Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Curhat Pilu Mawar AFI Soal Rumah Tangga, Bahas Perlakuan Baby Sitter

Stay strong, Mawar!

Windari Subangkit

Permasalahan rumah tangga Mawar 'AFI' dan mantan suaminya, Steno Ricardo, masih terus menjadi perbincangan publik sampai saat ini. Steno diduga telah berselingkuh dengan mantan baby sitter anaknya, Susi Latifah. Pasalnya, mereka tiba-tiba melangsungkan pernikahan hanya satu bulan setelah Steno resmi diputus bercerai dengan Mawar.

Lelah terus-menerus dihujat oleh netizen, Steno pun sempat membuat klarifikasi di akun Instagramnya. Ayah tiga anak ini membantah telah berselingkuh dengan Susi saat masih dalam pernikahan dengan Mawar. Steno juga mengatakan alasannya menikahi Susi lantaran ia butuh sosok istri yang bisa "patuh kepada suaminya" dan dekat dengan anak-anaknya. 

Setelah klarifikasi tersebut diunggah, Mawar kemudian ikut meluruskan pemberitaan yang sudah semakin membesar ini. Hal tersebut ia ungkapkan bersama sahabat lamanya, Ruben Onsu, dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube The Onsu Family. Berikut Popbela telah merangkum poin-poin penting tentang curhatan Mawar 'AFI' soal kisruh rumah tangganya.

1. Dikabari mantan suami seminggu sebelum menikah lagi

Instagram.com/mysamawar

Meski sudah bercerai, Mawar mengaku masih tetap berhubungan baik dengan Steno demi anak-anak mereka. Ia mengaku dihubungi Steno dan mengabarkan bahwa sang mantan suaminya akan menikah lagi. Hal tersebut disampaikan Steno pada 14 Februari 2022 atau tepatnya seminggu sebelum pernikahan. Ia pun mengaku rela mantan suaminya menikah lagi dalam waktu dekat.

"Lillahi ta'ala, saya betul-betul rela. Kenapa? Karena saya mengenal siapa mantan suami saya. Hampir 10 tahun pernikahan, saya tahu bagaimana mantan suami saya kesehariannya. Saya cuma mikirin alhamdulillah berarti walaupun tidak ada saya, akan ada sosok yang menggantikan saya yang bisa ngurus dia."

2. Kaget saat tahu Steno menikahi mantan baby sitter

Instagram.com/mysamawar

Awalnya, Mawar memberikan ucapan selamat dan rasa syukur, karena mantan suaminya bisa segera menikah lagi. Namun, ia langsung kaget saat mengetahui bahwa Steno menikahi mantan baby sitter anak mereka, Susi Latifah. Mawar mengaku tidak pernah terbersit di pikirannya bahwa Susi yang akan menjadi ibu sambung anak-anaknya. 

"Di situ jujur perasaan saya campur aduk. Ada sedikit rasa terkhianati karena saya berpikir, mereka menikah saya baru ketok palu kemarin. Kapan mereka dekatnya? Selama ini saya menganggap wanita itu seperti adik sendiri."

3. Marah karena dibandingkan soal mengurus anak

Instagram.com/mysamawar, neymakeup

Mawar mengaku rela jika mantan suaminya menikah lagi. Hanya saja yang membuatnya keberatan karena Steno menikah dengan Susi, yang menurutnya, bahkan tidak bisa dekat dengan anak-anaknya saat masih menjadi baby sitter.

Mawar pun emosi saat Steno membandingkan dirinya dan Susi, kemudian menyebut bahwa sang mantan baby sitter dinilai lebih telaten daripada Mawar. Ia tidak terima karena kenyataannya si baby sitter sering izin off sejak awal bekerja. Tak hanya itu, anaknya yang nomor tiga juga sangat tidak bisa dekat dengan sang baby sitter.

"Saya yang melahirkan, menyusui mereka siang dan malam, itu bisa digantikan dengan orang yang baru datang satu bulan kerja off, masuk bulan berikutnya off, lalu cuma 2 minggu. Gimana bisa saya dikalahkan dengan yang begitu, ada pernyataan itu yang bikin saya marah."

4. Dapat rekomendasi baby sitter itu dari sang suami

Instagram.com/mysamawar

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Akademi Fantasi Indosiar ini juga mengatakan bahwa baby sitter itu merupakan rekomendasi dari Steno. Mawar pun meminta Susi untuk menjadi baby sitter yang tugasnya menemani anak-anaknya bermain. Sebab, Mawar jugalah yang tetap memandikan dan menyiapkan makanan untuk ketiga anaknya.

"Mantan suami saya itu bilang, tukang cukurnya dia punya tetangga, anak umur 22 tahun ingin kerja. Kerja apa aja yang penting nggak di kampungnya."

5. Sang baby sitter lalai saat mengasuh anak

Instagram.com/mysamawar

Mawar juga mengungkapkan kinerja Susi selama jadi baby sitter anak-anaknya. Ia mengatakan bahwa Susi sering minta izin tidak bekerja selama berbulan-bulan. Tak hanya itu, baby sitter-nya juga lalai saat mengasuh anak, bahkan sampai berisiko membahayakan nyawanya.

"Yang paling membuat saya meradang, anak saya yang nomor tiga, hidungnya kemasukan mute. Itu yang bola kecil dari plastik di kalung-kalung, masuk ke dalam hidung. Saya pikir rongga hidungnya bengkak aja, pilek. Yang saya agak syok itu karena dokternya bilang kalau misalnya itu mute nggak nyangkut, bisa masuk laring, paru-paru, dan operasi. Itu cuma karena kelalaian satu orang."

6. Sikap tak biasa dari suami dan baby sitter-nya

Instagram.com/mysamawar

Saat masih tinggal serumah, Mawar ternyata sering memergoki sikap aneh Susi. Sang baby sitter sering pergi berduaan dengan Steno dengan dalih mengantar anak-anak. Awalnya Mawar tak pernah berpikiran negatif melihat kedekatan mereka, apalagi ia sudah menganggap baby sitter-nya seperti adiknya sendiri.

"Pernah ada satu waktu anak saya latihan basket, saya udah siap-siap ganti (baju) terus suami saya bilang, 'Udah kamu di rumah aja, kamu kurang tidur, biar Teteh (Susi) aja yang nemenin'. Pernah juga satu waktu mereka pergi berdua, anak saya nggak ikut karena belanja bulanan."

Tak hanya itu, Susi juga pernah kedapatan berada di dekat Steno saat ia sedang tertidur di sofa dekat TV. Meski merasa aneh, Mawar tidak mau ambil pusing dengan tingkah laku baby sitter-nya itu. Namun, Mawar juga mengetahui bahwa Susi lebih sering berkomunikasi dan curhat dengan suaminya dibandingkan dengan dirinya.

7. Baby sitter cemburu pada Mawar

Instagram.com/mysamawar, neymakeup

Setelah Steno menikah dengan Susi, Mawar baru menyadari gerak-gerik aneh yang dilakukan oleh mantan baby sitter-nya itu. Bahkan, Susi diduga pernah merasa cemburu pada Mawar karena diperhatikan oleh Steno saat sedang sakit. Padahal, saat itu Mawar masih berstatus sebagai istri sah Steno.

"Pernah saya waktu itu sakit dan saya dipapah sama mantan suami saya ke kamar mandi. Dia seperti ngomel, 'Ibu manja banget, sakit gitu aja digendong-gendong sama bapak'. Lah, kan itu suami saya, Neng. Kalo mau suudzon-nya tuh jangan-jangan waktu itu tiba-tiba mau pulang jam 11 malam mungkin karena nggak tahan, saya dan mantan suami itu terlalu romantis."

8. Kondisi psikis anak-anak ikut terganggu

Instagram.com/susisltfh__

Mawar mengaku kecewa dengan sikap Steno, karena dinilai tidak memikirkan perasaan anak-anaknya saat menikah lagi. Mawar bahkan tak kuasa menahan air mata saat anak bungsunya bertanya mengapa ayahnya bermesraan dengan mantan baby sitter-nya. 

Tak hanya itu, anak sulung Mawar juga marah dan merasa malu saat melihat video ayahnya menggendong Susi di hari pernikahan mereka. Seakan paham dengan perasaan Mawar yang sudah dikhianati, putra sulungnya itu pun sempat memberikan pelukan serta dukungan agar tidak sedih lagi. Momen itu membuat hati Mawar hancur. Ia khawatir kondisi mental anak-anaknya terganggu karena pernikahan Steno dan Susi.

"Ketika video (pernikahan) itu muncul, anak saya bilang, 'Bu, saya sangat malu dengan videonya Diddy'. Yang lebih parah dia itu nyamperin saya tiba-tiba di kamar, peluk saya dan bilang, 'Ibu, please don't be sad, everything will be fine". Dia peluk saya. Saya coba tahan air mata saya. 'Everything will be fine ya, Bu. It's okay, ada aku'. Saya sampai mikir, anak saya tuh anak yang manja, kok bisa sampai ngomong begini. Itu saya langsung ngomong sama bapaknya, saya bilang, 'Anak kamu ngomong gini, lho, sama saya. Kamu nggak kasian? Telepon aja, ngomong sama anaknya'. Dia nggak ngelakuin itu. Itu yang bikin saya tambah marah."

9. Mawar perjuangkan hak asuh anak

Instagram.com/mysamawar

Di akhir pembicaraan, Mawar mengatakan bahwa saat ini ia sudah tidak peduli lagi dengan pernikahan Steno dengan Susi. Sebab, yang lebih penting menurutnya adalah soal kondisi psikis anak-anaknya. Tak hanya itu, Mawar juga kini tengah memperjuangkan agar hak asuh serta hak perwalian ketiga anaknya jatuh kepada dirinya.

"Saat ini saya belum merasa secure dengan papanya. Ini masalahnya anak-anak. Terserah soal pernikahan, saya nggak urus, terserah. Tapi, yuk, kita sama-sama benahin ini buat anak. Saya memang sedang memperjuangkan hak asuh dan hak perwalian itu full di saya dan saya ingin itu ke pengadilan supaya hierarkinya paling tinggi, itu tidak bisa digugat lagi. Saya inginnya udah (hak asuh anak-anak) sama saya aja, full. Percayain aja ke saya, dari dulu juga saya yang pegang, kok."

IDN Media Channels

Latest from Married