Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Ide Me Time untuk Kaum Introvert, Bikin Lebih Bahagia!

Banyak kegiatan bermanfaat untukmu

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Kewalahan dan penuh tekanan. Mungkin ini yang banyak dirasakan para introvert ketika berada dalam situasi keramaian. Alhasil, kamu menjadi kurang semangat untuk menghadiri sebuah acara. 

Begitu menghadiri pesta, kamu rasanya kelelahan karena banyak energi yang terkuras untuk mengobrol dengan banyak orang. Oleh karena itu, penting banget untuk kalian agar melakukan perawatan dalam diri atau me time. Kamu perlu memulihkan tenaga setelah lelah bersosialisasi.

Jadi, Popbela akan merangkum beberapa ide me time menarik untuk kamu para introvert. Yuk, simak langsung di bawah ini.

1. Menikmati suasana alam di pagi hari

Pexels.com/Jeff Denlea

Cobalah pergi keluar pada pagi hari untuk menikmati suasana alam, sebab saat itu orang-orang belum banyak yang keluar rumah. Umumnya, orang introvert nggak suka keramaian, jadi menikmati hari yang menyenangkan di awal pagi adalah waktu perawatan diri serta me time yang tepat untukmu.

2. Nongkrong di kafe

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Mengubah pemandangan dan pergi ke kafe adalah cara yang bagus untuk refreshing sembari menikmati minuman segar. Kafe merupakan tempat ideal bagi para introvert yang senang keluar rumah, namun lebih menyukai tempat yang tenang dibandingkan restoran atau mall yang cenderung ramai.

3. Detox media sosial

Pexels.com/Adrienn

Media sosial dapat menimbulkan kecemasan dan bisa jadi toxic. Mungkin kamu pernah merasakan insecure atau iri dengan kehidupan orang di sana. Inilah yang membuatmu sulit menciptakan kedamaian hati. Jadi, nggak membuka media sosial sementara waktu bisa dijadikan me time terbaik.

4. Bermain bersama teman

Pexels.com/Elle Hughes

Mendengar suara yang familier dan bersosialisasi nggak hanya menyenangkan, tapi juga baik untuk jiwamu. Orang introvert bisa berkembang karena hubungan yang bermakna. Jadi, menjaga kontak dengan orang-orang terdekat adalah aktivitas yang paling penting.

5. Mempelajari hobi baru

Pexels.com/Andre Furtado

Memiliki hobi yang kamu sukai adalah cara mudah untuk menambah waktu tenang sambil melakukan sesuatu yang membuat hati bahagia. Nggak sekadar hobi yang biasa dilakukan, kamu juga bisa melakukan sesuatu yang menantang, seperti mempelajari hobi baru. Siapa tahu, ini akan lebih menyenangkan.

6. Melatih afirmasi untuk lebih mencintai diri sendiri

Pexels.com/Radu Florin

Kalimat positif adalah cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri. Di waktu luang ini, cobalah manfaatkan waktu untuk merenungkan dan menenangkan diri, juga ubahlah pola pikirmu menjadi lebih baik. Tentu saja, me time kali ini akan sangat bermanfaat untuk diri sendiri.

7. Bersepeda

Pexels.com/Ron Lach

Ini adalah cara yang damai untuk berolahraga, menikmati alam, dan memulihkan energi dari kekacauan di hari kerja. Apalagi kalau kamu bersepeda di pedesaan atau sekitar pantai, rasanya sangat sejuk dan menenangkan.

8. Berolahraga

Pexels.com/Gustavo Fring

Peregangan, pilates, atau yoga bermanfaat untuk menenangkan diri. Ini memberimu waktu untuk fokus pada kesehatanmu, baik secara fisik maupun emosional. Tepat saat me time, kegiatan ini bisa kamu lakukan tepat di waktu luang.

Itulah beberapa rekomendasi kegiatan me time untuk para introvert. Mana yang ingin kamu coba duluan nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single