Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Mewek, Ini Deretan Surat dari Sahabat untuk Moonbin 'ASTRO'

Woozi 'SEVENTEEN' sampai siap lawan agensi

Natasha Cecilia Anandita

Kepergian Moonbin 'ASTRO' masih membekas untuk dunia K-Pop dan K-Drama hingga saat ini. Idol yang mengawali karier sebagai aktor cilik ini ditemukan tidak bernyawa di rumahnya yang terletak di Gangnam, Seoul seorang diri pada Rabu (19/4/2023) malam. 

Sang manajer menemukan Moonbin setelah ia sulit dihubungi dan tak ikut latihan. Banyak penggemar maupun non-penggemar yang turut sedih dan berduka sampai tak percaya atas kepergian idol-aktor asuhan Fantagio ini. 

Apalagi Moonbin dikenal sebagai sosok yang ceria, penuh senyum, positif vibes, social butterfly, dan tak pernah menyinggung soal kematian bahkan bunuh diri. Meski penyebab kematiannya belum dinyatakan secara jelas, tapi kepolisian telah memberi pernyataan bahwa mereka mengesampingkan dugaan pembunuhan maupun bunuh diri. Kini, dunia K-Pop percaya bahwa Moonbin berpulang karena sakit. 

Punya banyak sahabat, kepergian Moonbin membawa duka mendalam bagi orang-orang yang mencintainya. Anggota geng 98 line salah satunya yang amat terpukul dengan berita tersebut sampai tak pecaya, bahkan para member SEVENTEEN juga masih tak percaya. Berikut deretan surat menyentuh yang bikin banjir air mata dari pada sahabat untuk Moonbin 'ASTRO'. 

1. Moon Sua 'BILLLIE'

twitter.com/7wwwinncity

Bukan sahabat, surat pertama yang amat menyentuh adalah surat dari adik Moonbin, Moon Sua. Moonbin diketahui memiliki seorang adik perempuan yang juga debut sebagai idol di girl group Billlie. Awalnya mereka kurang akrab karena sudah berpisah dari kecil untuk trainee menjadi idol K-Pop. 

Baru beberapa waktu ini mereka menjadi dekat dan bahkan Sua sampai khawatir jika kakaknya itu tak mengangkat teleponnya. Moonbin sendiri menjadi support system dan sandaran utama Sua. Setelah kabar tersebut, banyak yang mengkhawatirkan keadaan Sua. 

koreaboo.com

Lama tak mendengar kabarnya, akhirnya penggemar yang datang ke ruang memorial Moonbin di kantor Fantagio membagikan foto tulisan surat Moon Sua untuk sang kakak. Ada tiga surat yang ditulis Sua, berikut isi suratnya, mengutip dari Instagram CoppaMagz:

"Untuk kakakku selamanya. Ini aku satu-satunya adik kecilmu, Sua. Bagaimana kabarmu di sana? Kamu merasa nyaman? Aku harap kamu selalu merasakan kehangatan dan kenyamanan di sana. Wajah tersenyummu sangat indah jadi aku harap nanti banyak hal yang membuatmu tersenyum saja. Aku akan datang lagi nanti! Aku juga mencintaimu hari ini, Moon Siblings selamanya."

"Oppa ini aku, satu-satunya adik perempuanmu yang berharga, Sua! Aku akhirnya datang juga! Aku sudah menangis terlalu banyak jadi aku akan berhenti sekarang! Mulai sekarang, aku akan banyak tersenyum. Aku akan bahagia saat melakukan hal-hal yang ingin kulakukan. Aku harap kamu akan damai dan bahagia di sana, kamu harus mengawasi aku dari atas sana dan melihat apakah adik perempuan kamu baik-baik saja di sini!

Aku akan hidup dengan baik dan bekerja sekeras dirimu. Jangan hentikan aku. Bahkan ketika itu menjadi sulit, aku akan sering datang merengek ke Oppa sehingga kamu harus menerimanya. Kamu telah bekerja keras sepanjang waktu ini. Aku sangat mencintaimu dan aku adalah adik perempuan Oppa selamanya. Moon Siblings selamanya."

2. Sanha 'ASTRO'

twitter.com/offclASTRO

Jadi teman duet Moonbin, Sanha begitu terpukul kehilangan hyung yang amat disayanginya. Sampai sebelum kabar meninggalnya Moonbin, mereka sedang aktif konser ke berbagai negara. Bahkan ia mengatakan bahwa Moonbin terasa masih ada di depannya dan masih larut dalam kesedihan.

twitter.com/xrlldxgzmn

Berikut isi surat Sanha yang bikin banjir air mata:

"Hyung, gimana kabarmu? Aku kangen. 

Hyung rasanya masih ada di depanku.

Dan aku tahu pasti akan kena marah jika hyung tahu aku yang sekarang.

Tapi, untuk sementara biarkan saja.

Seperti perkataan hyung, aku pasti akan bahagia, aku akan jaga janji itu, aku sangat menyayangimu..."

3. Jinjin 'ASTRO'

twitter.com/offclASTRO

Jadi leader dari grup ASTRO, Jinjin terlihat memiliki banyak penyesalan. Ia dan Sanha juga yang semalaman berjaga di rumah duka menemani keluarga dan Moon Sua. Bersama member ASTRO lainnya, Jinjin juga datang ke ruang memorial dan menulis pesan untuk salah satu adik tersayangnya itu. Ia bahkan berjanji untuk menjaga adik, ayah, dan ibu Moonbin. 

twitter.com/kkstanaccountt

Berikut isi surat Jinjin untuk Moonbin:

"Bin, ini Jinjin Hyung. Banyak banget orang datang ke sini (ke ruang peringatan). Kamu berjanji padaku kan? Menjalani hidup dengan penuh senyuman. Seperti katamu, aku sekarang sedang berusaha untuk menjalani hidup dengan senyuman. Aku juga akan segera berlatih musikal lagi. Aku juga akan makan teratur sekaligus memakan bagian makananmu juga. Aku akan merawat ibumu, ayahmu, dan Sua, jadi jangan khawatir. Aku sangat mencintaimu adik laki-lakiku."

4. MJ 'ASTRO'

twitter.com/xrlldxgzmn

Merupakan member tertua, MJ juga berduka dan menyesal karena tak sempat memberi banyak perhatian untuk Moonbin. MJ sendiri sedang masa wajib militer, mendengar salah satu personel grupnya meninggal dunia, ia langsung cuti dan pergi ke persemayaman untuk berjaga sampai hari pemakaman yang berlangsung pada Sabtu (22/4/2023) kemarin. 

twitter.com/arohalohaaa

Berikut isi surat dari MJ untuk Moonbin:

"Adikku Bin-ah. Aku datang sangat terlambat. Maaf ya...

Kamu pasti sangat kesepian, capek, dan menderita.

Kalau saja aku bisa berada lebih dekat denganmu.

Maaf aku tidak bisa melindungimu."

5. Cha Eun Woo 'ASTRO'

instagram.com/moon_ko_ng

Cha Eun Woo juga member yang paling dekat dengan Moonbin, mereka bahkan selalu berdua. Sayangnya, di hari Moonbin meninggal, Eun Woo sedang ada jadwal pribadi di Amerika Serikat. Ia langsung mengambil penerbangan paling cepat untuk segera bertemu sang sahabat. Bahkan saat di bandara, terlihat matanya yang sembab. Pergi bersama Mingyu ke ruang peringatan, Eun Woo menulis surat menyentuh yang panjang untuk sahabat sekaligus adik laki-lakinya itu. 

twitter.com/Shinshinglobal

Berikut isi surat Eun Woo yang mengatakan akan bertanggung jawab atas semua yang ditinggalkan Moonbin:

"Bin-ah. Aku sangat merindukanmu malam ini, dasar brengsek...

Aku nggak bisa tidur jadi aku jalan-jalan sebentar bareng Sanha.

Apakah kamu tidur nyenyak?

Semua hal yang biasa aku lakukan denganmu, hal yang paling biasa, hal yang paling sepele, aku sangat merindukan semuanya dan aku sangat menyesalinya...

Berbahagialah ratusan kali lebih banyak di dunia bulanmu (Moon land).

Aku akan mengurus dan membereskan semua yang kamu tinggalkan di sini, jadi jangan terlalu khawatir.

Kamu telah bekerja keras. Aku mencintaimu dan aku minta maaf, temanku." 

6. Lee Suji eks 'The Ark'

instagram.com/1998_suji_ya

Moonbin punya geng 98 line yang terdiri dari SinB dan Umji 'VIVIZ', Seungkwan ' SEVENTEEN', Lee Suji eks 'The Ark', dan Ungjae 'The Fact'. Salah satu member-nya, Lee Suji, membagikan foto kedekatan mereka dengan caption surat untuk Moonbin yang amat menyentuh sampai meneteskan air mata. 

Panjang lebar menggambarkan isi hatinya, ini pesan Lee Suji untuk Moonbin:

"Banyak yang ingin aku katakan. Aku selalu ingin mengatakannya. Seharusnya aku lebih memberanikan diri.

Terima kasih telah bersama kami di usia-usia yang paling indah. Terima kasih telah hadir sebagai hadiah yang sangat indah sampai sayang untuk dibuka. Seperti katamu, kamu adalah orang paling keren di dunia ini. Itu benar. Aku merasa terhormat bisa bertemu denganmu yang seperti itu.

'Pegang tanganku saat butuh seseorang I'll be that somebody'

Aku lega lagu kami yang selalu kamu sukai itu bisa jadi penghiburan untukmu kapan pun walau hanya sedikit. Maaf karena aku tidak bisa memegang tanganmu seperti di lirik itu.
Aku juga bisa bernapas dan bermimpi mendengarkan lagu-lagumu. Kamu telah jadi cahaya bagiku dan bagi banyak orang yang menyayangimu. Aku bersyukur kita berenam punya lagu untuk dikenang.

Sekarang melalui dirimu aku punya mimpi baru.
Aku akan hidup melalui cahaya yg menerangi kegelapan tempat ini.
Akan lebih simpel dan lebih berani. Sepertinya aku sekarang tidak punya ketakutan lagi.
Aku akan membangkitkan orang-orang yang terduduk, memegang tangan dan berjalan bersama orang-orang yang sendirian, membantu orang-orang yang kehilangan mimpi untuk menemukan mimpi baru, dan menunjukkan kebahagiaan baru kepada orang-orang yang kehilangan senyuman.

Aku akan bersemangat sambil membayangkan kamu meneriakkan 'Bagus Suji-ya! Begitu seharusnya!' dari surga. Ayo bertemu lagi.
Tetaplah jadi keluarga selamanya.
Aku lega memikirkan kamu di surga bisa menikmati semua ketenangan, kebebasan, dan cinta yang mendalam yang dulu tidak bisa kamu rasakan di bumi ini.

Aku sekarang bisa sedikit merasakan indahnya surga, tapi pasti tidak bisa dibandingkan dengan keindahan yang kamu rasakan!
Aku tidak akan menyia-nyiakan hidupku, dan aku akan berlari sambil mendeklarasikan cahaya. Kamu tenanglah di sana.

Kami akan jadi keluarga bagi keluargamu yang kamu cintai. Pasti akan berisik karena jadi banyak putra, putri, unnie, oppa! Jangan khawatir! ;)

Bin-ah aku sangat menyayangimu. Terima kasih banyak dan aku merindukanmu.
Mari bertemu lagi suatu hari. Terima kasih telah jadi teman kami."

7. Ungjae 'The Fact'

instagram.com/hellotomygloom

Punya banyak momen bareng dengan Moonbin, Ungjae sempat membagikan video dan foto ia bersama Moonbin dan Seungkwan saat liburan bareng. Ungjae terlihat kangen dengan momen seperti itu lagi, khususnya bersama Moonbin. 

Dalam caption unggahan tersebut, Ungjae mengatakan:

"Aku seperti berada di mimpi yang tidak bisa dibangunkan. Aku berusaha bangun pun tidak ada yang berubah.

Kita bertemu di usia 19 tahun dan melewati usia 20-an tahun bersama. Aku sangat menyayangimu dan kadang juga menghormatimu. Aku ingin segera bertemu denganmu dan mengatakan kamu orang yang keren, tapi aku sedih karena sepertinya itu akan butuh waktu yang lama.

Kamu orangnya lebih hangat dari siapa pun dan punya pemikiran yang mendalam, jadi aku menghargai semua keputusanmu. Aku ingin sehari saja bertemu denganmu untuk mengatakan kamu telah bekerja keras dan semuanya bukan salahmu. Aku sangat bahagia dan sekali pun tidak pernah merasa capek saat bersamamu. Jadi, jaga dirimu dengan tenang di sana.

Kamu akan selalu jadi kebangganku untuk waktu yang lama. Aku bersyukur kamu adalah temanku. Ayo tetap berteman di lain waktu dan lain waktu lainnya.

Semua akan menjalani hidup dengan baik. Kamu pasti tidak ingin orang-orang yang kamu cintai hidup susah. Jadi semuanya akan hidup dengan baik. Tak apa jika memikirkanmu membuat sedikit sedih. Aku harap kamu muncul sekali-kali ke mimpi agar aku bisa melihat wajahmu. Aku ingin bertemu denganmu meski hanya sehari atau hanya sejam, Bin-ah.

Mari ketemu lagi sebelum terlambat.
Aku menyayangimu, puppy cat."

8. Seungkwan 'SEVENTEEN'

allkpop.com

Anggota 98 line yang juga menulis surat untuk Moonbin adalah sang sahabat karib, Seungkwan. Dua idol ini diketahui benar-benar berteman dekat, bahkan saat ulang tahun Moonbin kemarin, Seungkwan memberikan kue ulang tahun untuknya.

Mendengar kepergian sahabat yang lebih seperti saudara itu, Seungkwan sampai absen di jadwal grup karena kondisi tubuh yang kurang fit. Suratnya pun membuat penggemar sedikit khawatir, tapi tetap positive thinking bahwa Seungkwan akan kuat. 

twitter.com/kwanszone

Sederhana tapi ngena, berikut isi surat Seungkwan:

"Moonbing-i, tolong tunggu sebentar lagi. Aku akan membuat seluruh alam semesta terasa seperti milikmu. Aku sangat mencintaimu. Saat kita bertemu lagi, tolong peluk aku erat-erat."

9. Mingyu 'SEVENTEEN'

instagram.com/officialastro, min9yu_k

Dekat dengan Seungkwan, Moonbin bahkan sudah seperti member ke-14 SEVENTEEN dan amat disayang oleh para personel yang lain. Salah satunya Mingyu yang juga dekat dengannya. Sahabat Cha Eun Woo ini turut menulis surat untuk temannya itu. 

twitter.com0/My17youth

Berikut isi surat Mingyu yang ingin traktir Moonbin odeng jika mereka bertemu lagi:

"Bin-ah, annyeong.

Karenamu aku jadi datang ke gedung agensimu. Kenangan terbesar yang aku miliki adalah hari ketika kita ngobrol sampai pagi. Apakah kamu ingat?

Untuk kamu yang punya begitu banyak pikiran dan kekhawatiran, aku hanya bisa berkata... tidak ada idol seperti dirimu yang serba bisa dan baik dalam segala hal.

Aku akan bekerja lebih keras juga. Sekarang, jaga dirimu, kamu tidak perlu merasakan sakit lagi, cukup tersenyumlah mulai sekarang.

Maaf. Kamu melakukannya dengan baik dan bekerja keras, teman. Saat aku bertemu denganmu lagi, aku akan membelikanmu odeng dan soju! Dukunglah membermu dari jauh. Lagu favoritku adalah 'Waterfall'. Berbahagialah temanku!"

10. Woozi 'SEVENTEEN'

twitter.com/dalxcha

Woozi dikenal sangat sulit mengungkapkan perasaannya. Namun, semuanya menjadi terbuka saat itu tentang Moonbin. Selasa (25/4/2023) kemarin, ia menulis di kolom komentar unggahan terakhir Moonbin di Instagram. Suratnya sangat menggambarkan betapa ia sangat mengasihi teman sekaligus adik kecilnya itu. 

instagram.com/moon_ko_ng

Woozi bahkan tak ragu untuk melawan agensi demi merilis lagu kesukaan Moonbin. Berikut isi suratnya untuk mendiang Moonbin:

"Our Binnie ㅎ Aku sangat merindukanmu. Baru seminggu yang lalu kamu minta waktu biar bisa nge-dance bareng. Kau mengatakan, 'Hyung selalu nomor 1 bagiku'. Masih teringat jelas senyuman lebarmu. Dunia ini memang jahat kan? ㅎ

Orang yang keren sepertimu kenapa juga menyukai orang sepertiku. Maaf karena aku jadi hyung yang tidak bisa mengekspresikan perasaan karena malu. Padahal kamu selalu jadi adik yang keren. Andai saja aku mengatakan banyak hal bagus sebesar kamu mengatakannya padaku. Aku malu pada diriku sendiri karena tidak bisa melakukannya.

Bin-ah kamu telah memberikan energi yang besar bagiku. Kamu selalu menyukai, mengakui, dan menantikan musik dan dance-ku. Aku berlagak seperti itu bukan apa-apa karena malu, padahal seneng banget. Kamu tidak tau kan? ㅎ Aku telat baru sekarang mengungkapkannya ㅜ Dasar brengsek ㅎ Sepertinya tidak ada dongsaeng yang menyukaiku melebihi dirimu, ke depannya pun mungkin juga tak ada, jadi perasaan sayangku makin besar. Aku tidak tahu harus bagaimana ㅎ

Lagu 'What Kind of Future' yang selalu kamu tanyakan kapan rilisnya karena ingin kamu dengarkan dan nyanyikan. Aku akan bertanggung jawab membawakan lagunya di hari ulang tahun mu apa pun yang terjadi, sekalipun harus melawan agensi. Karena bibimmyeon yang kamu berikan sebagai hadiah ulang tahunku sudah habis ㅋ Kamu seharusnya memberikan hyung kesempatan untuk giliran memberimu hadiah, dasar brengsek! ㅜㅋ

Maaf hyung hanya bisa melakukan ini untukmu. Aku mencintaimu, menyayangimu, dan terimakasih. Kamu akan selalu tersimpan di hatiku sebagai dongsaeng yang paling keren dan yang paling aku syukuri. Berbahagialah di sana ㅎ Aku menyayangimu Bin-ah"

11. Wonwoo 'SEVENTEEN'

instagram.com/everyone_woo, officialastro

Masih member SEVENTEEN, kali ini Jeon Wonwoo yang menulis suratnya untuk Moonbin. Wonwoo sendiri juga kehilangan sang ibu pada April 2022 lalu dan kali ini ia harus kehilangan sahabatnya di bulan yang sama.

twitter.com/tinkswonu

Menyentuh dan bisa membuat menitikkan air mata, berikut surat Wonwoo untuk Moonbin:

"Bin-ah, ini hyung~

Bin, yang merupakan orang paling keren dan baik hati di dunia. Kamu berlari ke arahku lebih dulu ketika aku hancur, tapi hyung sangat menyesal karena aku bahkan tidak tahu bahwa kamu hancur. 

Aku masih bisa melihat dengan sangat jelas bagaimana kamu selalu dengan hangat dan ramah datang untuk berolahraga denganku dan menghiburku, sedemikian rupa sehingga hatiku sangat sakit.

Tapi bersama anggota ASTRO lainnya, hyung akan terus hidup dengan bekerja keras dan bersenang-senang sehingga aku bisa membawakan banyak cerita untukmu, seperti bagaimana aku mendengar begitu banyak tentangmu saat itu.

Ketika saat itu tiba, tolong ceritakan lebih banyak ceritamu juga. Kamu melihat ibuku di pemakamannya, kan? Ibuku akan membimbingmu dengan baik di Moonland (surga)! Singkirkan semua kekhawatiranmu di Moonland dan nikmati liburan yang menyenangkan, dan berbahagialah. Aku bersyukur dan aku mencintaimu, Bin-ah."

12. DK 'SEVENTEEN'

instagram.com/dk_is_dokyeom

DK jadi salah satu hyung kesayangan Moonbin. Mereka bahkan pernah video call bareng Seungkwan dan Jonghan saat ketiga member SEVENTEEN itu sedang live. Moonbin bahkan memilih DK daripada Seungkwan saat bercanda.

Pada Selasa (25/4/2023) kemarin, penggemar menemukan surat dari DK untuk dongsaeng kesayangannya itu. DK juga mengunggah foto ia bersama bulan dengan caption "Moon" diikuti emotikon bulan. 

twitter.com/gyeomfactory

Penuh kerinduan, ini bunyi surat DK untuk Moonbin mengutip dari Koreaboo:

"To. Binnie yang aku rindukan.

Binnie yang aku rindukan! Ini Dokyeommie hyung! kamu beristirahat dengan baik dan nyaman, kan? Semua orang sangat merindukan Binnie. Kamu melihat semua orang, kan? Kamu benar-benar seseorang yang pantas untuk dicintai dan orang yang sangat baik hehe.

Setiap kali aku melihatmu, kamu akan selalu memiliki senyum manis seperti 'heh, hehe' dan membuat semua orang di sekitarmu merasa baik, jadi kamu akan selalu sangat disukai... Kita berdua berbicara banyak satu sama lain tentang kekhawatiran kita dalam bernyanyi... Setiap kali itu terjadi, kamu akan berkata, 'Hyung, terima kasih hehe. Mari kita minum lagi bersama lain kali!'

Aku merindukan itu darimu. Aku benar-benar ingin sangat membantumu… Seharusnya aku menghabiskan lebih banyak waktu denganmu, berbicara denganmu… Aku terus memikirkan hal-hal seperti itu.

Maafkan aku, Bin, karena tidak bisa memeluk semua rasa sakit dan kesulitan yang kamu pendam di dalam hatimu. Kami semua akan berpromosi dengan sehat untuk menutupi bagianmu juga, dan kami akan mengingatmu di dalam hati kami selamanya.

Dan aku dengan tulus berdoa untuk kebahagiaanmu. Jadi tolong banyak tersenyum dan bahagia di surga. Jika kita bertemu lain kali, kita harus bernyanyi bersama dan mari kita banyak tertawa tanpa khawatir! Bin, aku mencintaimu. kamu telah bekerja keras sampai sekarang!

Dari Kyeommie Hyung."

13. Yoojung 'Weki Meki'

twitter.com/SFT99YOOJUNG

Satu agensi, Yoojung juga begitu dekat dengan Moonbin. Mereka bahkan pernah live bareng di V Live dan dance cover bareng. Banyak hal yang belum tersampaikan untuk kakak, sahabat, dan rekan kerjanya itu, Yoojung akhirnya menulis surat yang berbunyi:

"Bin oppa, sepertinya ada banyak hal yang ingin aku katakan kepadamu. Aku pikir kami mengerti apa yang ingin kamu katakan pada kami. Kamu telah bekerja terlalu keras sampai sekarang. Kamu juga sangat memerhatikan orang-orang di sekitarmu.” 

Aku benar-benar berharap kamu beristirahat dengan baik sekarang. Aku akan sering mengunjungimu. Jadi, datang dan temui kami dalam mimpi kami dari waktu ke waktu. Aku ingin berterima kasih. Terima kasih telah menjadi seseorang yang bisa aku andalkan. Dan aku minta maaf walau pasti aku akan dimarahi olehmu. Aku tarik kata 'maaf' kembali ke mulutku. Aku tahu kamu pasti tak ingin aku meminta maaf padamu."

14. Yunho 'TVXQ'

koreaboo.com

Pernah kerja bareng Moonbin, Yunho menuliskan bagaimana ia melihat bintang kecil itu dari kecil hingga menjadi seorang idol dan aktor terkenal. Dalam Instagram Story, Yunho menulis, "Aku tidak akan melupakan dirimu yang bersinar dan tersenyum lebar. Semoga di sana kamu tentram dan tenang." Moonbin pernah menjadi "little Yunho" di MV TVXQ "Balloon".

15. Taemin 'SHINee'

koreaboo.com

Taemin ternyata juga dekat dengan Moonbin. Pernah ditinggal juga oleh member-nya, kini Taemin menulis pesan menyentuh untuk juniornya yang juga pergi meninggalkannya untuk selamanya. Taemin menulis, "Aku ingat bagaimana kamu bersinar di atas panggung. Aku berharap kamu terus bersinar seperti sebelumnya, dan bahagia di sana."

16. Key 'SHINee'

reddit.com

Selain Taemin, Key yang sempat beberapa kali satu acara dengan Moonbin juga menuliskan bagaimana dukanya. Lagi-lagi idol ini ditinggalkan oleh rekan kerja sekaligus teman. Pada Jumat (21/4/2023) lalu, Key menulis di kolom komentar di unggahan Instagram terakhir Moonbin. Dengan tulus ia mengatakan:

“Aku tidak bisa tidur lebih lama lagi setelah aku mengucapkan selamat tinggal terakhirku dengan harapan (kamu) akan pergi ke tempat yang baik. Aku sangat berharap kamu bahagia. Terima kasih banyak telah meninggalkan banyak catatan tentang apa yang telah dilakukanmu selama ini. Hari-hari terakhir yang telah berlalu.

Bagi orang-orang yang ditinggalkan, kita bisa hidup menantikan hari ketika kamu (Moonbin)menyapa kita lagi dan tersenyum cerah ketika kami berbelok di tikungan sambil menangis dan tertawa dengan kenangan itu. Terima kasih atas kerja kerasmu. Sungguh, aku minta maaf atas tidak tahu."

17. Chanwoo 'IKON'

twitter.com/notrrkrss

Sahabat kecil Moonbin, Chanwoo, juga turut membagikan foto masa kecil mereka di Instagram Story. Dengan caption singkat tapi mendalam, Chanwoo mengatakan "Bin-ah, di sana jangan sakit dan berbahagialah".

18. Wumuti (Boys Planet)

koreaboo.com

Kenal dari Rocky eks 'ASTRO', Moonbin dan peserta Boys Planet, Wumuti, juga berteman dekat. Di hari pengumuman debut, Wumuti terlihat tidak bersemangat dan sedih karena kabar kepergian Moonbin. Dalam media sosialnya, Wumuti menulis:

"Hyung, rasanya baru kemarin kita berbicara sepanjang malam dan berjanji satu sama lain untuk hidup sehat dan makan bersama, jadi membayangkan membungkuk pada fotomu sangat sulit bagiku… Kamu melakukannya dengan sangat baik, hyung. Silakan pergi ke tempat yang baik dan bahagia dan sehat, hyung. Saya akan menepati janji yang kita buat. Aku sangat merindukanmu, dan aku mencintaimu, hyung."

Itulah deretan surat dari para sahabat untuk mendiang Moonbin. Istirahat dengan tenang Moonbin, kami di sini merindukan senyummu! Kalau kamu ada surat apa untuk Moonbin?

IDN Media Channels

Latest from Single