Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

50 Kata Motivasi untuk Diri Sendiri dari Tokoh Dunia yang Bijak

Membuka mata siapa saja yang membacanya

Nafi' Khoiriyah

Kata motivasi untuk diri sendiri terkadang harus datang dari orang lain yang bijak. Sebab, kamu perlu disadarkan tentang hal-hal yang seharusnya dilakukan ataupun yang tidak semestinya dilakukan. 

Kamu mungkin pernah mengalami rasanya berada di titik terendah. Pada momen itu, semua rasanya tidak berpihak padamu. Namun, pada kenyataannya hidup harus terus berjalan. 

Kata-kata motivasi dari para tokoh dunia berikut ini semoga bisa memotivasi kamu untuk kembali bangkit dan semangat menjalani kehidupan. 

1. Kata motivasi dari tokoh tentang percaya diri

unsplash.com/Brooke Cagle

Kata motivasi untuk diri sendiri yang pertama adalah seputar percaya diri. Tidak semua orang memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Namun, hal itu selalu dibutuhkan dalam hidup kita.

Supaya kita bisa melakukan hal-hal yang kita inginkan, sisihkan rasa mindermu dan bacalah kata-kata berikut ini. 

  1. "Untuk menangani dirimu sendiri, gunakan kepalamu; untuk menangani orang lain, gunakan hatimu." -Eleanor Roosevelt.
  2. "Lihatlah suatu hari ketika kamu sangat puas pada akhirnya. Bukan hari ketika kamu bersantai tanpa melakukan apa-apa; ini adalah hari di mana kamu memiliki segalanya untuk dilakukan dan kamu telah melakukannya." -Margaret Tatcher. 
  3. "Perubahan tidak akan datang jika kita menunggu orang lain atau jika kita menunggu waktu lain. Kamu adalah orang yang telah kita tunggu-tunggu. Kamu adalah perubahan yang kita cari." -Barack Obama. 
  4. "Apapun yang kamu lakukan tidak penting, tapi sangat penting untukmu melakukannya." -Mahatma Gandhi. 
  5. "Tidak peduli apa yang dikatakan orang kepadamu, tetapi kata-kata dan ide bisa mengubah dunia." -Robin Williams. 
  6. "Dunia adalah sebuah buku dan mereka yang tidak bepergian hanya membaca satu halaman." -Santo Agustinus. 
  7. "Selalu menjadi dirimu sendiri dan percayalah pada dirimu. Jangan keluar dan mencari kepribadian yang sukses dan mencoba untuk menirunya." -Bruce Lee. 
  8. "Keyakinan pada tubuh, pikiran, dan jiwa kitalah yang memungkinkan kita untuk terus mencari petualangan baru." -Oprah Winfrey. 
  9. "Jika kamu menampilkan dirimu dengan percaya diri, kamu bisa melakukan hampir semua hal." -Katy Perry. 
  10. "Semua impian kita bisa menjadi kenyataan jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya." -Walt Disney. 

2. Kata motivasi dari tokoh tentang pemimpin

Freepik.com/Javi_indy

Setiap orang adalah pemimpin, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Namun, esensi dari seorang pemimpin itu sering kali masih dipertanyakan.

Untuk menjawab bagaimana seorang pemipin yang baik dan bijaksana, baca kata-kata berikut ini. 

  1. "Pemimpin terhebat belum tentu orang yang melakukan hal terhebat. Mereka adalah orang yang membuat orang lain melakukan hal terhebat." - Ronald Reagan. 
  2. "Kepemimpinan adalah seni membuat orang lain melakukan sesuatu yang kamu ingin lakukan karena dia ingin melakukannya." -Dwight D. Eisenhower. 
  3. "Seorang pemimpin adalah penyalur harapan." -Napoleon. 
  4. "Kepemimpinan dan pembelajaran sangat diperlukan satu sama lain." -John F. Kennedy.
  5. "Saat kita melihat ke depan ke abad berikutnya, pemimpin adalah mereka yang memberdayakan orang lain." -Bill Gates. 
  6. "Tugas pemimpin adalah membawa rakyatnya dari tempat mereka berada ke tempat yang belum pernah mereka kunjungi." -Henry A. Kissinger. 
  7. "Lebih baik memimpin dari belakang dan menempatkan orang lain di depan, terutama saat kamu merayakan kemenangan saat hal-hal baik terjadi. Kamu mengambil garis depan saat ada bahaya. Maka, orang-orang akan menghargai kepemimpinanmu." -Nelson Mandela. 
  8. "Dia yang tidak pernah belajar untuk patuh tidak bisa menjadi komandan yang baik." -Aristoteles
  9. "Pemimpin yang baik adalah orang yang mengambil sedikit lebih banyak dari bagian kesalahannya dan sedikit lebih sedikit dari pujiannya." -John Maxwell
  10. "Suara manusia tidak pernah bisa mencapai jarak yang ditempuh oleh suara hati nurani yang tenang." - Mahatma Gandhi

3. Kata motivasi dari tokoh tentang keraguan

unsplash.com/Anthony Tran

Keragu-raguan membuat hidup yang kita jalani penuh dengan penyesalan. Supaya hal itu tidak terus berlanjut, kata motivasi untuk diri sendiri tentang keraguan ini semoga bisa meyakinkanmu. 

  1. "Tanda orang hebat adalah mereka yang tahu kapan harus mengesampingkan hal-hal penting untuk mencapai hal-hal penting." -Brandon Sanderson. 
  2. "Pekerjaanku bukanlah untuk bersikap mudah pada orang. Tugasku adalah mengambil orang-orang hebat yang kita miliki dan mendorong mereka dan menjadikan mereka lebih baik lagi." -Steve Jobs.
  3. "Ketika kamu putus asa, ingat bahwa sepanjang sejarah jalan kebenaran dan cinta selalu menang." -Mahatma Gandhi. 
  4. "Lakukan sedikit kebaikanmu di mana pun kamu berada; potongan-potongan kecil kebaikan itulah yang membuat dunia kewalahan." -Desmond Tutu.
  5. "Lakukan apa yang menurut hatimu benar, karena bagaimanapun juga kamu akan dikritik." -Eleanor Roosevelt. 
  6. "Dua puluh tahun dari sekarang, kamu akan lebih dikecewakan oleh hal-hal yang tidak kamu lakukan daripada hal-hal yang telah kamu lakukan. Jadi, buang tali pancingmu, berlayar menjauh dari pelabuhan yang aman, tangkap angin pasat di layarmu. Jelajahi, mimpi, dan temukan." -Mark Twain. 
  7. "Jika orang meragukan seberapa jauh kamu bisa melangkah, melangkahlah sejauh kamu tidak bisa mendengar mereka lagi." -Michele Ruiz. 
  8. "Saat satu pintu kebahagiaan tertutup, yang lain terbuka; tetapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga kita tidak melihat pintu lain yang telah dibukakan untuk kita." -Helen Keller. 
  9. "Orang pintar belajar dari segalanya dan semua orang, orang biasa dari pengalaman mereka, orang bodoh sudah memiliki semua jawaban." -Socrates. 
  10. "Tidak mungkin hanya sebuah opini." -Paulo Coelho. 

4. Kata motivasi dari tokoh tentang sikap optimis

pexels.com/RODNAE Productions

Setelah menyingkirkan rasa ragu, sikap yang harus kita tanamkan adalah optimis. Sikap inilah yang nantinya bisa membawa kita pada puncak kesuksesan dan puncak kebahagiaan. 

  1. "Saat elang diam, burung beo mulai berceloteh." -Winston Churchill
  2. "Bagian dari bersikap optimis adalah menjaga kepala tetap mengarah ke matahari, kaki melangkah maju." -Nelson Mandela. 
  3. "Kegelapan tidak bisa mengusir kegelapan. Hanya terang yang dapat melakukannya. Kebencian tidak bisa mengusir kebencian, hanya cinta yang bisa melakukannya." -Martin Luther King Jr. 
  4. "Kamu punya musuh itu bagus. Berarti, kamu akan membela sesuatu suatu saat dalam hidupmu." -Winston Churchill. 
  5. "Kamu tidak bisa membiarkan kegagalan menentukanmu. Kamu harus membiarkan kegagalanmu mengajarimu." -Barack Obama. 
  6. "Pikiran yang disiplin mengarah pada kebahagiaan dan pikiran yang tidak disiplin mengarah pada penderitaan." -Dalai Lama XIV.
  7. "Menjadi diri sendiri di dunia yang terus berusaha menjadikan kamu sesuatu yang lain adalah pencapaian terbesar." -Ralph Waldo Emerson.
  8. "Nilai seseorang harus dilihat dari apa yang dia berikan dan bukan dari apa yang dia dapat dan terima." -Albert Einstein. 
  9. "Saat kamu berbeda, terkadang kamu tidak melihat jutaan orang yang menerimamu apa adanya. Yang kamu perhatikan hanyalah orang yang tidak menerimamu." -Jodi Picoult. 
  10. "Optimisme adalah keyakinan yang mengarah pada pencapaian. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan keyakinan." -Helen Keller.

5. Kata motivasi dari tokoh tentang prinsip

pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Kata motivasi untuk diri sendiri yang terakhir membahas mengenai prinsip. Sebuah prinsip dalam hidup seharusnya dipegang teguh supaya tidak goyah.

Namun, ada kalanya kita terbawa arus dan tidak bisa mengendalikannya. Oleh karena itu, cobalah baca kata motivasi berikut ini.

  1. "Dalam hal gaya, berenanglah mengikuti arus; dalam hal prinsip, berdirilah seperti batu." -Thomas Jefferson. 
  2. "Melakukan hal-hal besar itu sulit; tetapi untuk memerintah hal-hal besar lebih sulit." - Friedrich Nietzsche. 
  3. "Kalau kamu menilai orang, kamu tidak punya waktu untuk mencintai mereka." -Bunda Teresa.
  4. "Kalau kamu merasa tidak berdaya, maka bantulah seseorang." -Aung San Suu Kyi.
  5. "Hanya ada harapan untuk masyarakat yang bertindak sebagai suatu keluarga besar, bukan banyak keluarga yang terpisah." -Anwar Sadat. 
  6. "Cara terbaik untuk menemukan dirimu adalah dengan kehilangan dirimu dalam melayani orang lain." -Mahatma Gandhi. 
  7. "Harga kebesaran adalah tanggung jawab." -Winston Churchill. 
  8. "Kita harus menemukan waktu untuk berhenti dan berterima kasih kepada orang-orang yang membuat perbedaan dalam hidup kita." -John F. Kennedy. 
  9. "Jika kita semua melakukan hal-hal yang mampu kita lakukan, kita benar-benar akan mengejutkan diri kita sendiri." -Thomas Alva Edison. 
  10. "Kamu sendiri, seperti halnya siapa pun di seluruh alam semesta, pantas mendapatkan cinta dan kasih sayangmu." -Budha

Itulah 50 kata motivasi untuk diri sendiri yang bisa kamu jadikan penyemangat untuk bangkit dan maju. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Single