Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selalu Optimis, 5 Tipe Kepribadian MBTI Ini Membawa Aura Positif

Mereka selalu fokus pada kehidupan saat ini

Natasha Cecilia Anandita

Hidup kita memang tak selalu berjalan mulus, tapi respons kitalah yang bisa mengubahnya menjadi sebuah hal yang positif. Optimisme merupakan sebuah sikap yang kadang sulit untuk dipertahankan terutama saat hal-hal buruk datang. 

Tapi, beda dengan 5 tipe kepribadian ini. Apa pun yang mereka hadapi tak menyurutkan keceriaan dan optimisme mereka dalam menjalani kehidupan. Bahkan, mereka bisa membuat sekelilingnya dipenuhi aura positif. 

Penasaran siapa saja yang kira-kira punya positive vibes? Berikut 5 tipe kepribadian Myers-Briggs yang selalu optimis dan punya aura positif. 

1. ENFJ

unsplash.com/istockphoto

Salah satu tipe Myers-Briggs yang paling positif adalah ENFJ, atau mereka yang extroverted (E), intuitive (I), feeling (F), dan judging (J). Karena optimisme dan kepribadiannya yang ceria, ENFJ dikenal sebagai orang yang menyenangkan dan merupakan seorang organisator idealis.

Mereka selalu ingin menciptakan cara yang lebih baik. Mereka sering bertindak sebagai katalisator atau orang yang membawa perubahan karena kemampuannya untuk melihat potensi orang lain dan karisma mereka dalam meyakinkan orang lain terhadap ide-ide yang dimilikinya.

Tipe kepribadian ini bergerak berdasar nilai dan visi yang dipegangnya. Mereka juga bersemangat membantu orang lain dalam mengenali kemungkinan dan peluang. Karena sifatnya yang suka membantu itu, ENFJ akan menjadi orang pertama yang menyemangati kamu atau memberikan kata-kata penyemangat.

2. INFP

unsplash.com/istockphoto

Orang-orang INFP juga termasuk yang paling optimis. Sering dikenal sebagai "mediator", INFP setia dan benar-benar tertarik untuk membantu orang lain. Sifat intuitifnya, membantu memperkuat sikap positif INFP karena mereka idealis.

Alasan INFP punya aura yang positif, karena mereka berusaha untuk hidup dalam realitas mimpi yang diidealkan berdasarkan harmoni dan kreativitas. Sikap positifnya itu juga juga karena mereka cenderung hidup pada saat ini atau memikirkan hal-hal yang saat ini. Mereka berpikir bahwa semuanya akan beres dan tidak merasa perlu untuk memikirkan masa depan secara berlebihan.

3. ENFP

unsplash.com

Sikap 'persepsi' dari ENFJ menjadi indikator kunci bahwa mereka orang yang punya pemikiran positif. ENFP juga adalah ekstrovert, artinya mereka mengalami emosi positif yang lebih jelas terlihat, yang bisa menjadi faktor dalam sikap dan perilakunya.

ENFP merupakan sosok kreator yang berpusat pada orang, mereka fokus pada kemungkinan dan antusias terhadap ide, orang, dan aktivitas baru. ENFP suka membantu orang lain mengeksplorasi potensi kreatifnya. Sifatnya yang energik, hangat, dan bersemangat menjadikan mereka seseorang yang menyenangkan. 

ENFP juga dianggap sebagai orang yang paling optimis karena mereka tidak membiarkan kesedihan menguasai hidup mereka, bahkan saat sedang berjuang. Sebaliknya, mereka lebih suka mempertahankan sikap positif, yang dapat membantu mereka saat menghadapi hal-hal yang membuat stress dalam hidup.

4. ESTJ

unsplash.com/istockphoto

Tipe kepribadian ekstrovert lain yang masuk daftar adalah ESTJ. Tipe kepribadian ini memiliki keberanian yang sangat besar dan sangat berpegang teguh pada penilaian mereka sendiri.

Karena mereka cenderung memiliki persepsi yang menyenangkan dan sentimental tentang masa lalu dan tidak menyimpan penyesalan, ESTJ cenderung senang dengan kehidupan mereka saat ini.

Meski begitu, seorang ESTJ dapat mempertahankan pandangan optimis dengan lebih baik, apabila mereka mendapat kesempatan untuk mengevaluasi semua kemungkinan dann hasilnya untuk situasi tertentu.

5. ISFP

pexels.com

Jika kamu membutuhkan nasihat yang baik atau mendengar suara yang kamu inginkan, carilah orang-orang ISFP. Tipe kepribadian ini mempertahankan pola pikir "dapatkan apa yang telah kamu berikan", yang berarti mereka percaya bahwa pola pikir positif mereka akan membawa hal-hal baik ke arah mereka.

Mereka tidak akan merenungkan kesalahan masa lalu atau takut akan apa yang akan terjadi di masa depan. Sebaliknya, mereka ingin hidup di saat ini dan mengalami semua hal baik yang ditawarkan oleh kehidupan.

Itulah 5 kepribadian yang punya aura positif atau positive vibes dan selalu optimis. Kamu setuju, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single