Salah satu hal ingin diraih ketika seseorang bercinta adalah sebuah kenikmatan, kemudian kepuasan. Tujuan akhir tersebut bisa tercipta melalui hubungan seks yang sehat, di mana masing-masing dari kalian saling menikmatinya. Namun, bagaimana mungkin kamu bisa mendapatkannya bila diam-diam masih saja merasa tidak enak dengan hal-hal berikut ini?

1. Menempatkan kenyamanananmu sebagai hal utama

Seks nggak semestinya dilakukan dengan paksaan apa pun yang menyebabkanmu merasa nggak nyaman. Kalau kamu merasa nggak 'sreg' dengan yang diminta pasangan atau bahkan sekadar sedang nggak mood untuk bercinta, tak apa untuk menolak dengan cara yang tak menyinggung.

2. Mempertimbangkan kesenanganmu sebagai prioritas

Tak Perlu Dipikirkan, 12 Hal Ini Wajar Terjadi Saat BercintaUnsplash.com/Jeremy Bishop

Baik laki-laki maupun perempuan, masing-masing berhak untuk mendapat kesenangan saat melakukan hubungan seks. Untuk mendapatkannya, tentu komunikasi yang baik perlu untuk dilakukan.

3. Lenguhan dan ekspresi saat bercinta

Saat benar-benar menikmati seks, lenguhan dan ekspresi wajah semestinya tak perlu lagi menjadi hal yang perlu kamu risaukan dan justru jadi membuatmu tak fokus dengan kenikmatan seks itu sendiri. Toh hal ini menjadi sensasi tersendiri dan dapat membantu pasangan untuk mengetahui apakah mereka sudah melakukan hal yang benar atau nggak.

4. Merasa malu bila yang kamu lakukan tak sesuai dengan harapan

Kamu tentu juga ingin menyenangkan pasangan saat di atas ranjang. Kamu pun mungkin akan mencoba bereksplorasi untuk mewujudkannya dan hei, ini nggak salah. Bila ternyata yang kamu lakukan kurang berhasil, kamu tak perlu malu. Pssst... lagi pula kamu nggak sendiri bila mengalami hal ini, kok!

5. Nggak mencapai orgasme

Tak Perlu Dipikirkan, 12 Hal Ini Wajar Terjadi Saat BercintaInstagram.com/Jan Zhukov

Perlu kamu pahami, seks nggak hanya soal orgasme. Jadi saat kamu nggak mencapai orgasme tetapi sangat menikmati pengalaman seks yang dilakukan, tak perlu merasa bersedih atau tak enak terhadap pasangan. 

6. Butuh stimulasi lain untuk mencapai orgasme

Ehm, terutama pada perempuan yang memang cenderung lebih susah dalam mencapai orgasme, membutuhkan stimulasi lain selain penetrasi sesungguhnya adalah hal wajar. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, seperti lebih merangsang bagian klitoris, melakukan fantasi yang disimpan, dan lain-lain. Agar lebih nyaman, komunikasikan dengan pasangan, ya.

7. Nggak menginginkan jenis seks lainnya

Di saat orang lain dan berbagai referensi lain menyarankan untuk mencoba bereksperimen dengan beragam posisi dan sebagainya, kamu tak perlu mengikutinya, kok. Nggak ada yang salah bila kamu lebih menyukai dan setia dengan satu jenis saja. Sebab, itu artinya kamu cukup mengenal diri sendiri dengan baik.

8. Nggak tahu dengan apa yang dilakukan

Tak Perlu Dipikirkan, 12 Hal Ini Wajar Terjadi Saat BercintaUnsplash.com/Becca Tapert

Di sisi lain, ada pula orang-orang yang masih cukup awam dan nggak benar-benar tahu dengan apa yang dilakukan. Sebagai hasilnya, mereka akan terus bereksplorasi dan bereksperimen. Bila kamu termasuk dalam kategori ini pun, tak perlu merasa bersalah, malu, atau berbagai emosi negatif lainnya, ya.

9. Berfantasi

Suka diam-diam memikirkan skenario tertentu untuk membuatmu mencapai puncak? Nggak masalah. Setiap orang juga punya rahasia kecil ini.

10. Ingin seks cepat berakhir karena perlu untuk melakukan sesuatu

Kendati seks adalah hal yang menyenangkan, adakalanya kamu masih saja kepikiran dengan tugas-tugas lainnya. Sesekali melakukan hal ini bukanlah masalah. Namun bila terlalu sering, tentu pasanganmu pun akan tak nyaman atau bahkan tersinggung. Bila memang sedang nggak bisa melakukannya dengan maksimal, akan lebih bijak bila sejak awal kamu menyampaikannya.

11. Membutuhkan lubrikasi

Tak Perlu Dipikirkan, 12 Hal Ini Wajar Terjadi Saat BercintaUnsplash.com/Malvestida Magazine

Kondisi yang kurang basah tak akan membuat seks jadi semenyenangkan yang diharapkan. Dalam kondisi ini, lubrikasi tentu menjadi hal yang akan kamu butuhkan. Namun bila 'kekeringan' ini terjadi secara terus-menerus, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapat diagnosis dan perawatan yang tepat.

12. Mengungkapkan apa yang kamu inginkan

Bagi perempuan umumnya, berterus terang terhadap kebutuhan dan keinginan seksual terhadap pasangan kerap menjadi momok tersendiri. Padahal, dipendam lebih lama tak akan menyelesaikan masalah dan justru membuatmu semakin menderita, kan? Jadi, satu-satunya solusi untuk keluar dari isu ini adalah berkomunikasi dengan pasangan.

Jadi, hal apa saja yang kerap membuatmu diam-diam merasa tak enak saat bercinta?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Kamu Tak Perlu Merasa Tidak Enakan dengan 12 Hal Saat Bercinta Ini ya!"

Baca Juga: Pernah Menangis Saat Berhubungan Seks? Ini 7 Alasannya