Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bahagia dengan Diri Sendiri, Ini 5 Langkah Awal Menerapkan Self Love

Kenali dan cintai dirimu sendiri

Nurjanah

Kebahagiaan merupakan hal yang didambakan setiap orang. Namun, kamu tidak bisa setiap saat menjadi bahagia. Ada kalanya kamu merasa kecewa, sedih, marah, dan emosi negatif lainnya. Emosi-emosi negatif tersebut dapat berasal dari luar dirimu yang tidak bisa kamu kendalikan.

Kamu juga tidak dapat mengandalkan kebahagiaan dari sesuatu di luar dirimu, karena jika hal tersebut menghilang, maka kebahagiaan pun juga akan hilang. Kebahagiaan dapat datang dari dirimu sendiri, salah satunya melalui self love.

Dengan self love, kamu tidak akan mudah merasa kecewa dengan persoalan yang sedang dihadapi. Lima langkah ini semoga bisa membantu kamu memulai proses self love. Simak, yuk.

1. Pahami tentang keadaanmu saat ini

Pexels.com/Maksim Goncharenok

Mencintai diri sendiri bisa kamu mulai dengan memahami keadaan diri. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan pada diri sendiri seperti, apa yang sedang kamu pikirkan saat ini, hal apa yang sedang kamu inginkan, seperti apa perasaanmu saat ini, dan pertanyaan lainnya.

Memahami perasaan diri juga bermanfaat untukmu saat menghadapi suatu masalah. Hal tersebut akan melatihmu untuk merespons masalah dengan lebih baik, sehingga permasalahan akan lebih mudah diselesaikan.

Cobalah untuk mencari tahu aktivitas apa yang kamu sukai. Dengan ini, kamu dapat mengenali potensi dan bakat pada diri sendiri. Sehingga, cita-cita akan mudah untuk dicapai.

2. Merawat diri dengan baik

Pexels.com/Sora Shimazaki

Salah satu perwujudan mencintai diri sendiri adalah merawat diri. Ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Kegiatan merawat diri seperti makan makanan yang sehat, mandi secara teratur, tidur yang cukup, berolahraga, sampai melakukan hobi yang membuat kita gembira.

Ketika merawat diri, kamu akan merasa lebih nyaman dengan dirimu. Hingga akhirnya kamu akan menerima dirimu sepenuhnya. Penerimaan inilah yang akan memunculkan kepercayaan diri karena kamu telah merawat dan menjaga diri dengan sangat baik. Dengan merawat diri juga, kamu akan lebih mudah merasa bahagia.

3. Yakinilah kalau kamu berharga

Pexels.com/Andre Furtado

Terkadang masa-masa sulit membuat kamu lupa bahwa dirimu berharga. Tak jarang kamu akan merasa sangat terpuruk karena suatu keadaan. Tidak lulus ujian, diejek teman, dimarahi bos, dan lainnya yang membuat kita merasa tidak berguna.  

Mungkin ada banyak permasalahan yang kamu hadapi, namun cobalah untuk mengurangi overthinking dan terlalu keras dalam mengkritik diri. Overthinking hanya akan membuang waktu berhargamu, sedangkan mengkritik diri terlalu keras akan membuatmu kehilangan kepercayaan diri bahkan membenci diri sendiri.

Ingatlah pencapaian-pencapaian yang pernah kamu raih selama ini. Dengan itu kamu akan lebih yakin kalau kamu itu berharga.

4. Menjauhi lingkungan pertemanan yang toxic

Pexels.com/Rodnae Production

Toxic people biasanya akan berusaha membuat orang lain menuruti apa yang diinginkannya. Mereka juga sering menyusahkan orang lain untuk memenuhi kepentingannya. Biasanya mereka adalah orang yang egois dan semaunya sendiri.

Tak jarang orang toxic juga menyebabkan kamu merasa tidak nyaman dan tertekan. Sebaiknya segeralah hindari orang-orang seperti ini.

5. Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain

Pexels.com/Rodnae Production

Maraknya media sosial seperti saat ini menyebabkan banyak orang membandingkan dirinya dengan orang lain. Dengan melihat status teman di media sosial, melihat foto kerennya di Instagram, dan lainnya mungkin akan membuat kita merasa minder.

Jika kamu terus menerus membandingkan diri dengan orang lain bagaimana kamu bisa bahagia? Itu hanya akan membuang waktu, tenaga dan pikiranmu saja. Jadi, mulai sekarang fokuslah pada diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Kita tidak dapat mengontrol perkataan, pemikiran, dan pendapat orang lain mengenai kita. Namun, kita hanya bisa mengendalikan diri kita sendiri dalam meresponnya. Yuk! terapkan 5 langkah awal self love diatas, agar kita dapat menjadi diri yang lebih berkualitas dan bahagia.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Langkah Awal Self Love, Kamu Bisa Mulai dari Sini"

IDN Media Channels

Latest from Single