Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Alami KDRT, 8 Artis Ini Pilih Tak Penjarakan Suaminya

Memilih untuk memaafkan atau bercerai

Puspita Ramadhani

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) masih menjadi salah satu konflik yang sering ditemukan dalam biduk rumah tangga. Meskipun hal ini sering terjadi dalam rumah tangga dengan ekonomi menengah ke bawah, namun KDRT juga bisa terjadi pada kelas ekonomi atas. 

Seperti yang dialami oleh beberapa selebriti Tanah Air ini yang pernah mendapatkan kekerasan dari sang suami. Meskipun sangat memungkinkan untuk melaporkannya sebagai tindakan pidana, namun sebagian dari artis di bawah ini memilih untuk tidak memenjarakan suaminya. Siapa sajakah itu?

1. Dewi Perssik

Instagram.com/dewiperssik9

Di tengah maraknya kasus KDRT yang menjerat Rizky Billar, ternyata Dewi Perssik juga ikut buka suara bahwa dirinya pernah mengalami hal serupa dengan suami pertamanya. Seperti yang diketahui bahwa pedangdut ternama ini pertama kali menikah dengan Saipul Jamil.

Melalui siaran langsung Instagram, ia menjelaskan bahwa Dewi mengurungkan untuk melaporkan mantan suaminya itu lantaran permintaan sang ibu. Meski dilarang untuk melapor, namun ibu Dewi Perssik mendukung anaknya untuk bercerai.

"Saya sekali dipukul, dari suami saya pertama. Itu juga KDRT kalau kalian mau tahu. Sampai mata saya berdarah. Saya laporkan nggak saat itu? Nggak," ucap Dewi.

2. Yuni Shara

Instagram.com/yunishara36

Tindakan kekerasan, baik dalam rumah tangga atau di mana pun, tentu bisa menimbulkan rasa trauma pada korban. Yuni Shara yang kala itu menjadi korban KDRT sempat alami trauma dengan mantan suami pertamanya, yakni Raymond Manthey. Yuni dan Raymond sendiri diketahui menikah pada 1993 silam. 

Akibat adanya kekerasan dalam rumah tangga itu, mantan kekasih Raffi Ahmad ini mengaku dirinya sama sekali tak pernah menikmati hubungan intim dengan suaminya. Bahkan, ia tak lagi ingin bertemu dengan mantan suaminya yang hanya dinikahinya selama 4 bulan itu. 

“Jujur dari aku nikah pertama sudah di-KDRT setiap hari karena itu kejadian pas aku masih muda dan sampai saat ini sangat membekas di ingatan," ucap Yuni saat menjadi bintang tamu podcast Deddy Corbuzier.

"Aku selalu berdoa sama Tuhan jangan sampai dipertemukan karena sudah 25 tahun ini nggak sama sekali ketemu. Tuhan baik banget,” sambungnya. 

3. Aurelie Moeremans

Instagram.com/aurelie

Kisah pilu soal KDRT dialami juga oleh Aurelie Moeremans yang menjadi salah satu pemeran film Story of Kale. Dirinya diketahui menikah di usia 18 tahun karena paksaan. Pernikahan yang dilangsungkan pada 2011 silam itu bahkan tak dihadiri oleh kedua orangtua Aurelie.

Setelah menikah, penyiksaan semakin datang bertubi-tubi. Ia tak hanya mendapat kekerasan fisik, seperti ditampar, diludahi, dan dipukul, perempuan kelahiran 1993 ini juga dipaksa untuk foto tanpa busana sebagai ancaman jika Aurelie berani untuk melaporkan tindakan dan meninggalkan suaminya itu. Nggak sampai di situ, suami yang dinikahinya selama 15 bulan itu juga memaksa dirinya untuk bekerja dan menafkahi keluarga mereka. 

Akibat dari perbuatan suaminya itu, Aurelie sempat alami stres berat karena ditambah dengan siksaan psikis karena tidak diizinkan bertemu dengan orangtuanya. 

4. Thalita Latief

Instagram.com/thalitalatiefofficial

Pernikahan Thalita Latief dengan bassist band Lyla, Dennis, ternyata juga berujung perceraian. Membangun rumah tangga selama 10 tahun, akhirnya Thalita mengajukan gugatan cerai karena sudah tak sanggup berada dalam pernikahan itu. 

Dennis yang menikahi Thalita pada 2011 lalu ternyata sempat mengajukan banding atas gugatan cerai yang dilayangkan sang aktris. Namun, saat Thalita menyanggupi banding dan mengatakan ingin melaporkan kasus KDRT yang dialaminya, gugatan cerai tersebut kembali berjalan lancar. Keduanya pun resmi berpisah pada 2021 silam. 

Saat ditanyakan seperti apa KDRT yang ia dapatkan, Thalita membeberkannya dan mengatakan bahwa tindakan kekerasan tersebut dilakukan di depan buah hatinya yang masih berusia 8 tahun kala itu. 

“Handphone dilempar ke muka saya, sampai berdarah bibir saya, gigi veneer saya sampai patah dua yang bagian depan. Lalu, jidat saya dijedotin sama kepalanya dia sampai berdarah dan benjol," ucap Thalita pada media.

5. Maia Estianty

Instagram.com/maiaestiantyreal

Penyebab perceraian pasangan musisi Indonesia, Maia Estianty dan Ahmad Dhani, ternyata nggak hanya karena isu perselingkuhan antara Dhani dan Mulan Jameela. Maia juga mengaku bahwa mantan suaminya itu sempat lakukan KDRT pada dirinya. Fakta tersebut baru terungkap setelah mereka bercerai selama 13 tahun, tepatnya pada 2021 saat Maia diundang menjadi bintang tamu podcast Denny Sumargo. 

Mendengar kabar tersebut, Dhani yang menjadi mantan suaminya itu mengatakan bahwa hal tersebut tidaklah benar, dan menuding kehidupan Maia penuh dengan pencitraan. Bagaimana menurutmu, Bela?

6. Okie Agustina

Instagram.com/okieagustina_

Maraknya pemberitaan soal KDRT membuat sebagian artis yang pernah alami hal serupa ikut angkat bicara. Begitu juga Okie Agustina yang pernah menjadi istri vokalis band Ungu, Pasha. Meski pada akhirnya memutuskan untuk bercerai, namun tak sekali pun Okie ingin melaporkan kekerasan yang ia dapat saat alami hal tersebut. Ini karena Okie merasa bahwa pendapatannya berasal dari sang suami dan ia masih memikirkan bagaimana nasib anak-anaknya kelak. 

Setelah bercerai dan menjalani rumah tangga barunya dengan Gunawan Dwi Cahyo yang terbilang lebih sederhana namun harmonis, ia berpesan pada semua perempuan agar jangan ragu untuk meninggalkan pelaku KDRT jika memang mengalaminya. 

“Mungkin saat ini ada yang menyaksikan KDRT di rumah tangganya. Kita ini perempuan bukan sebagai samsak, jadi lebih baik tinggalkan. Karena tabiat itu susah dihilangkan,” ucap Okie saat menjadi bintang tamu di televisi. 

7. Mieke Amalia

Instagram.com/mieke_amalia

Berbeda dari keenam seleb di atas, Mieke Amalia sempat melaporkan mantan suaminya, Hendra Wijaya, terkait kekerasan dalam rumah tangganya ke Polres Jakarta Selatan. Akan tetapi, laporan itu dicabut oleh Mieke lantaran sudah mendapat kesepakatan antara keduanya dan memutuskan untuk bercerai. 

Di tengah kasus tersebut, ibunda Mieke memberikan pengakuan bahwa kekerasan yang dialami oleh putrinya itu hanya terjadi satu kali karena Mieke selalu memaksa Hendra untuk menceraikannya. Kala itu, isu perselingkuhannya dengan Tora Sudiro dianggap menjadi retaknya rumah tangga Mieke dengan Hendra. 

8. Lesti Kejora

Instagram.com/lestykejora

Setelah ramai diberitakan selama berminggu-minggu, kisah KDRT yang dialami Lesti Kejora menemukan titik akhir. Lesti yang menjadi korban kekerasan dari suaminya, Rizky Billar, memutuskan untuk menarik laporan tindak KDRT tersebut, yang sebelumnya dibuat oleh salah satu anggota keluarga pedangdut ini. 

Disangka akan bercerai dan memenjarakan Rizky, Lesti justru mengaku bahwa ia telah memaafkan dan melihat perubahan sikap pada suaminya itu. 

Memang, tidak mudah untuk bisa langsung melepaskan diri dari hubungan yang tidak sehat. Namun, dengan adanya beberapa kasus KDRT ini, kita berharap bahwa korban kekerasan di luar sana lebih berani untuk melaporkan dan memutuskan untuk terlepas dari hubungan yang menjeratnya. 

IDN Media Channels

Latest from Married