Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Fakta Pernikahan Pasangan Gay Thailand yang Dihujat Orang Indonesia

Tagar #IndonesiaSaySorryforThailand jadi trending!

Andhina Effendi

Masih ingat tidak ketika warganet Indonesia mendapat julukan sebagai “warganet yang paling tidak sopan” versi survei Microsoft? Hal itu kembali dibuktikan oleh warganet Indonesia yang menjadi trending di media sosial, karena menghujat pasangan gay asal Thailand yang menikah di negaranya sendiri.

Semua itu berawal dari unggahan Suriya Koedsang, seorang warga negara Thailand, di media sosial Facebook. Unggahannya itu menampilkan foto-foto pernikahan dengan pasangan gay-nya. Unggahan tersebut lantas mendapat reaksi negatif dari warganet Indonesia. Tak hanya hujatan, ada pula ancaman pembunuhan yang ditujukan kepada pasangan gay asal Thailand tersebut.

Simak potret dan fakta seputar pernikahan pasangan gay Thailand yang mendapat hujatan warganet Indonesia berikut ini.

1. Semuanya berawal dari unggahan Suriya yang memperlihatkan upacara pernikahan sesama jenis di Thailand.

Facebook.com

2. Unggahan itu lantas mendapat hujatan dari warganet Indonesia. Ada yang menyebut pernikahan mereka “dilarang Tuhan” dan merupakan “tanda-tanda akhir zaman”. Nggak sampai di situ, ada juga yang bahkan mengancam melakukan pembunuhan kepada pasangan tersebut.

Facebook.com

3. Sontak saja Suriya merasa kaget, karena dirinya adalah orang Thailand yang menikah di negaranya sendiri, kenapa harus warganet Indonesia yang menghujatnya?

Facebook.com

4. “Saya memilih diam, ketika beberapa warga Indonesia menghina kami selama tiga hari tiga malam. Saya tidak membalas dan berpikir mereka akan berhenti dengan sendirinya. Tapi beberapa komentar ini sangat kasar, penuh pengancaman, dan menakutkan bagi kami,” tulis Suriya dalam akun Facebook-nya.

Facebook.com

5. “Kami menikah di rumah kami, dikelilingi keluarga kami, tempat tinggal kami sendiri, di tanah ibu kami sendiri, dan apa yang salah dengan orang Indonesia? Kenapa harus begitu dramatis? Apa yang salah jika kami melakukannya di tempat kami sendiri?” ujarnya lagi.

Facebook.com

6. Lebih jauh, Suriyah mengatakan dia menghargai semua agama. Dia bahkan menyebut ada anggota keluarganya yang Muslim pun tak pernah bersikap kasar padanya. “Agama seharusnya mengajarkan kita untuk tidak membenci orang lain, memandang rendah orang lain. Agama justru mengajarkan kita untuk menjadi orang yang baik.

Facebook.com

7. Meski awalnya diam, kini Suriya ingin mengambil jalur hukum karena ada ancaman pembunuhan terhadap pasangannya, orangtua, hingga fotografer pernikahan mereka.

Facebook.com

8. Gara-gara hujatan tersebut, tagar #IndonesiaSaySorryforThailand menjadi trending di media sosial. Ada pula beberapa warganet Indonesia yang meminta maaf atas perlakuan sesama warganet Indonesia lainnya yang kasar.

Twitter.com

Itu dia beberapa fakta seputar pasangan gay Thailand yang kena hujat warganet Indonesia. Kalau menurut kamu, kita sebagai warganet Indonesia sebaiknya harus seperti apa?

IDN Media Channels

Latest from Married