Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Boleh Sembarangan, Cari Tahu Efek Samping Pil KB Yuk!

Wajib tahu sebelum mengonsumsi pil KB nih.

Vidya Nathania

Dikenal sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan, pil KB kerap dipergunakan oleh sebagian orang. Bagi yang sudah mencobanya, pil KB memang memiliki cara kerja yang baik. Tetapi, perlu kamu ketahui bahwa pil KB pun memiliki efek samping lho! Efek samping yang dapat terjadi mulai dari beberapa tanda ringan hingga efek samping yang cukup berbahaya. 

Untuk itu, simak terus beberapa efek samping pil KB yang harus kamu ketahui untuk tak sembarang mengonsumsi pil KB.

1. Mengganggu masa menstruasi

Refinery29.com

Karena jenis pil yang satu ini berhubungan dengan area sel telur, tentu saja efek samping pil KB yang pertama ialah dapat menganggu masa menstruasi. Biasanya hal yang kerap terjadi ialah meningkatnya darah yang keluar karena pil KB bekerja untuk meluruhkan dinding rahim dan itulah yang menyebabkan pil KB ampuh untuk menunda kehamilan.

2. Terjadinya keputihan

Refinery29.com

Sebelum masa menstruasi yang terganggu, efek samping pil KB lainnya ialah terjadinya keputihan dengan jangka waktu sangat sering. Namun, tenang saja karena hal ini sangat normal saat seseorang mengonsumsi pil KB. Yang perlu kamu lakukan ialah dengan menjaga kebersihan celana.

3. Kepala terasa pusing

womenfitnessmag.com

Tak hanya mengganggu bagian reproduksi saja, ternyata efek samping pil KB yaitu dapat menimbulkan rasa pusing pada kepala. Efek samping yang satu ini dapat terjadi dikarenakan beberapa hal seperti kadar hormon yang terkandung pada pil KB atau tingkatan dosis pil KB.

4. Merasakan mual yang luar biasa

pharma.com

Efek samping pil KB selanjutnya ialah dapat menbuatmu merasakan mual yang luar biasa. Walaupun terjadinya rasa mual hanya beberapa saat setelah mengonsumsi pil KB, namun tetap saja sangat mengganggu. Untuk itu, sebagai pencegahan rasa mual, tentunya kamu juga harus mengisi perutmu terlebih dahulu.

5. Berat badan menjadi naik

berglauf-verband.com

Nah, mungkin buat sebagain orang efek samping pil KB yang satu ini merupakan hal yang paling dihindari bukan? Para medis mengatakan bahwa kandungan yang terdapat pada pil KB dapat memperbesar ukuran sel lemak sehingga tubuh dapat menjadi lebih besar dan tentunya dapat meningkatkan nafsu makan.

6. Membuat suasana hati menjadi labil

rd.com

Meski nggak terjadi sama semua perempuan, namun efek samping pil KB ini kerap terjadi selama beberapa setelah mengonsumsi pil KB. Yang membuat hal ini dapat terjadi adalah cara kerja pil KB yang ternyata dapat mempengaruhi bagian otak menjadi lebih tipis dan tentunya sangat masuk akal bila emosi menjadi tak stabil.

7. Payudara terasa nyeri

Flo.health

Efek samping pil KB yang paling normal terjadi pada setiap konsumer ialah payudara terasa nyeri. Untuk mengatasinya, kamu pun bisa menggunakan bra dengan bahan yang nyaman juga menghindari beberapa jenis makanan yang dapat memicu payudara semakin nyeri seperti makanan atau minuman yang mengandung tinggi kafein.

Itu dia beberapa efek samping pil KB yang wajib untuk kamu ketahui. Tentunya buat kamu yang sedang mengonsumsi pil KB, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan dengan menambah asupan gizi melalui jenis makanan dan minuman.

IDN Media Channels

Latest from Hair