50 Kata-Kata Ali bin Abi Thalib tentang Cinta dan Kehidupan

Penuh makna dan motivasi

50 Kata-Kata Ali bin Abi Thalib tentang Cinta dan Kehidupan

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Ali bin Abi Thalib merupakan sahabat Rasulullah SAW yang dikenal bijak dalam memberikan nasihat. Ali juga terlibat dalam berbagai peran besar sejak masa kenabian Nabi Muhammad SAW. 

Sepeninggal Rasulullah SAW, sahabat yang termasuk dalam golongan pemeluk Islam pertama ini kemudian diangkat sebagai khalifah setelah Abu Bakar, Umar, dan Utsman. 

Sosoknya yang penuh teladan membuat nasihat dan petuahnya masih terus relevan hingga saat ini. Agar menjadi motivasi sekaligus penyemangat, kata-kata Ali bin Abi Thalib berikut ini bisa kamu resapi. 

1. Kata-kata Ali bin Abi Thalib tentang cinta

Kata-kata Ali bin Abi Thalib yang pertama adalah tentang cinta. Ada kalanya kita mempertanyakan tentang apa itu cinta dan bagaimana cara mencintai seseorang. Untuk mendapatkan jawabannya, baca kata-kata berikut ini. 

  1. "Cintailah kekasihmu sekadarnya saja, siapa tahu ia akan menjadi musuhmu. Bencilah musuhmu sekadarnya saja, siapa tahu nanti ia akan menjadi kekasihmu." 
  2. "Kalau kamu bahagia dan mengingat seseorang, itu artinya kamu mencintai orang tersebut. Kalau kamu sedih dan mengingat seseorang, itu berarti orang tersebut mencintaimu." 
  3. "Cinta tak pernah meminta untuk menanti, karena cinta hanya mengambil kesempatan atau tentang merelakan." 
  4. "Orang cantik tidak selamanya orang baik, tetapi orang baik akan selalu cantik."
  5. "Yakinlah bahwa ada sesuatu yang menantimu setelah sekian banyak kesabaran yang kamu jalani, yang akan membuatmu terpana, sampai kamu lupa betapa pedihnya rasa sakit." 
  6. "Ada dua cara untuk menjalani hidup yang menyenangkan, entah itu di dalam hati seseorang atau di dalam doa seseorang." 
  7. "Berikanlah perhatian dan bersikap baiklah pada istrimu. Ia adalah bunga yang lembut, bukan budak rumah tanggamu." 
  8. "Tubuh dibersihkan dengan air, jiwa dibersihkan dengan air mata, akal dibersihkan dengan pengetahuan, dan jiwa dibersihkan dengan cinta."
  9. "Lebih mudah mengubah gunung menjadi debu dibandingkan menanamkan cinta di hati yang penuh kebencian." 
  10. "Jangan berhenti berdoa untuk yang terbaik bagi orang yang kamu cintai." 

2. Kata-kata Ali bin Abi Thalib tentang kehidupan

Kehidupan memang penuh dengan pembelajaran. Ada kalanya kita berada di titik paling tinggi, tetapi ada kalanya kita berada di titik terendah. Maka dari itu, kata-kata dari Ali bin Abi Thalib ini semoga bisa memotivasimu.

  1. "Jangan jelaskan tentang dirimu kepada siapapun. Sebab yang menyukaimu tidak membutuhkan itu dan yang membencimu pun tidak mempercayai itu." 
  2. "Jangan kau biarkan kesulitan membuatmu gelisah. Sebab bagaimanapun juga, hanya di malam paling gelap bintang-bintang terlihat lebih bersinar lebih terang." 
  3. "Orang yang penuh harap akan terus mencari, sedangkan orang yang penuh dengan ketakutan akan melarikan diri." 
  4. "Diam sampai kau diminta untuk berbicara lebih baik, daripada kamu terus berbicara sampai diminta untuk diam." 
  5. "Jangan kamu gunakan kefasihan bicaramu di hadapan ibumu yang dulu mengajarimu berbicara." 
  6. "Jangan sekali-kali kamu merasa malu memberi walaupun sedikit, karena tidak memberi sama sekali pasti lebih sedikit nilainya." 
  7. "Jagalah dirimu dari sifat marah. Sebab kemarahan itu dimulai dengan kegilaan dan diakhiri dengan penyesalan." 
  8. "Berilah ribuan kesempatan kepada lawan untuk menjadi kawan, tetapi jangan kau berikan satu pun kesempatan bagi kawan untuk menjadi lawan." 
  9. "Jika kamu jatuh miskin, berdaganglah dengan Allah yaitu dengan cara memperbanyak sedekah." 
  10. "Sebagian obat justru menjadi penyebab datangnya rasa penyakit, seperti sesuatu yang menyakitkan ada kalanya justru menjadi obat penyembuh." 
  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here