Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Inilah Ukuran Payudara Wanita dan Ukuran Penis Pria di Dunia

Tidak ada ukuran yang pasti.

Raizza Monik Setiawanti

Tidak bisa dipungkiri, ukuran penis dan payudara sering kali dijadikan patokan oleh beberapa orang. Entah itu berkaitan dengan kegiatan seksual maupun untuk sekadar mendukung penampilan. Hal ini juga yang sebenarnya masih menjadi perdebatan berbagai pihak.

Selain karena tidak adanya indikator yang jelas mengenai ukuran normalnya, setiap negara juga memiliki ukuran rata-ratanya sendiri. Seperti yang digambarkan dalam grafik peta di laman Daily Mail di bawah ini.

Peta tersebut membandingkan ukuran payudara wanita dan ukuran penis pria di dunia. Seperti apa penjelasannya? Simak, yuk!

1. Ukuran payudara wanita di berbagai dunia

dailymail.co.uk

Dari pemetaan gambar, terlihat pembagian ukuran payudara berbagai negara berdasarkan warnanya. Warna merah untuk ukuran payudara lebih dari cup D, lalu jingga cup D, kuning cup C, biru cup B dan hijau cup A. Berikut ini paparan jelasnya:

  • Ukuran payudara rata-rata terbesar (lebih dari ukuran cup D) dimiliki oleh wanita dari negara Rusia, Swedia, Norwegia dan Finlandia.
  • Lalu, ukuran cup D ada di negara Amerika Serikat, Kolombia, Venezuela, Jerman, Islandia, Denmark, Hongaria, dan Swiss.
  • Untuk negara Australia, Prancis, Italia, Irlandia Utara, Kanada dan Inggris memiliki ukuran payudara cup C.
  • Sedangkan yang terkecil ada di Negara Afrika dan Asia, termasuk Indonesia dengan mayoritas memiliki ukuran payudara cup A atau B.

2. Penyebab perbedaan ukuran payudara wanita di dunia

goodhousekeeping.com

Jika dilansir dari worddata.info, ternyata ada berbagai alasan yang mendasari ukuran cup payudara ini, terutama yang berukuran kecil seperti Afrika dan Asia. Salah satu penyebab yang cukup sering disebutkan adalah faktor genetik.

Wanita di kedua benua tersebut umumnya memiliki postur yang lebih kecil dan ringan dibanding benua lainnya. Rata-rata wanita di Asia tenggara memiliki tinggi sekitar 1,53 m dan berat kurang dari 55 kg. Sedangkan di Afrika Tengah, wanitanya rata-rata memiliki tinggi kurang dari 1,60 m dan berat kurang dari 60 kilogram. Hal inilah yang mengarah pada koneksi ke payudara yang secara logis lebih kecil dengan proporsi tubuh yang sama.

Selain itu, kondisi iklim juga diasumsikan menjadi salah satu penyebab perbedaan ukuran payudara. Di daerah yang panas, tubuh mengonsumsi energi dalam jumlah yang lebih besar untuk mendinginkan diri dan menjaga keseimbangan fungsi tubuh. Sedangkan payudara sebagian besar terdiri dari jaringan lemak. Jika energi dengan cepat ditarik dari tubuh, maka tidak ada jaringan lemak yang dapat terbentuk.

3. Ukuran penis pria di dunia

dailymail.co.uk

Selanjutnya, masih mengacu pada peta yang dilansir Daily Mail, ukuran rata-rata penis berbagai negara juga terbagi atas kode warna. Merah untuk yang terbesar, di posisi kedua berwarna jingga, kuning bagian tengah, hijau muda, dan terkecil hijau tua. Berikut ini pembagian jelasnya:

  • Posisi pertama, dimiliki oleh laki-laki di negara Afrika Barat seperti Gabon dan Kongo dengan rata-rata ukuran lebih dari 16 cm.
  • Kedua, ada Australia, Meksiko, Norwegia, Italia dan Swedia yang memiliki panjang penis rata-rata lebih besar dari 14,7 cm.
  • Selanjutnya, Amerika Serikat, Prancis, Jerman, dan Inggris berada di kelompok tengah dengan ukuran penis khas berkisar antara 12,9 dan 14,7 cm.
  • Lalu, Rusia, Jepang, Brasil dan Indonesia memiliki rata-rata ukuran penis 10,5 sampai 12,9 cm.
  • Sementara di posisi terakhir ada negara India, Thailand, dan Korea Selatan yang hanya memiliki rata-rata ukuran penis 9,3 cm sampai 10,5 cm.

Di samping hasil pemetaan di atas, King's College London dan NHS melakukan sebuah penelitian terhadap lingkar penis dari 15.521 pria di 20 proyek di seluruh dunia. Hasilnya, 5,16 inci adalah panjang rata-rata penis saat ereksi dan 3,67 inci saat normal atau lemas.

4. Berapa ukuran penis 'normal' atau rata-rata pada pria?

unsplash.com/Dainis Graveris

Berbicara ukuran penis normal, sebenarnya tidak ada tolak ukur dan patokan pasti yang menyebutkannya. Beberapa penelitian pun menunjukkan hasil yang berbeda-beda. 

Dikutip dari Medical News Today, tinjauan tahun 2014 melihat pengukuran yang dilakukan oleh profesional kesehatan dari 15.521 pria berusia 17 tahun ke atas. Pengukuran itu menunjukkan hasil sebagai berikut:

  • Panjang penis lembek: 9,16 cm (3,6 in) saat diregangkan
  • Lingkar penis lembek: 9,31 cm (3,66 in)
  • Panjang penis ereksi: 13,12 cm (5,16 in)
  • Lingkar penis saat ereksi: 11,66 cm (4,59 inci)

Sedangkan dari laman National Health Service, disebutkan bahwa ukuran penis pria akan berkembang di usia pubertas yakni 11-18 tahun, dan berhenti tumbuh di usia 21 tahun. Lalu, rata-rata pria memiliki penis berukuran 9 cm saat keadaan lemas, dan panjang penis saat ereksi bisa bervariasi, sekitar 13-18 cm.

Sama halnya dengan payudara, ukuran penis yang berbeda juga disebabkan oleh berbagai keadaan, salah satunya faktor fisik yaitu tinggi badan. Semakin tinggi postur tubuh laki-laki, maka semakin besar juga ukuran penis yang dimiliki.

5. Apakah ukuran penis dan payudara itu penting?

unsplash.com/wevibe

Setelah mengetahui ukuran payudara wanita dan ukuran penis pria di dunia, lantas pertanyaannya adalah apakah keduanya penting? 

Dikutip dari dari GQ Magazine, ada sebuah penelitian terhadap ukuran penis "pilihan" wanita. Hasilnya menunjukkan wanita lebih menyukai penis dengan lingkar dan panjang yang sedikit lebih besar (panjang = 6,4 inci atau 16, 2 cm, lingkar = 5,0 inci atau 12,7 cm) dibandingkan penis pasangan yang berukuran panjang = 6,3 inci atau 16 cm dan lingkar = 4,8 inci atau 12,1 cm.

Lalu, laman Healthline juga menyebut bahwa ukuran penis sering kali menjadi faktor di balik rasa cemas dan tidak percaya diri seorang laki-laki. Hal ini yang kemudian bisa berlanjut pada kepuasan seksual, ditambah lagi dengan faktor lamanya ereksi.

Di lain sisi, untuk ukuran payudara juga tidak jauh berbeda. Ukuran payudara memainkan dampak luar biasa pada harga diri seorang wanita. Rasa ketidakpuasan dengan ukuran payudara juga dapat memengaruhi kesehatan mental wanita.

Ada sebuah studi canggih menggunakan model uji 3D berputar yang menampilkan tubuh wanita. Di antara lima kategori ukuran payudara yang berbeda, sepertiga pria menilai ukuran sedang sebagai yang paling menarik. Hanya seperempat yang menyukai payudara besar dan hanya satu dari 10 yang menyukai payudara yang sangat besar.

Itulah tadi penjelasan lengkapnya mengenai ukuran payudara wanita dan ukuran penis pria di dunia. Jadi, kesimpulannya, jika berkaitan dengan penampilan sebenarnya kedua ukuran ini cukup penting, namun untuk kepuasan seksual sebagian besar mereka tidak terlalu mempedulikannya.

IDN Media Channels

Latest from Sex