Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tanda Sederhana Tunjukkan Pernikahan Bahagia

Cek skor kebahagiaan pernikahanmu di sini!

Fera Nur Aini

Kamu mungkin sering bertanya-tanya, apakah pernikahanmu bahagia atau tidak. Bahagia memang abstrak sekali dan tidak mudah cara mengukurnya. Tapi ada, lho, tanda-tanda yang umumnya tampak pada pasangan sudah menikah yang merasakan kebahagiaan dalam pernikahannya. Apa saja ya tandanya? 

1. Sering saling pegang tangan

Pixabay.com/Mircea Lancu

Ini gestur paling sederhana yang biasanya tampak pada suami-istri bahagia. Pegangan tangan bukan lagi jadi hal romantis yang sesekali dilakukan, tapi sudah jadi kebiasaan yang selalu bikin nyaman.

2. Tidak takut bertengkar

Suits/USA Network/tvguide.com

Kalau kamu selalu menjaga suasana dengan sekuat tenaga agar tidak ada pertengkaran di antara kalian, hati-hati, mungkin pernikahanmu justru tidak bahagia. Pertengkaran yang sehat dan dilakukan dengan sadar justru menandakan kalian hidup sebagai manusia normal yang bahagia. 

3. Rutin melakukan quality time

Unsplash.com/Jared Sluyter

Waktu berkualitas bukan waktu sisa, tapi memang waktu yang diagendakan untuk bisa dinikmati berdua, secara rutin. Tidak harus ke tempat tertentu, apalagi yang mahal, quality time bisa kok dilakukan di rumah, sebelum tidur misalnya. 

4. Tidak melupakan seks

freepik.com/ freepik

Seks adalah kebutuhan. Seks juga bentuk romantisme. Lebih jauh lagi seks bisa mengikat dua hati yang berbeda menjadi satu kesatuan. Tak hanya hubungan fisik, seks juga melibatkan emosi. Jadi selalu tanyakan pada pasangan, seks seperti apa yang dia inginkan. 

5. Masing-masing punya jatah me-time

freepik.com/ senivpetro

Me-time penting untuk menjaga kewarasan. Me-time perlu untuk menstabilkan emosi. Baik kamu ataupun suami membutuhkannya untuk bisa memiliki ruang sendiri, lepas sejenak dari rutinitas yang melelahkan. Lepas sejenak dari hubungan kalian untuk menciptakan rindu. 

Ada berapa tanda yang kamu temukan dari pernikahanmu, Bela? 
 

IDN Media Channels

Latest from Married