Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Kencan a la Gen Z, Bebas Stres Saat Mencari Cinta

Tertarik mencoba?

Zahra Ramadhani

Menjalin hubungan dengan seseorang yang benar-benar kamu cintai ternyata bukan tidak mungkin membawamu sampai pada titik di mana hubungan itu terasa nggak lagi sehat. Ketika kamu selalu memikirkan banyak hal mengenai apa yang mungkin terjadi dan tidak hingga akhirnya membuatmu cemas, maka inilah saat yang tepat untukmu beralih menjadi seorang Zen Dater

Seorang Zen Dater atau berkencan ala Gen Z, menganut gaya hidup yang sederhana, nggak ribet, dan mengutamakan keharmonisan antara tubuh dan pikiran, lho. 

Secara tidak langsung mereka terbebas dari pengaruh emosi yang berlebihan. Nah, buat kamu ingin mencobanya, Popbela punya beberapa tips  yang dapat kamu terapkan untuk menjadi seorang Zen Dater seutuhnya. Keep scrolling, Bela!

1. Jalani hubungan dengan perlahan dan penuh ketenangan

Pexels.com/Snapwire

Tip yang pertama dapat kamu mulai dengan selalu berusaha untuk menenangkan pikiran. Alih-alih berpikir terlalu dalam mengenai apa yang akan terjadi di masa depan dengan seseorang yang saat ini kamu kencani, berupayalah sebisa mungkin untuk lebih santai dan secara perlahan menjalaninya dengan ketenangan. 

Meski ini adalah pengalaman berkencanmu yang pertama, bukan tidak mungkin kamu memiliki pengalaman yang menyenangkan. Namun, tidak menutup kemungkinan pula jika apa yang saat ini sedang kamu jalani memiliki jalan yang panjang dan masa depan yang menjanjikan. Pahami dengan baik bahwa segala sesuatunya masih mungkin untuk berubah, Bela.

2. Tantang kemungkinan buruk yang selalu menghantui pikiran

Freepik.com

Selama ini kamu selalu berusaha mengenyahkan segala pemikiranmu mengenai kemungkinan terburuk yang dapat terjadi dengan hubunganmu dan pasangan. Namun, jika apa yang selama ini kamu pikirkan terjadi di dunia nyata apakah hal tersebut benar-benar bermasalah untukmu? Cobalah untuk menantang apa pun yang menjadi penghalang dalam dirimu sendiri. Sesuatu memang selalu datang dari pikiran. Tapi, ketika kamu selalu berpikir sesuatu yang positif, bukankah hari-hari dan kehidupanmu akan turut positif pula?

3. Kembali fokus kepada diri sendiri.

Unsplash.com/Daria Litvinova

Seseorang yang benar-benar kamu cintai adalah kelemahan terbesarmu. Secara nggak langsung kamu akan lebih mudah untuk terjebak dalam gagasan yang si dia ciptakan mengenai suatu hubungan, tapi kembalikan dirimu dan berusahalah untuk kembali fokus. 

Menjaga diri sendiri sebelum menjalani sebuah hubungan yang penuh tantangan sekaligus romantis adalah hal yang wajib kamu lakukan. Lakukan beberapa kegiatan yang dapat memanjakanmu sebagai seorang perempuan. Mandi susu atau berkumpul bersama dengan teman-teman yang selalu berhasil membuatmu tertawa dan merasa bahagia, misalnya. Nggak ada salahnya untuk dicoba, lho!

4. Mengubah perspektif dan belajar dari pengalaman berkencan.

Unsplash.com/Artem Beliaikin

Hal lain yang patut kamu terapkan dan tanamkan dalam diri adalah dengan selalu percaya dan yakin bahwa dalam setiap hal buruk yang kamu temui pada suatu hubungan akan membuatmu belajar dan menjadikannya sebagai suatu pengalaman yang berharga agar tidak lagi terulang. 

Membantu diri sendiri melewati kencan yang buruk ternyata nggak sulit untuk dilakukan, kok. Biasakan dirimu untuk selalu melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Dengan begitu kamu dapat lebih sadar akan apa yang sedang kamu alami dan nggak terburu-buru dalam mengambil langkah.

5. Bijaksana dengan membatasi kehidupan asmara.

Freepik.com

Bijaksana dengan nggak terburu-buru untuk berkencan dengan beberapa orang yang berbeda pasca berpisah dengan seseorang adalah salah satu tip yang perlu kamu lakukan apabila ingin menjadi seorang Zen Dater seutuhnya. 

Memperbaiki dan memperkaya diri agar menjadi seseorang yang lebih baik sepertinya patut kamu pertimbangkan daripada menjalin hubungan yang sebenarnya nggak terlalu kamu inginkan hanya dem memenuhi tekanan dan tuntutan dari lingkungan. Don't be too hard on yourself, Bela. Segala sesuatunya memerlukan proses hingga dapat menemukan yang terbaik. 

IDN Media Channels

Latest from Dating