Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Ciri Suami yang Baik, Termasuk Pasangan Kamu Nggak?

Coba dicek ke pasangan kamu, deh.

Andhina Effendi

Saat mencari pasangan hidup, kamu tentunya mengharapkan yang terbaik. Tentu saja, terbaik di sini bukan berarti sempurna, tapi yang terbaik untuk kamu dan kehidupan pernikahanmu kelak.

Seorang suami yang baik bukan berarti harus yang punya penghasilan tetap, menghujanimu dengan hadiah, atau menyiramimu dengan kata cinta. Seorang yang suami tentu punya kriteria yang jauh lebih dari itu.

Apa saja, sih, ciri-ciri suami yang baik? Cek di sini, ya!

1. Dia berkomunikasi dengan baik

freepik.com/lookstudio

Ciri suami baik yang pertama adalah dia sadar betul tentang pentingnya komunikasi dalam hubungan. Sehingga dia akan selalu menjaga komunikasi yang baik denganmu. Dia bercerita, mendengarkan, dan selalu berusaha untuk memahami. Dia tahu kapan untuk bicara dan kapan mendengarkan. Dia selalu berusaha terbuka dan tidak pernah menyimpan rahasia darimu.

2. Dia senang menghabiskan waktu bersamamu

Bagi dia, kamu adalah dunianya. Itulah mengapa sebagai suami yang baik, dengan senang menghabiskan waktu bersamamu. Memang, dia juga punya waktu untuk sendiri atau pergi bersama teman-temannya, tapi saat bersamamu, dia akan selalu menikmatinya.

3. Dia setia

Unsplash.com/Candice Picard

Tentu saja, kesetiaan sangat penting dalam sebuah hubungan, apalagi pernikahan. Seorang suami yang baik tentulah yang setia pada istrinya. Dia tidak berusaha mencari celah untuk mengkhianatimu dan dia selalu berpegang teguh pada janji pernikahan.

4. Dia suportif dan mendukung kemajuan dirimu

Menikah dengan seseorang, bukan berarti kehilangan jati dirimu sebagai perempuan dan hanya sekadar menjadi istrinya si A. Sebagai suami yang baik, dia paham akan hal itu, sehingga dia selalu suportif pada apa pun yang kamu kerjakan. Dia mendukung kemajuan dirimu, baik itu dalam kariermu ataupun dalam tanggung jawabmu sebagai seorang ibu.

5. Dia mau mengakui kesalahannya

Pexels.com/Dziana Hasanbekava

Saat salah, dia tidak hanya sekadar minta maaf agar kamu tidak marah, tapi dia juga mau mengakui kesalahannya. Dia akan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahannya dan berusaha memperbaiki diri.

6. Dia tahu cara menghiburmu

Saat sedih, pasangan tentunya menjadi tempat pertama kamu mengadu. Sehingga seorang suami yang baik, tak hanya menjadi tempat keluh kesah dan menjadi sandaranmu, tapi dia juga tahu cara menghiburmu. Dia tahu bagaimana cara membuatmu kembali tertawa setelah merasa sedih atau down.

7. Dia melibatkan diri dalam urusan rumah tangga

Pexels.com/cottonbro

Urusan rumah tangga bukan hanya urusan istri saja, suami yang baik tentu paham akan hal ini. Urusan rumah tangga adalah urusan berdua, karena itu suami tentunya juga wajib melibatkan diri dalam hal ini. Ikut membersihkan rumah, mengatur keuangan, hingga memasak, juga bisa dilakukan para suami, kok!

8. Dia selalu mengikutsertakan dirimu dalam setiap keputusannya

Saat dia ingin mengambil keputusan besar, misalnya saat akan membeli barang dengan harga mahal atau berencana mengubah karier, dia akan selalu menyertakan dirimu. Dia akan menanyakan dulu pendapatmu dan menghargai pendapatmu tersebut.

9. Dia tidak merendahkanmu

freepik.com/our-team

Sebagai pasanganmu, dia mengenali kemampuanmu dan bakatmu. Dia tidak pernah menganggap dirinya lebih baik darimu atau lebih tahu segalanya dibandingkan kamu. Seorang suami tidak akan merendahkanmu, baik dengan kata-kata maupun perbuatan. Kamu juga bisa melihatnya saat dia memperlakukanmu di depan orang, apakah dia memujimu atau sibuk mencela dan mencari kesalahanmu?

10. Dia selalu berusaha menjaga keselamatanmu

Ada sisi laki-laki yang selalu ingin melindungi pasangannya. Sehingga ciri suami yang baik berikutnya adalah dia selalu berusaha untuk menjaga keamanan dan keselamatanmu. Dia akan selalu memastikan kamu sampai di tempat tujuan dengan selamat dan sesekali menanyakan keberadaanmu, saat dia jauh darimu. Terlebih, dia selalu berusaha menjaga kesehatanmu, secara mental maupun fisik.

11. Dia mencintai orangtuamu sebesar cintanya padamu

pexels.com/Rodnae Productions

Terakhir dan tak kalah penting, seorang suami yang baik adalah suami yang bisa mencintai orangtua pasangannya sebesar dia mencintaimu. Tentu kamu sudah tahu, saat seseorang menikah maka dia tak hanya menikahi pasangannya, tapi juga keluarganya. Dia menghormatimu sebesar dia menghormati orangtuamu dan orangtuanya. Jika itu terjadi, maka kamu tahu bahwa adalah suami yang bisa diandalkan.

Itulah beberapa ciri suami yang baik. Kamu seharusnya bisa melihat itu semua saat menjalin hubungan pacaran dengannya. Bagaimana, pasangan kamu punya semua ciri di atas nggak?

IDN Media Channels

Latest from Married