Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bukti Self-Love, Jangan Pernah Minta Maaf untuk 10 Hal Ini

Penting untuk memprioritaskan diri sendiri

Anatasia Anjani

Terkadang, kamu sering meminta maaf terhadap sesuatu yang bukan menjadi kesalahanmu. Dari waktu ke waktu, kita sering terjebak dalam momen dan meminta maaf atas sesuatu tanpa berpikir dua kali.

Sebenarnya meminta maaf dengan tulus adalah tindakan yang baik, jika kamu benar-benar melakukan kesalahan. Kesalahan itu baik yang secara tidak sengaja saat menyakiti orang lain, misalnya mengucapkan sesuatu yang tidak menyenangkan, maupun kesalahan yang dilakukan secara sadar.

Namun ada kalanya kamu tak perlu minta maaf untuk mempertahankan hal-hal yang kamu miliki dan ingin pertahankan. Contohnya saja, di bawah ini, ada beberapa hal yang tak perlu membuat kamu merasa bersalah dan meminta maaf.

1. Jangan pernah meminta maaf karena menginginkan lebih

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam hidup, usahakan untuk selalu berani untuk mencoba hal-hal baru atau menginginkan sesuatu yang lain.

Dengan hasrat itu, kamu bisa menjadi lebih baik. Perlu diingat, menginginkan lebih bukan berarti tidak bersyukur, melainkan mendorong batas-batas dalam diri. Sesuatu yang baik pasti akan terjadi apabila kamu belajar mendobrak batasan diri.

2. Jangan pernah meminta maaf karena prioritasmu

pexels.com/andrea piacquadio

Kamu harus ingat, jangan pernah membiarkan orang lain membuatmu bersalah karena memprioritaskan sesuatu. Selalu jaga dan utamakan apa yang menjadi kepentinganmu. Jika hal itu penting, kamu tidak harus membuat orang lain mengerti apa yang menjadi prioritasmu.

3. Jangan pernah meminta maaf karena mengatakan "tidak"

Pexels/Alena Darmel

Nah, mungkin kamu pernah kesulitan untuk mengatakan tidak. Sebenarnya ini juga dipicu oleh budaya kita, yang sepertinya harus bisa selalu menerima.

Namun jika itu bertentangan dengan nilai-nilaimu atau membuat kamu tidak bahagia, kamu bisa dan boleh mengatakan "tidak". Alasannya kamu nggak punya kewajiban untuk memenuhi semua permintaan orang lain. Dengan melakukanya, dapat membuat hatimu menjadi lebih tenang.

4. Jangan pernah meminta maaf karena mempercayai instingmu

unsplash.com/Joanna Nix

Selalu percaya dan ikuti instingmu. Jika kamu memilih jalan yang berbeda dari orang lain, kamu tidak perlu minta maaf karena hal tersebut. Kamu harus mengejar potensimu, bahkan jika instingmu mengarahkan pada keputusan yang ‘salah’, setidaknya kamu telah mengikuti kata hatimu.

5. Jangan pernah meminta maaf atas opini pribadimu

Pexels.com/Rodnae Productions

Kamu berhak dan bertanggung jawab atas opini pribadimu, tidak ada yang dapat mengambil itu dari kamu. Jika kamu memiliki sudut pandang yang berlawanan dengan orang lain, jangan menyesalinya.

Meskipun terlihat dilematis, kamu harus belajar untuk mempertahankan apa yang menurutmu benar dan jangan hanya menyenangkan orang lain. Walaupun begitu, bukan berarti kamu menjadi keras kepala, tetap coba untuk berpikiran terbuka dengan melihat perspektif lain.

6. Jangan pernah meminta maaf karena menjadi diri sendiri

Freepik.com

Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing dan unik, untuk itu jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Tetaplah percaya dan jujur kepada diri sendiri, walaupun terkadang keunikanmu dianggap menyimpang dari orang lain, kamu tidak boleh minder, ya, Bela!

7. Jangan pernah meminta maaf karena berbuat salah

Pexels/ RODNAE Productions

Manusia adalah makhluk yang tidak sempurna, sehingga membuat kesalahan adalah hal yang wajar. Dengan membuat kesalahan, kamu dapat belajar dan move on. Jadi belajarlah dari kesalahan untuk menjadi individu yang lebih baik lagi.

8. Jangan pernah meminta maaf karena menerapkan batasan

unsplash.com/KingaCichewicz

Batasan sangat penting dibuat agar hubungan menjadi lebih sehat, dengan itu kamu juga menjadi akan menjadi lebih nyaman.

Membuat batasan bukanlah sebuah kesalahan dan jangan pernah meminta maaf karena melakukannya. Batasan akan mengajarkanmu untuk mengatakan "tidak" dan itu adalah hal yang perlu dilakukan agar hidupmu menjadi lebih tenang.

9. Jangan pernah meminta maaf karena perasaanmu

Pexels.com/Bela Cheers

Jangan pernah merasa bersalah karena perasaan yang kamu miliki, namun belajarlah untuk mengelolanya dengan baik. Kamu mungkin perlu meminta maaf karena tindakan atas perasaanmu, tetapi jangan meminta maaf karena merasa kecewa, marah, sedih, dan jujur terhadap perasaanmu, karena hal itu sangat berbeda.

10. Jangan pernah meminta maaf karena butuh waktu sendiri

Pexels.com/Tatiana Syrikova

Terlepas kamu seorang introvert, ekstrovert, atau bahkan ambivert, setiap orang membutuhkan waktu menyendiri untuk merefleksikan diri. Penting untuk menjaga ketahanan diri sendiri, dan hal itu bukanlah sesuatu yang harus dimintai maaf.

Nah itulah beberapa hal yang tidak perlu membuatmu merasa bersalah dan meminta maaf. Kalau versi kamu apa saja, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single