Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Alasan Perempuan Cerdas dan Pekerja Keras Itu Susah Ditaklukkan

Ini lho alasannya...

Fajar Laksmita Dewi

Perempuan dengan kecerdasan di atas rata-rata biasanya memang susah ditaklukkan. Ada semacam filter cukup ketat yang diperuntukkan pada setiap laki-laki yang mendekatinya. Di lain sisi, perempuan seperti ini memang pada dasarnya nggak memprioritaskan hubungan romantis dengan seorang laki-laki. Makanya, dia lebih memilih jadi single karena enggan membuang waktu percuma dengan seseorang yang nggak tentu bakal bersama. 

Selaras dengan hal ini, sebuah penelitian dari Personality and Social Psychology Bulletin menekankan bahwa perempuan cerdas cenderung memiliki kesulitan untuk menemukan pasangan. Lalu apa alasan di baliknya? Inilah beberapa jawabannya.

1. Menginginkan laki-laki dengan tingkat intelektual yang sepadan dengannya

Perempuan pintar bakal lebih nyambung saat berhadapan atau bercakap dengan laki-laki yang punya tingkat intelektualitas yang sama. Pada awalnya, dia bakal mencari tahu apakah lawan bicaranya itu punya pendidikan yang lebih tinggi atau lebih sukses darinya.

Hal ini cukup penting karena hubungan nggak akan terwujud dari dua orang yang nggak memiliki kendali seimbang dalam hal komunikasi. Itu jadi salah satu hal yang pertama kali dipikirkan, nggak ada dalam kamusnya tentang jatuh cinta atau semacamnya.

2. Hubungan romantis bukan prioritas utamanya

Pexels.com/Elina Sazonova

Sekarang bukanlah hal aneh ketika mendapati perempuan punya keinginan menikah di usia 30-an, bahkan di budaya timur seperti negara kita sendiri. Perempuan yang berani memililih karier dan impiannya semakin hari makin bertambah.

Itu yang membuat tipe perempuan ini lebih memfokuskan meraih cita-cita lebih dulu daripada fokus terbelah dengan hubungan pacaran atau terjebak hubungan dengan seorang laki-laki. Bagi perempuan cerdas, menjalin hubungan itu bukan hanya dilakukan dengan orang yang menurutnya tepat, tapi juga dalam waktu yang tepat. 

3. Nyaman dengan dirinya dan nggak memikirkan tanggapan orang soal statusnya

Perempuan kategori ini lebih menerima perubahan zaman dan berpikir untuk eksplorasi diri lebih dulu sebelum memutuskan hidup bersama dengan seseseorang. Dia nggak begitu memusingkan ketika ada pihak luar yang berusaha meragukan keinginannya untuk nggak menjalin hubungan spesial.

Dia tahu bagaimana bersikap mandiri dan hidup bahagia. Meski kadang mendapat tekanan dari luar perihal pernikahan, hal itu bakal dijawab dengan segala pencapaian yang telah diraihnya.

4. Cenderung skeptis, teliti, dan banyak pertimbangan dalam memilih pasangan

Pexels.com/rawpixel.com

Sudah jadi rahasia umum ketika perempuan cerdas punya sifat lebih pemilih perihal seseorang yang bakal jadi pasangan. Dia akan mempertanyakan segala hal dan sebisa mungkin untuk menemukan yang paling mendekati kriterianya. Setiap perempuan barangkali juga melakukan demikian, tapi perempuan cerdas lebih detail lagi. Itulah alasan yang membuatnya kerap dinilai terlalu pemilih sehingga kesulitan menemukan satu orang yang terbaik menurut versinya.

5. Lebih bebas menyampaikan pemikiran dan berani menerima risiko

Perempuan dengan kategori ini barangkali lebih bersifat intimidatif ketimbang perempuan pada umumnya. Mereka nggak segan memberikan penilaian atau pendapat mengenai suatu hal. Kalau laki-laki nggak bisa menyeimbangkan dengan sifat yang dominan ini, hubungan yang terjadi bakal lebih mudah mengalami gesekan atau perbedaan pendapat yang susah disatukan. Makanya, perempuan tipe ini memang lebih mungkin menghindari hubungan supaya hidupnya nggak terlalu dibatasi orang termasuk pacar.

6. Perempuan cerdas biasanya kurang memiliki sisi feminin

Pexels.com/rawpixel.com

Pada hubungan yang umum, laki-laki lebih mungkin menerima sisi feminin perempuan, begitu juga sebaliknya. Perempuan cerdas justru sebaliknya, bisa dibilang dia ini memiliki sisi maskulin yang cukup besar dan kurang terbiasa menunjukkan sisi femininnya. Cuma beberapa laki-laki tipe tertentu saja yang bisa mengimbangi dirinya.

Padahal, sebagian besar laki-laki bakal lebih menyukai perempuan yang bisa menunjukkan sisi feminin. Itulah kenapa perempuan tipe ini kadang susah menemukan laki-laki yang bisa memahami dirinya.

7. Nggak akan mencintai orang yang nggak menyukainya

Satu hal yang identik dengan perempuan cerdas adalah dia nggak mungkin mendekati atau mencintai orang yang nggak menyukainya. Dia bakal memastikan bahwa orang tersebut juga menyukainya dan mau menunjukkan perilaku spesial terlebih dahulu.

Dalam kamus perempuan tipe ini, akan sangat merugikan jika menyukai orang yang nggak memiliki pemikiran yang sama dengannya. Hal itu hanya akan membuang tenaga dan waktu percuma. Makanya, dia hanya memilih laki-laki yang memang tertarik dan ingin menjalin hubungan dengannya.

8. Bisa membuat dirinya bahagia tanpa bergantung pada orang lain

Pexels.com/I love Simple Beyond

Perempuan cerdas cenderung menganggap bahwa pacar atau hubungan spesial dengan lawan jenis bukan jadi tolok ukur dalam kebahagiaan. Dia sudah memiliki kehidupan menyenangkan tanpa perlu kehadiran teman kencan. Kalaupun punya obsesi, hal itu hanya akan digunakan untuk sesuatu yang krusial, seperti memperjuangkan masa depan. Dia sebenarnya juga penuh dengan energi positif dalam dirinya.

Setiap orang punya waktunya sendiri untuk memutuskan menghabiskan sisa hidup dengan seseorang. Jika kamu termasuk tipe perempuan seperti ini, selamat karena itu tandanya kamu berani menjadi diri sendiri, terlepas dari standar orang lain tentang hubungan pada umumnya.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "8 Alasan Kenapa Cewek Cerdas & Pekerja Keras Justru Susah Ditaklukkan"

IDN Media Channels

Latest from Single