Dahulu orang-orang mencari teman kencan di tempat-tempat umum, seperti kantor, gym, bahkan di sekolah. Namun, dengan kehadiran teknologi, hal tersebut tampaknya kurang diminati lagi. Saat ini, mayoritas orang menggunakan media sosial, aplikasi messenger, serta aplikasi kencan untuk menemukan teman kencannya. 

Kehadiran teknologi membuat proses pencarian teman kencan menjadi jauh lebih mudah dan praktis. Namun, ada satu permasalahan yang muncul ketika seseorang bertemu dengan teman kencannya secara virtual. 

Permasalahan ini menurut Kristen Mark, seorang peneliti seks dan hubungan di University of Kentucky, ialah orang-orang cenderung tidak menunjukkan kepribadian aslinya dan menjadi jauh lebih tertutup. Mereka juga tidak menjadi dirinya sendiri dan berusaha menjadi sosok orang lain yang tampak sempurna. Padahal menurut Shan Boodram, seorang seksolog di Los Angeles, kejujuran terhadap diri sendiri adalah kunci utama dalam menemukan teman kencan secara virtual. Dengan kejujuran, mereka bisa mendapatkan apa yang diinginkan dalam membangun sebuah hubungan. 

Nah, kalau kamu termasuk ke dalam orang-orang tersebut, maka kamu harus berubah, Bela. Kamu harus terbiasa menjadi diri sendiri dan apa adanya ketika sedang melakukan pencarian teman kencan secara virtual. 

Kamu nggak perlu takut gagal atau kencanmu tidak sesuai dengan ekspetasi, karena Dr. Mark Boodram dan Walker Thorton, seorang sex educator, membagikan 7 cara yang bisa mewujudkan kencan impianmu. Boleh dicontek, nih!

1. Mengetahui hal yang diinginkan

Ingin Wujudkan Kencan Impian? Contek Saja 7 Cara dari Para Ahli IniPinterest.com/zoosk

Hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengetahui tujuan apa yang ingin kamu peroleh dari kencan yang sedang kamu jalani. Apakah kamu menginginkan hubungan yang serius atau hanya sekadar mencari teman menonton bioskop. 

Kamu harus mengomunikasikan tujuan yang ingin kamu capai dari kencan ini di bagian awal kepada teman kencanmu. Hal ini dilakukan agar kamu dan teman kencanmu bisa memenuhi harapannya masing-masing dan terhindar dari rasa kecewa.

2. Terapkan "Frozen 5"

Ingin Wujudkan Kencan Impian? Contek Saja 7 Cara dari Para Ahli IniPinterest.com/Maddie peschong

Ketika kamu menemukan seseorang yang cocok denganmu, kamu juga harus menyatukannya dengan nilai-nilai yang sesuai dengan standar yang kamu buat. Boodram menyarankan untuk membuat daftar yang berisikan lima hal yang tidak bisa dinegosiasikan dalam membangun hubungan atau yang disebut sebagai "Frozen 5". 

Daftar ini penting sebagai standar kamu dalam menemukan pasangan. Daftar ini bisa berisi nilai atau kriteria kamu terhadap pasangan, seperti kepercayaan, fisik yang rupawan, keuangan yang stabil, dan hal lainnya yang sesuai dengan keinginanmu.

3. Belajar melakukan flirting

Ingin Wujudkan Kencan Impian? Contek Saja 7 Cara dari Para Ahli IniPinterest.com/Collegefashion

Dalam melakukan pencarian teman kencan, jangan lupa untuk melakukan flirting. Sesuaikan flirting-mu dengan mempelajari cara merayu yang terlihat natural dan tidak norak. Sebagai referensi dalam mempelajari hal ini, kamu bisa membaca buku "The Art of Seduction" yang ditulis oleh Robert Greene atau "The Game of Desire" yang ditulis oleh Shan Boodram.

4. Jadi seperti Ariana Grande

Ingin Wujudkan Kencan Impian? Contek Saja 7 Cara dari Para Ahli IniBillboard.com

Kamu harus belajar dari Ariana Grande melalui lagunya yang berjudul "Thank u, Next". Dalam lagunya, Ariana mengungkapkan rasa terima kasih kepada mantan pacarnya dan mengatakan bahwa pengalaman selama melakukan kencan telah mengajarinya banyak hal sehingga ia telah siap untuk melakukan kencan berikutnya. Nah, sama seperti Ariana, kamu harus bisa mengambil pelajaran dari kencan sebelumnya agar bisa mendapatkan feedback mengenai hal apa yang harus kamu perbaiki di didirimu dalam membangun sebuah hubungan. Dengan melakukan hal ini, kamu akan jadi mengerti terhadap diri kamu sendiri dan berusaha untuk mencoba menjadi versi terbaik dari dirimu.

5. Ubah sikap dan mulai belajar mencintai kencan

Ingin Wujudkan Kencan Impian? Contek Saja 7 Cara dari Para Ahli Iniwww.parade.com

Kalau kamu ingin memiliki pasangan tapi kamu berpikir bahwa kencan adalah sesuatu yang buruk dan tidak bermanfaat, maka kamu harus mengubah pemikiranmu itu. Berkencan adalah kesempatan kamu untuk bertemu dengan orang baru dan belajar mengerti tentang orang lain. Enggak cuma itu, melalui kencan, kamu akan mengenal dirimu lebih jauh lagi. Mulai dari sekarang, pandanglah kencan dengan sikap yang positif, karena sikap sangat berpengaruh terhadap hasil yang kamu peroleh.

6. Waspadai Digital Roadblocks

Ingin Wujudkan Kencan Impian? Contek Saja 7 Cara dari Para Ahli IniPinterest.com/Freepik

Aplikasi kencan membuat banyak orang berpikiran bahwa mereka memiliki banyak pilihan teman kencan di luar sana. Pemikiran ini justru membuat mereka susah untuk menemukan cinta melalui aplikasi kencan. Hal ini dikarenkan mereka percaya, bahwa ketika mereka merasa tidak cocok dengan teman kencannya, mereka yakin nggak akan menemukan orang lain yang lebih sempurna. Padahal, tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Jadi, kalau kamu ingin menemukan dan membangun cinta melalui aplikasi kencan, kamu harus belajar menerima kekurangan teman kencanmu dan memandang perbedaan bukan lagi menjadi suatu masalah.

7. Gunakan aplikasi kencan secara tepat atau tidak sama sekali

Ingin Wujudkan Kencan Impian? Contek Saja 7 Cara dari Para Ahli IniPinterest.com/Shopify

Seperti yang dikatakan di atas, kamu harus secara tegas mengatakan tujuanmu menggunakan aplikasi kencan. Apakah tujuanmu mencari pasangan hidup atau hanya sekadar teman menonton bioskop. Katakan tujuanmu di awal agar tidak ada yang merasa dikecewakan. Kalau kamu merasa lelah dengan aplikasi kencan, mungkin kamu tidak cocok dengan pencarian teman kencan secara online ini. Kamu bisa mencari teman kencan layakanya sebelum teknologi ada, seperti diperkenalkan oleh teman atau mencari teman kencan di tempat-tempat umum.

Baca Juga: Selama Social Distancing, Ini 5 Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh

Baca Juga: Virtual Date Jadi Opsi Baru untuk Cari Jodoh di Tengah Pandemi Corona

Baca Juga: Bosan Melajang? Ini 5 Tips Aman Cari Jodoh di Aplikasi Kencan Online