Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tanda Kamu Sudah Berada di dalam Hubungan yang Stabil

Apakah hubunganmu dengan pasangan sudah stabil, Bela?

Astri Amalia

Banyak pasangan yang mendambakan untuk mempunyai hubungan romantis yang stabil. Ini karena stabilitas dianggap mampu membantu hubungan bertahan dalam jangka waktu yang lama dan membuatnya terus berkembang. Lalu, apa saja tanda dari sebuah hubungan yang stabil? Dan apakah kamu dan pasangan sudah berada dalam hubungan yang stabil? Untuk mengecek jawabannya, simak 8 tandanya yang dikutip dari laman Marriage berikut ini. Keep scrolling, Bela!

1. Saling terbuka atas perasaan satu sama lain

pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Terkadang, pengungkapan perasaan marah dan kecewa cukup sulit ditunjukkan dengan cara yang sehat, yaitu dengan melibatkan rasa hormat dan kasih sayang. Tetapi, jika kamu berada di dalam hubungan stabil, kamu akan mampu mengutarakan perasan "sulit" semacam itu. Kamu bisa leluasa mengomunikasikannya pada pasangan tanpa melibatkan perilaku toxic, seperti penarikan diri, pasif-agresif, ataupun silent treatment.

2. Saling mendorong satu sama lain untuk berkembang

Pexels.com/PNW Production

Dalam beberapa kasus hubungan toxic, seseorang kerap kali merasa nggak aman dan dihantui rasa takut dalam hubungannya. Ini memungkinkan dia kesulitan untuk maju dan berkembang. Namun, di dalam hubungan yang stabil, tanda-tanda hubungan sehat atau green flag terlihat amat jelas, seperti adanya peningkatan kepercayaan diri antar pasangan, hingga munculnya rasa aman.

Alhasil, nggak ada satu pun orang dalam hubungan stabil yang merasa insecure saat pasangannya mencoba hal baru, mengembangkan karier, atau mempelajari hobi baru. Mereka malah dengan senang hati mendorong satu sama lain untuk terus berkembang

3. Sama-sama berjuang untuk menjaga hubungan pernikahan

Freepik.com/Lifestylememory

Tanda ini bukan hanya menggambarkan stabilitas hubungan saja, tapi juga menandakan bahwa kedua pasangan cukup dewasa secara emosional untuk mengembangkan keterikatan yang sehat. Berjuang dalam pernikahan bisa ditunjukkan dengan sikap jujur dan terbuka antar pasangan, adanya jaminan keamanan tentang hubungan, serta melihat komitmen sebagai suatu hal yang positif.

4. Kamu merasa pasangan adalah sahabatmu

pexels.com/laura-garcia

Salah satu tanda stabilitas dalam suatu hubungan adalah bahwa dasar hubungan itu adalah persahabatan. Ini disebabkan karena di dalam persahabatan, setiap orang merasa bisa saling percaya secara eksplisit, saling menceritakan segala hal tanpa menghakimi maupun takut dihakimi, dan saling mencintai terlepas dari kekurangan yang dimiliki.

5. Mampu menyelesaikan perselisihan dengan baik

Pexels.com/Denis Gvozdov

Sering kali konflik dalam hubungan semakin memanas karena pasangan tersulut emosi dan nggak mampu memberi jeda waktu untuk menenangkan diri agar masalah dapat teratasi dengan lebih bijak. Akan tetapi, kalau kamu dan pasangan bisa mengatasi dan melepaskan setiap perselisihan dan pertengkaran dengan baik, bisa diartikan bahwa kalian memiliki hubungan yang stabil nih, Bela. Ini karena baik kamu maupun pasangan dapat memahami sudut pandang satu sama lain dan berkomitmen untuk selalu menyelesaikannya dengan kepala dingin.

6. Nggak berusaha memenangkan ego masing-masing

Pexels.com/Jenny Uhling

Argumen atau perbedaan pendapat dalam hubungan adalah hal yang wajar. Meskipun kamu dan pasangan mungkin nggak sependapat tentang sesuatu, pada hubungan yang dianggap stabil, kalian nggak akan peduli untuk memenangkan ego masing-masing atau mencoba menjadi orang yang paling benar dalam perselisihan.

Selain itu, hubungan stabil mengajarkan tiap pasangan untuk bersama-sama melawan masalah, bukan melawan satu sama lain.

7. Tidak adanya tanda-tanda hubungan toxic dalam pernikahanmu

pexels.com/vlada-karpovich

Tanda lain dari hubungan yang stabil adalah ketika tidak ada tanda-tanda toksisitas dalam suatu hubungan atau pernikahan. Ini bisa diartikan bahwa baik kamu maupun pasangan nggak suka menyulut konflik, memperlakukan satu sama lain dengan buruk, hingga menjadi sosok yang pasif ketika menghadapi permasalahan, yang mana hanya akan mengakibatkan kerugian dalam hubungan.

8. Saling memahami bahasa cinta satu sama lain

pexels.com/khoa-võ

Gagasan seputar bahasa cinta akhir-akhir ini semakin populer dibahas banyak orang. Ini karena mengetahui bahasa cinta diri sendiri dan pasangan mempunyai dampak positif di dalam hubungan.

Saat kamu dan pasangan mau saling memahami bahasa cinta satu sama lain dan mencoba mengungkapkan cinta dengan cara yang dipahami dan dirasakan pasangan, sangat jelas bahwa kamu telah berada di dalam hubungan yang stabil.

Jadi itulah 8 tanda kamu berada di dalam hubungan yang stabil. Perlu diingat bahwa mencapai hubungan yang stabil bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja. Tentunya dibutuhkan usaha agar hubunganmu bisa terus berkembang ke arah yang positif. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married