8 Aturan Tak Tertulis dalam Pernikahan yang Perlu Kamu Tahu

8 Aturan Tak Tertulis dalam Pernikahan yang Perlu Kamu Tahu

Walaupun nggak terucap, tapi ini penting, lho!

8 Aturan Tak Tertulis dalam Pernikahan yang Perlu Kamu Tahu

Melansir Your Tango, terdapat beberapa aturan tidak tertulis dalam pernikahan yang jarang diketahui oleh sebagian besar pasangan. Setelah menikah, beberapa pasangan menyadari bahwa ada beberapa hal yang menjadi aturan tak terucap mengenai apa yang pantas dan tidak dalam menjalani kehidupan pernikahan. Dalam menjalaninya, tentu pasangan suami istri akan dihadapkan pada kondisi maupun situasi yang melelahkan.

Meski begitu, aturan tak terucap tersebut jelas adanya dalam pernikahan yang bahagia dan hubungan suami istri yang sehat. Lalu, apa saja aturan tak tertulis dalam pernikahan tersebut? Simak deretan penjelasannya berikut ini.

1. Mengetahui kapan harus diam sejenak

8 Aturan Tak Tertulis dalam Pernikahan yang Perlu Kamu Tahupexels.com/budgeron-bach

Kamu mungkin merupakan seorang istri yang sangat vokal dalam kehidupan rumah tanggamu, tetapi kamu juga harus mengetahui kapan harus diam sejenak. Kamu perlu diam sejenak dan jangan terlalu banyak mengomentari apa pun yang dilakukan suamimu, khususnya saat ia melakukan kesalahan dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga maupun hal lainnya. Jangan pula mengejek metode kerjanya yang tidak umum atau kekurangannya dalam menjalankan instruksi saat memasak.

2. Simpan pendapatmu tentang keluarga pasangan untuk diri sendiri

8 Aturan Tak Tertulis dalam Pernikahan yang Perlu Kamu Tahupexels.com/nicole-michalou

Saat kamu merasa suatu hal kurang tepat atau kurang berkenan, maka simpanlah pendapatmu mengenai keluarga pasangan untuk dirimu sendiri. Jangan pernah mengucapkannya di depan mereka secara langsung. Ini agar menjaga ketenangan antara dirimu dan keluarga mertua.

3. Jangan mengancam perceraian setiap kali suatu masalah kecil terjadi

8 Aturan Tak Tertulis dalam Pernikahan yang Perlu Kamu Tahupexels.com/timur-weber

Salah satu hal penting pada aturan tak tertulis dalam pernikahan, yakni jangan mengancam untuk bercerai setiap kali suatu masalah kecil terjadi. Ini akan membuat renggang hubungan kamu dengan pasangan, serta menjadi salah satu bentuk tindakan tidak menghargai pernikahan yang sedang kalian jalani. Oleh karenanya, bersikaplah dengan bijak dan pikirkanlah dengan baik perkataan yang kamu ucapkan saat suatu masalah kecil terjadi.

4. Jangan berbagi hal-hal intim dengan orang asing

8 Aturan Tak Tertulis dalam Pernikahan yang Perlu Kamu Tahupexels.com/andrea-piacquadio

Menjaga privasi merupakan hal yang sangat penting, begitu pula dengan kehidupan pernikahan. Jagalah berbagai hal privat dalam kehidupan rumah tangga, salah satunya adalah momen intim dengan pasangan. Tak perlu memberitahu orang lain maupun membagikan berbagai aktivitas intim atau romantisme dengan pasangan. Hormatilah pasanganmu dan ketahuilah kapan harus menjaga hal-hal yang bersifat pribadi.

5. Jangan selingkuh

8 Aturan Tak Tertulis dalam Pernikahan yang Perlu Kamu Tahupexels.com/emma-bauso

Hal ini tentunya menjadi poin yang paling penting dalam kehidupan pernikahan. Jagalah dirimu dalam bersikap dan jangan berselingkuh, maupun melakukan hal-hal yang bersifat kecil yang menjurus pada perselingkuhan sekalipun. Jika kamu tidak ingin pasanganmu mendekati orang lain, maka janganlah mendekati atau berselingkuh dengan orang lain. Bekerjasamalah untuk menjaga hubungan rumah tangga kalian dengan saling menjaga diri.

6. Jangan pernah berhenti merayakan berbagai momen penting bersama pasangan

8 Aturan Tak Tertulis dalam Pernikahan yang Perlu Kamu Tahupexels.com/anna-pou

Merayakan berbagai momen penting dalam kehidupan pernikahan maupun pencapaian yang diraih merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga keintiman dengan pasangan. Kamu dapat merayakannya dengan mewah maupun sederhana, seperti hari ulang tahun pasangan, ulang tahun pernikahan, pencapaian yang diraih pasangan di tempat kerja, maupun momen besar lainnya. Jika kamu berhenti merayakan momen-momen tersebut bersama pasangan, maka intensi keromantisan dalam hubungan rumah tangga pun akan mulai memudar.

7. Ikuti golden rule

8 Aturan Tak Tertulis dalam Pernikahan yang Perlu Kamu Tahupexels.com/vlada-karpovich

Golden rule dalam hal ini memiliki arti, perlakukanlah pasanganmu sama seperti bagaimana kamu ingin diperlakukan. Jika pasanganmu merupakan seseorang yang baik, ia akan membalas perlakuanmu yang baik dengan cinta dan rasa hormat. Ini sangat sederhana, tapi juga menjadi aturan yang penting dalam kehidupan pernikahan.

8. Ingatlah bahwa momen honeymoon tidak berlangsung selamanya

8 Aturan Tak Tertulis dalam Pernikahan yang Perlu Kamu TahuPexels.com/Ahha Xaboba

Kehidupan pernikahan akan membutuhkan banyak kerja keras saat perasaan berbunga, kesenangan, dan kegembiraan berkurang dalam hubungan rumah tangga. Cinta bukan hanya sebuah perasaan, tetapi juga sebuah bentuk tindakan. Nah, tindakan dalam hal ini yaitu dapat bersikap bijaksana dalam menjalani kehidupan pernikahan karena tentunya, pernikahan tidak selalu hanya dipenuhi dengan momen indah. Oleh karenanya, nikmati pernikahan yang kamu jalani dengan pasangan. dan nikmati momen dan hargailah pribadi satu sama lain.

Baca Juga: 7 Aturan dalam Hubungan yang Justru Bikin Makin Romantis

Baca Juga: 5 Tanda Pengabaian Emosional dalam Pernikahan

Baca Juga: 7 Prinsip Hubungan Pernikahan Sukses

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Psst... Ini 5 Alasan Pentingnya Mengetahui Masa Lalu Pasanganmu

Psst... Ini 5 Alasan Pentingnya Mengetahui Masa Lalu Pasanganmu

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Married

Jelajahi Italia, 8 Potret Mesra Kiky Saputri & Khairi Saat Bulan Madu

Jelajahi Italia, 8 Potret Mesra Kiky Saputri & Khairi Saat Bulan Madu