Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Agar Hubungan Lebih Bahagia, Hindari Melakukan 7 Hal Ini Saat Bercinta

Ada komunikasi, toleransi, dan emosi yang terlibat

Shelly Salfatira

Seks merupakan momen intim yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan kualitas hubungan bersama pasangan. Namun, jika 7 hal di bawah ini masih menjadi bagian dari aktivitas bercintamu, ada baiknya untuk segera diperbaiki untuk membuat keromantisan antara kamu dan dia jadi lebih baik dan berkualitas.

1. Malu berbagi fantasi

jessyherman.com

Ian Kerner, PhD mengatakan bahwa banyak laki-laki dan perempuan tidak mendapatkan kepuasan seks karena tak pernah benar-benar berbagi tentang apa yang diinginkan bersama pasangan. Konsultan seks sekaligus psikoterapis tersebut menyarankanmu untuk mulai terbuka dengan pasangan melalui komunikasi yang nyaman dan konstruktif.

Namun di sisi lain, ingat bahwa mencoba hal-hal baru juga memerlukan kenyamanan bagi dua belah pihak sehingga tak ada salah satu antara kamu dan pasangan yang merasa keberatan. 

2. Membawa stres lainnya ke atas ranjang

Kalau urusan kantormu tak berjalan baik, ada konflik dengan seorang sahabat, perihal bisnis terhambat, dan lain-lain, pastikan kamu menanggalkan semua stres tersebut di luar rumah apalagi ranjang.

Beberapa studi menunjukkan bahwa orang-orang, terutama perempuan, harus benar-benar rileks dan merasa tak terbebani untuk bisa merasakan gairah. Selain itu, memiliki fantasi seks juga ternyata dapat membantumu untuk menghilangkan stres. 

3. Berkutat dengan handphone

philchester.com

Walau sangat mengesalkan dan merusak suasana hati pasangan, masih saja ada orang-orang yang membagi fokusnya dengan handphone saat sedang bercinta. Hal ini tak hanya mengganggu ritme dan momentum aktivitas seks yang dilakukan, tetapi juga membuat pasanganmu merasa tak dihargai karena kamu tak dapat menjadikan dia sebagai prioritas tertinggi. 

4. Membiarkan rasa sakit

Seperti yang disampaikan oleh Dr. Kerner, beberapa orang mengalami rasa sakit pada bagian tertentu tubuhnya saat bercinta. Hal ini tak hanya sebatas asumsi atau imajinasi, tetapi juga sangat mungkin didasari oleh kondisi seperti kurangnya lubrikasi, perubahan kadar hormon, posisi yang kurang pas, dan sebagainya. Agar kamu dan pasangan sama-sama mendapat kenikmatan dari olahraga asyik yang satu ini, selalu lakukan komunikasi yang baik.

5. Fokus pada orgasme

philchester.com

Menjadikan orgasme sebagai tujuan dari seks dapat menurunkan keseluruhan nilai pengalaman bercinta yang dilakukan. Pasalnya, beberapa perempuan khususnya, membutuhkan waktu lebih lama dan usaha lebih besar untuk mencapai orgasme dibandingkan laki-laki.

Hal ini bukan berarti seks yang dialami tidak menyenangkan, melainkan karena memang kondisi fisik yang menjadikannya demikian. Karenanya, bila terburu-buru untuk selalu mencapai 'big O', seks biasanya akan tak terasa begitu berkesan.

6. Terpaku pada frekuensi

Walau studi menunjukkan bahwa beberapa kali seks dalam seminggu membuat orang jadi lebih bahagia dibandingkan mereka yang bercinta hanya sekali dalam seminggu, jangan menjadikannya sebagai beban. Beberapa orang pun, termasuk kamu barangkali, memiliki beberapa  tantangan untuk bercinta lebih banyak bersama pasangan.

Namun sebagai gantinya, kamu dan dia dapat 'menebusnya' dengan melakukan berbagai aktivitas romantis lainnya, seperti dengan memberi pijatan setelah hari yang panjang, mandi bersama, dan sebagainya.

7. Memberi komentar destruktif

Freepik.com/Freepik

Fisik merupakan topik yang cukup personal dan sensitif sekali pun kamu dan pasangan telah lama menjalin hubungan. Terlebih lagi ketika bercinta tanpa busana, memperlihatkan keseluruhan bagian tubuh merupakan momen yang cukup menantang sekaligus membuat rapuh bagi seseorang.

Tak hanya perempuan yang merasa minder dengan ukuran payudara, tumpukan lemak, wajah tak semulus selebritas, dan sebagainya, laki-laki juga dapat merasa hal serupa seperti keresahan tentang ukuran penisnya. Untuk itu, berhati-hatilah dalam memberikan komentar terhadap tubuh pasangan sebab dapat menurunkan kepercayaan dirinya, baik di luar maupun dalam urusan ranjang.

Pada dasarnya, seks bukanlah sebatas hubungan fisik belaka yang tak berhubungan dengan hal-hal lainnya kecuali skill di atas ranjang. Seks justru merupakan sebuah kesatuan antara emosi, toleransi, kompromi, dan komunikasi yang sangat menentukan bagaimana mengesankan dan menyenangkannya bercinta dengan si dia.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Hindari Melakukan 7 Hal Ini Saat Bercinta untuk Hubungan Lebih Bahagia"

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Sex