Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ternyata Ini Penyebab Rambut Rontok Tak Kunjung Hilang

Nggak mau cepat botak kan?

Luthfia Miranda Putri

Biasanya rambut rontok dialami oleh seseorang yang mengalami penuaan, namun perlu kita tahu juga ada faktor lain mengapa rambut cepat mengalami kerontokan. Salah satunya adalah karena faktor cuaca tropis yang terjadi di Indonesia sehingga kulit kepala menjadi mudah kering serta menyebabkan ketombe dan rambut rontok. Maka dari itu sebelum rambut rontok berubah menjadi kebotakan, ada baiknya kamu mengetahui penyebab lain mengapa rambut bisa rontok berikut ini. Simak yuk!

1. Terlalu banyak memakai styling tools

matrix.com

Menggunakan styling tools untuk menata rambut sudah menjadi kebiasaan bagi kita para wanita. Tapi tahukah kamu, terlalu sering menggunakan suhu panas dan bahan kimia bisa menyebabkan kerusakan rambut! Makanya kamu perlu sampo yang menutrisi agar punya keleluasaan untuk styling rambut. Karena rambut yang ternutrisi dengan baik akan kuat dan tidak mudah rontok.

Popbela.com/PANTENE

Nah buat kamu yang gemar dan sering styling rambut, tenang. Andalkan saja PANTENE Shampoo Perawatan Rambut Rontok. Sesuai namanya, sampo ini dapat membantu cegah rambut patah akibat kerusakan dengan teknologi Keratin Damage Blockers. Formula di dalamnya juga dapat membantu memperkuat rambutmu dari akar sampai ujung. Jika digunakan teratur, rambut rontokmu bisa berkurang hingga 98% lho.

Selain itu, untuk menunjang nutrisi yang diberikan dari sampo, disarankan juga untuk mengubah mode styling tools kamu. Upayakan suhu styling tools kamu tidak terlalu panas, mewarnai rambut cukup pilih satu atau dua warna yang normal, dan memakai hairspray setelah rambut kering untuk menghindari rambut menjadi keras dan patah. Gimana? Sudah siap punya rambut cetar?

2. Faktor genetik

asyajakarta.co.id

Menurut American Academy of Dermatology (ADA) penyebab paling umum rambut rontok adalah hormon dan faktor genetis. Biasanya rambut rontok yang disebabkan oleh keturunan akan terlihat dari rontoknya rambut pada bagian poni. Maka dari itu untuk pencegahannya sangat disarankan untuk merawat rambut dari luar dan dalam seperti menjaga pola makan dan berolahraga.

3. Pikiran yang stres

femina.in

Stres, penurunan berat badan yang drastis, kehamilan, dan kecanduan obat-obatan adalah salah satu contoh gejala Tellogen Effluvium. Gejala ini akan memicu rambut untuk lebih cepat tumbuh karena rambut yang masih berada dalam fase pertumbuhan malah berubah menjadi fase istirahat sehingga menyebabkan rambut menjadi mudah rapuh dan rontok. Untuk mengatasi hal tersebut sangat dianjurkan untuk menghindari stres dengan melakukan hal positif dan menghindari pikiran yang buruk.

4. Diet rendah protein

besthealthmag.ca

Kalau kamu seorang vegan dan vegetarian, maka bisa saja kamu kekurangan nutrisi karena menghindari makanan yang mengandung protein dan lemak hewani. Maka dari itu penting untuk menerapkan gaya hidup yang sehat seperti makan makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur, ikan, oatmeal, dan kacang-kacangan.

5. Penyakit anemia

westchesterhealth.com

Saat menstruasi dan kurangnya asupan zat besi yang memproduksi hemoglobin pun bisa menjadi faktor kenapa rambut bisa cepat rontok. Selain rambut rontok, anemia akan menimbulkan capek yang berlebihan, kulit pucat, sulit berkosentrasi, dan suhu tubuh menjadi dingin. Maka dari itu perlu untuk makan makanan kaya zat besi seperti daging, sayuran hijau, sereal, dan kacang-kacangan. Selain itu, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemen.

Itulah beberapa informasi penyebab rambut rontok parah, semoga bermanfaat, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Hair