Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tak Hanya untuk Kulit, Ini Manfaat Tamanu Oil untuk Rambut  

Tamanu oil memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut.

Aulia Fitria

Tamanu oil adalah minyak yang dari pohon tamanu yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Tamanu oil ini dipercaya dapat meredakan sunburn, mengatasi jerawat serta bekasnya, meredakan gejala eksim, hingga mencegah terjadinya penuaan dini.

Namun, tahukah kamu di samping manfaatnya untuk kulit. Tamanu oil juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambutmu, lho. Penasaran apa saja manfaat tamanu oil untuk rambut? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Meredakan iritasi

behance.net

Bukan hanya kulit, rambut juga kerap kali mengalami iritasi. Hal ini bisa terjadi akibat gatal-gatal pada kulit kepala. Agar kulit kepala tidak gatal setiap saat, kamu bisa mencoba untuk keramas dengan air hangat, menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan kebutuhanmu, hingga mengatur pola makan.

Tidak berhenti sampai di sana. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengaplikasikan tamanu oil. Tamanu oil dipercaya mampu meredakan iritasi akibat gatal pada kulit kepala. 

2. Mengatasi ketombe

Dok. internet

Ketombe merupakan permasalahan rambut yang cukup umum. Namun, jangan disepelekan, sebab ketombe bisa berujung pada iritasi yang terjadi di kulit kepala. 

Lantas, bagaimana caranya agar ketombe yang ada pada rambut perlahan-lahan menghilang? Kamu bisa menggunakan lidah buaya, minyak kelapa, tea tree oil, serta tamanu oil.

Sifat antimikroba pada tamanu oil disebut-sebut mampu mengurangi jamur yang menempel di kulit kepala.

3. Merangsang pertumbuhan rambut

ecowatch.com

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya mengapa rambutmu tumbuh begitu lama. Selain karena faktor keturunan, dan stres, pertumbuhan rambut yang memakan waktu cukup lama umumnya disebabkan oleh rambut kerap terpapar alat styling, tubuh kekurangan asupan yang bergizi, hingga terlalu banyak menggunakan produk perawatan rambut.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab tamanu oil disebut-sebut dapat merangsang pertumbuhan rambut.

4. Mengatasi ujung rambut yang bercabang

pinterest.com

Tamanu oil ini memiliki manfaat yang dicari-cari oleh banyak orang, yakni melembapkan rambut. Hal itu juga yang kemudian membuat ujung rambut yang bercabang perlahan-lahan membaik.

Untuk tata cara penggunaannya juga cukup sederhana. Kamu bisa langsung aplikasikan beberapa tetes minyak tamanu ke area ujung rambut yang terdampak.

5. Sebagai heat protectant

Shutterstock/paulaphoto

Agar rambut tidak mudah rusak akibat penggunaan alat styling, kamu disarankan untuk mengaplikasikan heat protectant terlebih dahulu. Nah, kamu juga bisa menggunakan alternatif heat protectant seperti tamanu oil, lho.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kamu butuh beberapa saat agar minyak menyerap ke dalam rambut.

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Hair