Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Manfaat yang Diperoleh dari Clover Honey untuk Kesehatan Tubuh 

Berbagai Khasiat Clover Honey untuk Kesehatan!

Angga Prayudhatama

Madu merupakan sebuah produk alami yang rasa manis dan mampu memberikan berbagai khasiat sehingga menjadi produk yang digemari oleh masyarakat. Salah satu jenis madu yang banyak digemari dan sedang populer saat ini adalah madu dengan jenis clover honey.

Clover honey merupakan jenis produk madu yang berasal dari tanaman semanggi yang memiliki warna kuning muda serta beraroma wangi bunga. Madu ini memiliki rasa yang lebih ringan dan memiliki berbagai kandungan seperti vitamin, mineral, asam fenolat, asam amino dan sebagainya. Berikut ini beberapa manfaat clover honey untuk kesehatan tubuh.

1. Meredakan penyakit flu

pexels.com/ Andrea Piacquadio

Dengan mencampurkan clover honey ke dalam teh dipercaya mampu meringankan gejala penyakit flu, cukup dengan mengonsumsi 1 hingga 2 sendok teh madu saja. Khasiat ini diperoleh dari kandungan antiradan, antibakteri dan antioksidan yang diperoleh dari madu. 

2. Menyembuhkan luka

Yesbeauties.com

Clover honey mengandung antibakteri dan antiradang sehingga mampu mengurangi peradangan luka dan mempercepat adanya pertumbuhan jaringan kulit yang baru sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan madu ke area permukaan kulit yang terkena luka.

3. Menjaga kesehatan jantung

Medicalnewstoday.com

Kandungan flavanoid  dan asam fenolat yang terdapat pada clover honey memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Sehingga madu dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol yang ada di dalam darah.

4. Memelihara kesehatan gigi dan mulut

absolutedental.com

Kandungan antibakteri, antioksidan dan antiradang ini juga dipercaya mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut, dengan cara menghambat pertumbuhan kuman dan bakteri yang terdapat pada gusi dan gigi. Sehingga madu dipercaya mampu memelihara kesehatan gigi dan mulut, menghambat pembentukan plak pada gigi dan mencegah peradangan pada gusi.

5. Meningkatkan sistem imunitas

Rdmag.com

Manfaat selanjutnya yang diberikan clover honey adalah mampu menjaga sistem imunitas pada tubuh sehingga tetap prima, hal ini ditunjang degan kandungan antibakteri dan antivirus yang dimiliki oleh madu.
 
Kandungan ini menyebabkan tubuh tidak mudah terserah oleh penyakit serta kandungan antioksidannya juga mampu memberikan efek yang baik pada sistem imunitas tubuh.

6. Meningkatkan kepadatan tulang

freepik.com/ArthurHidden

Dikutip dari Organic Facts, bahwa clover honey mampu membantu menjaga kepadatan pada tulang. 

Menurut penelitian yang berjudul The Chemical Composition of Honey dalam Journal of Chemical Education tahun 2007, clover honey memiliki banyak mineral sehingga dapat  membantu tulang agar tetap padat seiring bertambahnya usia. Manfaat ini juga dapat untuk membantu dalam mencegah terjadinya osteoporosis.

7. Baik untuk menu diet

freepik.com/jcomp

Meskipun belum ada penelitian yang menyatakan bahwa clover honey baik untuk diet, namum sampai saat ini dipercaya bahwa nutrisi yang lengkap dimiliki clover honey mampu memberikan keuntungan bagi yang sedang menjalani diet. Selain itu, kalori yang terkandung di dalam madu juga terkandung dalam jumlah yang cukup besar, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pada menu diet.

8. Menjaga kesehatan otak

pexels.com/Pixabay

Dikutip dari WebMD, clover honey juga memiliki khasiat untuk kesehatan otak. Kandungan asam fenolat pada madu mampu melindungi sistem saraf pusat, serta kaya akan antioksidan yang mampu mencegah inflamasi yang terjadi pada otak. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa clover honey mampu mencegah: penyakit huntington, penyakit parkinson, epilepsi dan depresi.

9. Sebagai prebiotik

Sumber Gambar: lalunenaturals.com

Madu dapat membantu penyembuhan pada ganguan yang dialami pencernaan dan meredakan nyeri pada perut dengan mengonsumsi madu sebanyak 1 sampai 2 sendok teh. Sehingga madu dipercaya dapat menjaga kesehatan pencernaan tubuh dengan baik.

10. Ramah terhadap penderita diabetes

kriscarr.com

Clover honey lebih ramah terhadap kadar gula darah dibandingkan dengan gula pasir biasa, sehingga cocok untuk pasien diabetes dan untuk menjaga kesehatan dari diabetes. Dimana clover honey memiliki kandungan gula sebanyak 16 gram yang setara dengan madu pada umumnya.

11. Mencegah penyakit kardiovaskular

yourmedicalstop.com

Bersumber dari Organic Facts, diperoleh bahwa madu juga mengandung senyawa antioksidan dan antiindlamasi untuk mengurangi low density lipoprotein (LDL) atau sering disebut sebagai kolesterol jahat serta menambah kadar high density lipoprotein  (HDL) atau kolesterol baik. Hal ini tentu akan mengurangi resiko terkena terkena penyakit kardiovaskular seperti stroke, penyakit jantung koroner dan aterosklerosis.

Selain itu, clover hani juga mampu mengatur tekanan darah dengan kandungan antioksidan dan flavanol yang terdapat pada madu. Sehingga akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar, sehingga nutrisi dan oksigen mampu terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh.

Tidak berbeda dengan madu pada umumnya, clover madu juga memberikan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Kadar gula yang serupa dengan madu secara umum juga menyebabkan clover honey ramah terhadap pasien diabetes. 

Dengan berbagai khasiat dan kaya akan kandungannya yang bermanfaat untuk kesehatan sehingga menjadi produk yang baik untuk dikonsumsi secara rutin untuk mencegah tubuh terkena berbagai penyakit.

IDN Media Channels

Latest from Health