Sampai saat ini masih banyak yang salah kaprah soal pil KB. Akibat mitos yang beredar selama ini banyak perempuan menikah menjadi takut untuk mengonsumsi pil KB. Padahal pil KB diperlukan untuk membantu mencegah dan menjaga jarak kehamilan.

5 Fakta Soal Pil KB Ini Perlu Diketahui Biar Nggak Salah KaprahPopbela.com/Grace Kelly

Melalui acara #AndalanAktifit Getaway oleh Pil KB Andalan FE, Popbela mengumpulkan beberapa fakta yang perlu diketahui seputar pil KB. Simak di sini yuk!

5 Fakta Soal Pil KB Ini Perlu Diketahui Biar Nggak Salah KaprahPopbela.com/Grace Kelly

1. Pil KB tidak menyebabkan rahim menjadi kering

5 Fakta Soal Pil KB Ini Perlu Diketahui Biar Nggak Salah Kaprahdesignsbyduvetdays.com

Faktanya, pil KB membantu menyeimbangkan hormon dan membantu kesuburan. Dr. Tirsa Verani, Sp.OG, spesialis kandungan dari Brawijaya Healthcare, menyampaikan bahwa pil KB tidak menyebabkan rahim kering. Jika ada perempuan yang mengalami permasalahan rahim kering, hal pertama yang harus dievaluasi adalah pola hidupnya. Pasalnya, menstruasi yang tidak lancar bisa disebabkan oleh banyak hal seperti stres atau makanan.

2. Pil KB bisa dikonsumsi oleh perempuan belum menikah yang mengalami ketidakseimbangan hormon

5 Fakta Soal Pil KB Ini Perlu Diketahui Biar Nggak Salah KaprahRefinery29.com

Di beberapa kasus, memang ada penganjuran penggunaan pil KB oleh Dokter bagi perempuan belum menikah untuk mengonsumsi pil KB. Namun, perlu diingat cara ini biasanya hanya ditujukan bagi perempuan dengan ketidakseimbangan hormon yang ditandai gangguan pada menstruasi.

3. Membantu memperlancar menstruasi

5 Fakta Soal Pil KB Ini Perlu Diketahui Biar Nggak Salah KaprahRefinery29.com

Pil KB memiliki kandungan hormon estrogen yang justru dapat membantu memperlancar menstruasi dan mengurangi nyeri kram perut.

4. Dapat mengurangi jerawat

5 Fakta Soal Pil KB Ini Perlu Diketahui Biar Nggak Salah Kaprahnoskhe.com

Mungkin selama ini kalian mendengar jika mengonsumsi pil KB justru bisa memicu jerawat, jangan percaya dengan hal ini yah. Faktanya pil KB membantu mengatur hormon yang memproduksi minyak di wajah.

5. Mengurangi resiko anemia

5 Fakta Soal Pil KB Ini Perlu Diketahui Biar Nggak Salah KaprahPinterest.com

Pil KB saat ini diciptakan dengan kandungan zat besi yang diperlukan untuk mengurangi resiko anemia pada perempuan saat menstruasi.

Itulah beberapa fakta tentang pil KB yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya, Bela!

Baca Juga: Sebelum Menggunakannya, Ketahui Jenis-Jenis Alat Kontrasepsi Ini