belajar tentang tubuh kamu sendiri.

Masturbasi ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Simak beberapa manfaat masturbasi di bawah ini.

1. Meningkatkan kesehatan organ intim

freepik.com/pikisuperstar

Masturbasi akan membuat otot-otot pada organ intim meregang dan akan terjadi sekresi lendir pada vagina. Hal ini akan membersihkan organ intimmu dari bakteri yang ada. Lendir yang dikeluarkan juga bermanfaat untuk pantogen yang berbahaya. Artinya, area organ intim akan lebih terjaga kebersihannya.

2. Mencegah infeksi

freepik.com

Manfaat masturbasi berikutnya yaitu dapat menjaga organ keintiman dari infeksi yang berbahaya. Sebuah riset menunjukkan melakukan masturbasi secara rutin dapat melindungi tubuh dari infeksi yang menyebabkan penyakit kanker serviks. Selain itu, masturbasi dapat mengurangi rasa sakit akibat infeksi saluran kemih. 

3. Meredakan stres

freepik.com

Masturbasi ternyata berguna untuk mengurangi gejala stres dan kecemasan, loh. Selain menghasilkan hormon endorfin,  masturbasi juga membuat tubuh mengeluarkan hormon dopamin dan oksitosin. Kedua hormon tersebut dapat berfungsi sebagai obat stres alami. Tidak heran, masturbasi dilakukan untuk menghilangkan penat dan rasa cemas seseorang. 

4. Meningkatkan kualitas tidur

freepik.com/jcomp

Sebuah penelitian pun membuktikan kalau masturbasi bisa membantu tidurmu menjadi lebih baik.Ini karena masturbasi membuat tubuhmu menjadi lebih rileks. Tubuhmu juga akan menghasilkan hormon endorfin yang akan membuatmu lebih tenang dan dapat tidur lebih nyenyak.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

freepik.com/benzoix

Nggak hanya dapat mencegah dan mengurangi penyakit-penyakit seperti di atas. Melansir dari The Trent, manfaat masturbasi lainnya juga bisa meningkatan kekebalan tubuh. Pasalnya, hormon kortisol, hormon stres dalam dosis kecil dilepaskan bersamaan dengan ejakulasi. Hal itu dapat membantu untuk memperkuat dan menjaga sistem kekebalan tubuh kamu nih.

6. Mengurangi gejala PMS

freepik.com/Lifestylememory

Melakukan masturbasi juga membantu meringankan kram perut saat haid, lho. Ini karena ketika kamu mencapai orgasme saat melakukan masturbasi, maka aliran darah pun meningkat hingga ke perut. Hormon endorfin yang dihasilkan pun juga membantu meringankan rasa nyeri yang kamu alami.

7. Membantu meningkatkan suasana hati

freepik.com/artursafronovvvv

Ketika melakukan masturbasi, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin dan dopamin. Hormon tersebut bermanfaat untuk meningkatkan mood. Karena adanya pelepasan hormon tersebut, tidak heran mastrubasi bisa membuat seseorang lebih bahagia. 

Meskipun bisa meningkatkan mood, kamu juga perlu memperhatikannya agar tetap dalam batasan yang normal. Kecanduan masturbasi juga mengakibatkan dampak yang buruk bagi tubuh, lho!

8. Membangkitkan gairah seksual

freepik.com/gpointstudio

Dalam beberapa studi, perempuan yang rutin melakukan masturbasi akan lebih cepat mencapai orgasme. Hal tersebut juga membantu kamu saat berhubungan. Masturbasi juga merupakan salah satu cara mengembalikan gairah dalam berhubungan seks. 

Kamu dapat mengkomunikasikan bagian tubuh yang dapat meningkatkan hasrat seksual pada pasangan. Oleh sebab itu, masturbasi berguna untuk mendapatkan pengalaman berhubungan yang lebih berkualitas.

9. Meningkatkan kepercayaan diri

freepik.com/benzoix

Manfaat masturbasi lainnya yang jarang orang tahu, yaitu dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri. Melalui masturbasi, kamu bisa lebih mengeksplorasi dan mengenali dirimu sendiri.

Kamu akan tahu area yang bisa membangkitkan gairah seksual. Artinya, masturbasi sangat membantu untuk mengurangi rasa rendah diri dalam berhubungan seks.

10. Mengurangi sakit kepala

freepik.com/jcomp

Manfaat masturbasi yang terakhir adalah dapat meredakan sakit kepala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masturbasi dapat mengurangi migrain bagi sebagian besar orang.

Pelepasan hormon oksitosin dan endorfin menstimulasi tubuh untuk lebih rileks. Pada penderita sakit kepala, hormon tersebut sangat dibutuhkan untuk mengurangi migrain.

Nah, itulah 10 manfaat masturbasi untuk kesehatan yang akan kamu rasakan jika melakukannya. Semoga artikelnya bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Health