Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Arti Topo dalam Weton dan Hitungan Perjodohan Jawa Lainnya

Yuk, simak dahulu penjelasannya!

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Dalam tradisi Jawa, perhitungan Weton adalah salah satu elemen penting dalam pernikahan. Hal ini memang sudah turun-temurun dari nenek moyang mereka, dengan tujuan keselamatan dan kesejahteraan untuk kedua pasangan yang akan menjalani biduk rumah tangga.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Weton adalah hari kelahiran seseorang dengan nama-nama deretannya, yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Menurut masyarakat Jawa, Weton akan berpengaruh pada perilaku dan peruntungan setiap orang, termasuk jodoh.

Ada beberapa perhitungan Weton yang umumnya dilakukan masyarakat Jawa. Caranya adalah dengan menjumlahkan Weton kedua pasangan tersebut. Hasilnya nanti akan menunjukkan makna apakah pasangan ini bisa membangun pernikahan yang baik atau tidak.

Salah satu hasil perhitungan Weton dalam Primbon Jawa yang paling familier adalah Topo. Yuk, simak pembahasan tentang arti Topo dalam weton beserta hasil perhitungan lainnya.

1. Arti Topo dalam Weton

Pexels.com/ Ketut Subiyanto

Topo dalam Weton artinya pasangan yang menikah akan mengalami kesusahan di awal hidup. Meski begitu tidak perlu khawatir, karena ketika rumah tangga itu sudah bertahan lama, maka kesuksesan dan kebahagiaan akan menyertai. Tentu saja, untuk meraih hal itu diperlukan kerja sama antara suami dan istri.

Hasil Weton ini tak selalu tentang perbedaan kepribadian, justru kedua pasangan akan saling mencintai dan melengkapi kekurangan masing-masing. Pasangan yang memiliki Weton Topo memiliki hasil penjumlahan 4, 13, 22, dan 31.

2. Pegat

Pexels.com/cottonbro studio

Jika dilihat dari hasil perhitungan Weton Pegat, pasangan ini diprediksi akan bercerai. Termasuk kategori rawan, mereka akan dihadapkan dengan berbagai masalah. Seperti faktor ekonomi, kekuasaan, bahkan perselingkuhan. Dari kejadian itulah, pasangan dengan Weton ini akan berpisah. Untuk hasil penjumlahannya dalam perhitungan Jawa adalah 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, dan 36.

3. Ratu

Pexels.com/Spora Weddings

Apabila yang muncul adalah hasil Weton Ratu, masyarakat Jawa menyebutnya jodoh sejati. Bak Ratu, mereka akan dihormati dan dihargai orang lain jika sudah menikah. Pasangan dengan Weton ini sangat cocok, kehidupan rumah tangganya pun selalu harmonis. Bahkan, orang-orang mungkin akan iri dengan pasangan ini. Hasil penjumlahan Weton Ratu terdiri dari angka 2,11, 20, dan 29.

4. Jodoh

Pexels.com/Jonathan Borba

Sesuai dengan namanya, perhitungan Weton ini memiliki makna bahwa pasangan tersebut benar-benar berjodoh. Mungkin inilah yang paling diinginkan setiap orang. Ketika kamu memiliki jumlah 3, 12, 21, dan 30, maka diprediksi rumah tanggamu kelak akan harmonis dan damai.

5. Tinari

Pexels.com/Mikhail Nilov

Kalau hasil perhitunganmu adalah 5, 14, 23, dan 32, maka ini termasuk dalam Weton Tinari. Artinya, ini bukan sesuatu yang buruk sehingga kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, akan ada kabar bahagia yang datang. Nah, kebahagiaan yang dimaksud adalah kemudahan dalam mencari rezeki setelah berumah tangga.

6. Padu

Freepik.com/gpointstudio

Arti kata "padu" dalam bahasa Jawa adalah berdebat. Jika dilihat dari makna katanya, mungkin ini menandakan hubungan yang tidak baik. Weton Padu akan menghasilkan jumlah 6,15, 24, dan 33, yang artinya akan ada prediksi buruk bagi rumah tangga seseorang. Meski banyak ujian, tapi tidak akan ada perceraian.

7. Sujanan

Freepik.com/freepik

Hasil penjumlahan dari penanggalan pada Weton Sujanan adalah angka 7, 16, 25, dan 34. Jika mendapat hasil neptu tersebut, kamu perlu meningkatkan kewaspadaan serta kehati-hatian. Ini dikarenakan menurut kepercayaan primbon Jawa, Sujanan merupakan tanda bahwa orang atau pasangan tersebut akan berisiko menghadapi pertengkaran besar di dalam rumah tangga akibat perselingkuhan.

8. Pesthi

Freepik.com/freepik

Dalam perhitungan neptu Weton jodoh, seseorang akan memiliki jumlah nilai Pesthi yaitu, 8, 17, 26, dan 35. Mereka akan menjalani pernikahan yang harmonis bersama pasangannya. Jika kamu memiliki weton jodoh tersebut, kamu akan mendapati kehidupan keluarga yang damai dan sejahtera

Itulah pembahasan tentang arti topo dalam weton Jawa beserta hitungan perjodohan Jawa lainnya. Apakah kamu sudah pernah mencobanya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Married