Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Ciri-Ciri Suami Takut Istri, Enggan Pulang ke Rumah!

Beberapa ciri suami takut istri yang harus diperhatikan

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Pernikahan adalah hal yang paling membahagiakan bagi setiap insan yang saling mencintai. Namun, bagaimana jika pernikahan tersebut justru menimbulkan rasa rendah diri dan beban karena ada ketakutan dengan pasangan sendiri? Akankah ini berdampak buruk pada pernikahan tersebut?

Tentu saja, rasa takut terhadap pasangan akan mendatangkan dampak buruk terhadap diri sendiri. Tak hanya istri saja, suami pun juga bisa merasakan hal tersebut, lho. Tak sedikit kasus di Indonesia yang membuat pihak suami merasa ditindas, dikuasai penuh, atau dikendalikan oleh istri. Situasi seperti ini disebut 'suami takut istri'.

Istilah 'suami takut istri' sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Fenomena tersebut tak hanya di film saja, melainkan juga di dunia nyata, atau bahkan di sekitaran kita. Tak jarang bagi orang yang mengalami situasi 'suami takut istri' menjadi bahan ejekan orang lain.

Lalu, apa saja, ya, ciri-ciri suami takut dengan istrinya? Untuk menjawab rasa penasaranmu, berikut Popbela akan mengulasnya lewat artikel ini.

1. Menyerahkan semua keputusan kepada istri

Pexels.com/Karolina Grabowska

Ciri-ciri suami takut istri yang pertama adalah suami yang membiarkan istrinya mengambil seluruh keputusan meskipun sepele. Umumnya, laki-laki lebih kuat secara mental ataupun fisik. Namun, ada saja yang mentalnya lemah seperti ini, sehingga istri menjadi dominan dan mudah mengendalikan suami. Laki-laki memiliki peran sebagai kepala rumah tangga, yang seharusnya menjadi pemimpin dalam keluarga.

Jika nanti istri yang memiliki kuasa penuh dalam hubungan, ini akan membuat laki-laki menjadi suami takut istri. Seharusnya, pernikahan menjadi kerja sama antara suami dan istri, bukan salah satunya menjadi dominan.

2. Selalu nurut apa pun perkataan istri

Pexels.com/Mikhail Nilov

Selalu menuruti apa pun perkataan istri juga termasuk ciri-ciri suami takut istri. Dalam pernikahan, perbedaan pikiran atau pendapat adalah hal yang sangat lumrah. Namun, hal tersebut tidak baik, lho. Ketika membahas tentang sesuatu persoalan, baiknya mendengarkan pendapat secara dua pihak.

Bagi suami takut istri, dia memilih untuk mendengarkan dan cukup mengiyakan apa kata istrinya, yang padahal belum tentu sang suami setuju. Jika kejadian ini terus-menerus terjadi, suami semakin merasa takut dan memendam perasaan tersebut, itu akan berpengaruh buruk dalam pernikahan.

3. Suami menjadi rendah diri

Pexels.com/Alex Green

Faktor rendah diri atau mindernya suami dengan penghasilannya, ternyata juga menjadi penyebab suami takut istri, lho. Ini juga bisa membuatnya tidak hanya sekadar takut, namun juga malu dan iri. 

Tak sedikit orang yang mengalami hal tersebut. Penghasilan seolah menjadi tolok ukur kesuksesan serta hubungan suami dan istri dalam pernikahan. Kalau istri memiliki penghasilan yang besar dan pekerjaan bergengsi, tentu saja lingkungan akan memihak padanya.

Hal ini seolah menjadikan suami selalu salah dan istri selalu benar dalam melakukan sesuatu. Ini tidak untuk semua keluarga, ya! Hanya saja, banyak yang mengalaminya. 

4. Cenderung menghindar saat diajak berbicara dengan istri

Pexels.com/Mikhail Nilov

Suami yang memilih menghindar saat diajak berbicara dengan istri juga termasuk ciri-ciri suami takut istri. Hal tersebut terjadi tentunya dengan berbagai penyebab. Salah satunya ialah takut membuat istri tersinggung dan marah, yang dapat memicu konflik dalam pernikahan.

Selain itu, suami yang sudah malas untuk berpendapat, karena dia tahu bahwa dirinya akan kalah. Terlebih lagi, topik yang sensitif. Suami takut istrinya marah dan memilih untuk menghindarinya.

5. Merasa dibatasi dan dikontrol istri

Pexels.com/Mikhail Nilov

Ciri suami takut istri juga bisa dilihat dari sikap atau keseharian istrinya. Sikap istri yang sering menuntut dan cemburuan, apalagi dengan hal yang belum tentu kejelasannya bisa memengaruhi sang suami. Selain itu, sang istri yang selalu memantau kegiatan serta membatasi aktivitas yang dilakukan suami ketika bertemu teman atau kerabat, juga menjadi penyebab suami takut istri.

6. Takut pulang ke rumah

Pexels.com/Kiera Burton

Suami yang takut istri membuat dampak buruk terhadap hubungan rumah tangga. Menurut beberapa sumber, dalam sebuah survey, suami mengaku takut pulang ke rumah setelah bekerja. Mungkin saja, mereka malas dan takut jika lelah dalam bekerja, justru sampai rumah adu argumen dengan istri. Hal ini akan merusak suasana hatinya.

7. Suami yang sangat berhati-hati dengan perkataannya

Pexels.com/Cottonbro

Menurut seorang terapis pernikahan, suami yang takut istri akan terlihat sangat berhati-hati dengan apa pun yang dia katakan dan apa yang ada di hadapannya. Suami mungkin saja menahan untuk tidak membahas seputar topik sensitif, seperti keuangan, seks, cara membesarkan anak, dan lainnya.

8. Suami selalu meminta izin dengan istrinya

Pexels.com/Mikhail Nilov

Hal yang sangat wajar jika suami meminta izin kepada istrinya. Namun, jika suami selalu meminta izin yang padahal hal tersebut sepele, ini bisa menjadi tanda kalau ia takut pada istrinya. Sangat lumrah, jika suami meminta izin untuk membeli sesuatu, tetapi bukan berarti dia tidak akan membeli barang tanpa izin dari istrinya.

Sebagai kepala keluarga, suami seharusnya bisa mengambil keputusan sendiri jika ingin membeli barang pribadi, apalagi jika bukan pengeluaran yang besar dan tidak boros dengan keuangan rumah tangga.

Itulah 8 ciri suami takut istri. Apakah pasanganmu menunjukkan ciri-ciri di atas, Bela? Jika iya, segera perbaiki demi kesejahteraan rumah tanggamu.

IDN Media Channels

Latest from Married