Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tanda Kamu Orang yang Positif Lebih dari yang Kamu Pikirkan

Salah satunya banyak yang ingin berteman denganmu

Astri Amalia

Banyak orang yang menafsirkan bahwa menjadi orang yang positif berarti nggak pernah mengeluh sama sekali, selalu terlihat riang dan baik-baik saja, atau bahkan nggak pernah mengalami kesulitan dalam hidupnya sama sekali.

Nyatanya, pendapat tersebut sangatlah keliru dan bisa membuat seseorang merasa dirinya bukanlah orang yang positif. Sebab, orang yang positif juga manusia biasa. Mereka juga merasakan dan mengalami hal negatif. Hanya saja, mereka punya pandangan yang berbeda atas kejadian yang nggak menyenangkan dalam hidupnya.

Nah, kali ini Popbela akan membahas 7 tanda kamu orang yang lebih positif dari yang kamu pikirkan, dikutip dari laman A Conscious Rethink.

1. Kamu kerap mencari solusi

Freepik.com/karlyukav

Sebagai manusia biasa, kita akan selalu menghadapi berbagai permasalahan dalam hidup, nggak terkecuali dengan orang yang positif.

Menjadi orang yang positif berarti seseorang yang mampu bangkit dari kesulitan hidupnya.

Alih-alih terus berkubang dalam perasaan pesimistis, orang yang positif berani menghadapi permasalahan itu secara langsung dan berpikir untuk menemukan solusinya.

Ini bisa berarti meminta nasihat atau bantuan dari orang lain—jika memang diperlukan—untuk menyelesaikan permasalahan.

Jadi kalau kamu melihat tanda ini dalam dirimu, berarti kamu memang sosok yang lebih positif dari yang kamu pikirkan selama ini, Bela.

2. Berpikir bahwa kamu nggak bisa mengendalikan segala sesuatu

`Freepik.com/freepik

Faktanya, kita nggak bisa mengendalikan segala hal di dunia ini. Sebab, dunia memang tempat yang dipenuhi dengan ketidakpastian.

Kalau kamu adalah sosok yang positif, kamu bisa menerima bahwa kamu nggak bisa mengendalikan segala hal, termasuk setiap ujian yang datang dalam hidup.

Daripada sibuk berpikir untuk memiliki kendali, kamu memahami bahwa segala hal yang terjadi akan selalu ada hikmah positif yang mengiringi. Kamu percaya bahwa Tuhan memiliki rencananya sendiri dan kamu hanyalah bagian kecil dari yang Dia ciptakan.

3. Mampu melihat hal baik di antara hal buruk

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa hal buruk dalam hidupnya bisa terjadi. Tapi, jika kamu merupakan orang yang positif, kamu menyadari bahwa dari setiap keburukan yang muncul, pasti ada jutaan hal baik yang menyertainya.

Bukan berarti kamu selalu menyangkal hal buruk, tetapi kamu paham bahwa segala sesuatu terjadi sebagaimana mestinya, dan setelah langit mendung, pasti ada pelangi yang datang.

4. Fokus untuk menikmati hidup di masa sekarang

pexels.com

Kesulitan manusia modern saat ini adalah untuk hidup di masa kini. Pikirannya selalu melanglang buana ke masa lalu, ataupun ke masa depan. Padahal, sejatinya hidup adalah menkimati masa kini yang sedang di jalani.

Jika kamu mampu hidup di masa sekarang, dengan sedikit bahkan tidak mengkhawatirkan masa depan sama sekali, serta mampu memproses segala hal di masa lalu dan melepaskannya, itu berarti sebenarnya kamu orang yang lebih positif dari yang selama ini kamu pikirkan.

5. Selalu bersyukur

Freepik.com/freepik

Sering kali manusia sulit mensyukuri keberkahan yang kerap dianggap remeh, seperti halnya bangun tidur dengan perasaan nyaman, punya rumah untuk tinggal, hingga teman-teman yang baik.

Namun, kalau kamu adalah orang yang lebih positif dari yang kamu pikirkan, kamu akan mengingatkan diri untuk bersyukur.

Kamu paham bahwa hidupmu dilimpahi berkah yang luar biasa dan nggak menganggap remeh segala rezeki yang kamu miliki.

6. Menyenangkan untuk diajak berteman

Pexels.com/Kampus Production

Apakah banyak orang tertarik untuk berteman denganmu, Bela?

Jika jawabannya iya, sudah jelas bahwa kamu adalah orang yang lebih positif dari yang selama ini kamu pikirkan.

Secara otomatis, orang-orang tertarik pada energi positif dan sifat periangmu, dan kamu cenderung menginspirasi orang lain.

Orang-orang positif akan selalu menarik di mata orang lain. Maka, nggak heran jika banyak orang yang ingin kenal dan bahkan berteman dekat dengan mereka.

7. Punya empati yang tinggi

pexels.com/Thirdman

Berhenti mempertanyakan diri apakah kamu orang yang positif atau tidak, jika kamu memiliki empati yang tinggi. Sebab, jawabannya sangat jelas bahwa kamu adalah orang yang lebih positif dari yang kamu pikirkan selama ini.

Empati yang tinggi ini terwujud saat kamu kerap menawarkan bantuan, atau mendengarkan keluh kesah teman atau keluargamu ketika mereka sedang membutuhkannya.

Kamu juga kerap menunjukkan tindakan sederhana yang sebenarnya punya nilai yang amat positif, seperti tersenyum pada orang asing di jalan, atau menahan pintu untuk orang lain.

Itulah 7 tanda kamu orang yang lebih positif dari yang dipikirkan. Gimana, ada tandanya dalam dirimu nggak, nih?

IDN Media Channels

Latest from Single