Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara Mengecilkan Betis dengan Olahraga

Lakukan secara konsisten ya!

Angga Prayudhatama

Sebenarnya cara mengecilkan betis dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus membeli ataupun menyewa peralatan. Cara yang mudah untuk mengecilkan betis dengan olahraga ringan namun dilakukan secara konsisten.

Dengan melakukan olahraga yang rutin bisa membantu kamu mendapatkan bentuk betis lebih proporsional. Berikut cara mudah untuk mengecilkan betis dengan olahraga yang ringan.

Cara Mengecilkan Betis dengan Olahraga

1. Squat

Salah satu cara yang pertama untuk mengecilkan betis yakni melakukan olahraga squat. Pasalnya dengan melakukan olahraga squat bisa membantu untuk menghilangkan lemak yang terlalu berlebihan pada bagian betis ataupun paha.

Kamu bisa melakukan olahraga ini di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat. Cara melakukannya dengan berdiri secara tegak dan kedua kaki dibuka lebar, kemudian posisikan kedua tangan pada pinggang dan lutut ditekuk, tahan dulu sampai beberapa detik.

2. Jalan kaki

myfooddiary.com

Olahraga super murah yang bisa dilakukan oleh semua orang untuk mengecilkan betis. Kamu bisa melakukan olahraga jalan kaki selama 30 menit selama sehari agar bisa membuat betis dan paha lebih kecil dari sebelumnya.

Berjalan kaki yang kamu lakukan setiap hari juga membantu untuk mendapatkan tubuh lebih segar. Meskipun terbilang cukup simpel, namun jalan kaki adalah olahraga yang sangat efektif untuk membantu mengecilkan bagian betis dan paha.

3. Berenang

unsplash.com

Cara mengecilkan betis selanjutnya yakni olahraga berenang yang bisa melatih otot tubuh seperti kaki, paha, betis, lengan hingga perut. Sehingga melakukan olahraga berenang tidak hanya untuk mengecilkan betis namun juga membuat tubuh menjadi kencang.

Kamu bisa melakukan olahraga ini minimal satu kali selama satu minggu. Semakin kamu melakukannya dengan rutin, maka akan lebih cepat memperoleh bentuk betis proporsional.

4. Calf raises

verywellfit.com

Selain olahraga di atas kamu juga bisa mengecilkan betis dengan menerapkan gerakan calf raises. Jika kamu menginginkannya, gerakan pertama adalah berdiri dengan tegak serta posisi kaki dalam keadaan rapat. 

Lalu angkatlah badan ke atas dan tumit sedikit terangkat seperti halnya penari balet menggunakan ujung kaki untuk pusat berat badan. Tahanlah gerakannya sampai beberapa detik lalu turunkan kembali, lakukan calf raises berulang kaki secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Bersepeda

nytimes.com

Olahraga yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat Indonesia hampir di seluruh lapisan. Olahraga bersepeda dipercaya dapat membantu untuk mengecilkan betis karena proses mengayuh sepeda.

Selain olahraga bersepeda bisa membakar lemak pada bagian betis, juga bisa membakar lemak di seluruh tubuh. Dengan bersepeda bisa membuat pikiran kamu menjadi lebih tenang karena banyak melihat pemandangan serta udara yang segar.

6. Wall push up

dok. internet

Alternatif olahraga yang simpel dan tidak membutuhkan biaya serta peralatan yang cukup banyak. Kamu bisa melakukan wall push up di rumah hanya menggunakan peralatan pendukung yakni tembok.

Gerakan wall push up bisa kamu lakukan dengan meletakkan satu kaki kira-kira 30 cm dari tembok serta kaki lainnya ke belakang sejauh mungkin dari keberadaan kaki depan. Kedua telapak tangan ditempelkan pada tembok kemudian kaki depan ditekuk hingga kaki bagian belakang bisa lurus secara sempurna.

7. Yoga dengan pose headstand

dok. internet

Ambil posisi berdiri tegak dengan kedua kakinya lurus secara berdampingan. Lalu bawalah tubuh bagian atas ke arah bawah, tepat pada posisi kedua kaki layaknya sedang mengambil sesuatu di bawah.

Letakkan tangan di bawah kaki serta hadapkan kepala ke arah belakang. Pertahankan posisi tersebut sampai kamu bisa merasakan adanya reaksi seperti otot ketarik.

8. Yoga

Selain yoga digunakan sebagai sarana olahraga untuk meditasi dan menenangkan pikiran. Terdapat beberapa gerakan yoga yang bisa membantu kamu untuk mengecilkan betis juga paha seperti gerakan warrior pose.

Gerakan warrior pose cukup mudah kamu lakukan dengan membuka kedua kaki secara lebar dan salah satunya ditekuk, lalu bagian kaki satunya diluruskan ke belakang. Sedangkan untuk posisi tangan merentang sejajar kedua kaki, tahanlah hingga 1 menit pada posisi tersebut dan gantilah kaki yang ditekuk.

9. Jogging

Dok. Internet

Cara mengecilkan betis yang lainnya tanpa membutuhkan peralatan khusus dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk ke tempat gym yakni jogging. Jogging merupakan olahraga kardio yang dapat kamu lakukan untuk mengecilkan betis secara alami.

Saat jogging artinya kaki kamu terus bergerak dengan stabil yang bisa membakar lemak pada bagian paha dan betis secara efektif. Kamu bisa melakukan olahraga jogging selama 30 menit secara rutin untuk membentuk betis lebih proporsional dalam waktu cepat.

Demikianlah cara mengecilkan betis yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh proporsional. Semoga artikelnya bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Health