Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Membersihkan Sex Toys yang Tepat Sesuai Bahannya, Sudah Tahu?

Nggak kalah penting dari cara pakainya

Anisya Fitrianti

Apakah kamu pengguna sex toys, Bela? Alat ini memang bisa memberikan kamu sensasi lain dalam sesi bercinta, baik sendiri maupun bersama pasangan. Selain perlu tau cara menggunakannya. kamu juga perlu tau cara membersihkan alat ini karena bila tidak kamu justru bisa terkena berbagai penyakit kelamin seperti infeksi jamur atau virus. Kalau kamu masih bingung soal cara membersihkan sex toys sesuai bahannya, simak ulasannya di bawah ini ya! 

Perhatikan jenis sex toys

pexels.com/id-id/@shvetsa

Sebelum kamu membersihkan sex toys miilikmu, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memerhatikan jenis sex toys yang kamu punya. Apakah sex toys yang kamu punya dioperasikan dengan listrik atau tidak? Lalu, kenali juga bahan sex toys yang kamu miliki. Apakah terbuat dari bahan latex, plastik, atau kaca? Pasalnya setiap bahan punya cara perawatan yang berbeda lho. 

Membersihkan sex toys yang dilengkapi listrik

Pexels.com/Anna Shvets

Sex toys yang dioperasikan dengan listrik, memiliki mesin di dalamnya, untuk itu kamu tidak boleh merendamnya di dalam air. Cukup bersihkan alat ini menggunakan sabun dan lap basah. Pilih juga sabun yang tidak memiliki scrub di dalamnya. Cukup dengan sabun lembut, ya, Bela. Saat dibersihkan, pastikan juga air tidak mengenai bagian mesin. 

Kemudian keringkan dengan handuk. Tunggu sampai benar-benar kering secara alami oleh angin. Sebelum membersihkan alat ini, pastikan juga kamu sudah melepas baterai di dalamnya. 

Membersihkan sex toys berbahan elastis

Pexels.com/Anna Shvets

Sebagian besar sex toys terbuat dari bahan elastis seperti lateks, karet, atau bahan yang terasa seperti kulit. Bahan ini dapat meregang dan membuatnya memiliki "pori-pori" yang bisa menjadi sarang bakteri, kuman, atau virus, sehingga sex toys berbahan ini memiliki perawatan yang lebih ekstra dan harus segera dibersihkan setelah digunakan.

Cara membersihkannya adalah dengan membasuhnya menggunakan sabun dan air hangat. Namun jangan menggunakan terlalu banyak sabun, pasalnya sabun dapat merusak bahan dan tekstur asli dari sex toys. Bersihkan juga secara teliti karena kuman dan kotoran mudah terselip pada bahan yang elastis. Setelah benar-benar bersih, keringkan dengan handuk bersih dan simpan di tempat sejuk. 

Membersihkan sex toys berbahan kaku

pexels.com/id-id/@shvetsa

Sementara bila kamu memiliki sex toys yang terbuat berbahan kaku seperti kaca, logam, atau plastik ABS (plastik keras) kamu bisa membasuhnya dengan air. Bahan kaku ini juga disebut sebagai bahan yang tidak berpori sehingga tidak akan ada bakteri atau virus yang terjebak di dalamnya. Kotoran hanya akan menempel di bagian luar. 

Cara membersihkan sex toys jenis ini adalah dengan membasuhnya menggunakan sabun dan air hangat. Namun, pilih sabun yang lembut dan bahan keras lainnya. Pastikan juga sabun bebas dari bahan pewangi karena pewangi dapat mengiritasi vagina dan keseimbangan pH. 

Khusus sex toys berbahan logam atau kaca yang tidak bermesin, kamu juga bisa merebusnya selama 3-4 menit agar lebih steril, terutama bila kamu menggunakannya secara bersama dengan pasangan. 

Tips menjaga kebersihan sex toys

pexels.com/id-id/@dainis-graveris

Selain harus segera dibersihkan setelah pemakaian, sex toys juga perlu disimpan dengan rapi. Jangan sampai kamu letakkan begitu saja di kasur, ya. Meletakkannya sembarangan dapat membuat debu, serat, atau benda lain menempel. Sebaiknya tempat khusus yang tertutup rapat untuk menyimpan alat ini. Sebagian dokter juga menyarankan untuk tetap membersihkannya sebelum digunakan supaya lebih aman.

Nah, Bela sekarang sudah tahu kan cara membersihkan sex toys dengan tepat? Jangan sampai lupa untuk membersihkannya baik sebelum maupun sesudah sesi bercintamu dimulai. Ingat, ada banyak risiko penyakit yang muncul kalau kamu nggak membersihkan sex toys dengan benar. 

IDN Media Channels

Latest from Sex