Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Yuk, Ketahui Arti Couple Goals dan 6 Tipsnya Ini

Salah satunya dengan bisa punya 'me time'

Puspita Ramadhani

Istilah couple goals atau realtionship goals mungkin sudah nggak asing buat kamu. Banyak dari kaum millennial dan gen Z yang langsung memberikan label sebagai couple goals ketika melihat pasangan yang sering berbagi kebersamaan di sosial media.

Jika ditarik lebih jauh, media sosial merupakan platform di mana seseorang hanya membagikan memori-memori indah yang pernah mereka alami, termasuk bagaimana hubungannya dengan pasangannya.

Namun, apakah dengan sering memamerkan kebersamaan dan berbagi kebahagiaan di sosial media dengan pacar lantas membuat mereka menjadi couple goals? Untuk memahaminya, kamu dapat menyimak apa arti couple goals dan tips yang bisa kamu lakukan dengan si dia berikut ini.

Arti couple goals

Pexels.com/Nycolle Suabya

Pacaran bertahun-tahun lamanya, sering liburan bersama, menghabiskan banyak waktu berdua, kemudian menikah, dan terus berlanjut hingga memiliki buah hati adalah standar seseorang dapat dikatakan sebagai couple goals.

Padahal, couple goals yang sering dibicarakan itu tidak memiliki standar baku. Sebab, sangat tidak mungkin apabila di dalam sebuah hubungan tidak terjadi sebuah konflik.

Menurut seorang psikolog, Sabrina Maida, melalui laman Instagram @sabrinamaidaa, ia mengungkapkan bahwa goals atau sebuah tujuan memang dibutuhkan di setiap hubungan. Tujuan tersebut bukan hanya sekadar ilusi dari couple goals agar terlihat sempurna di mata orang lain, melainkan bagi mereka yang menjalankannya.

Menurut Sabrina, arti couple goals adalah pasangan yang bisa saling memberikan dan tumbuh bersama sehingga tumbuh rasa puas dari hubungan yang sedang dijalani.

“Di mana suatu pasangan bisa memiliki kesamaan tujuan, mampu untuk saling menghargai, saling membahagiakan, dan juga saling mempercayai bahwa mereka akan tumbuh bersama, serta adanya kepuasaan akan hubungan yang mereka jalani,”  jelasnya melalui akun Instagram-nya.

Untuk mendapatkan arti couple goals itu sendiri, sudah pasti kamu membutuhkan beberapa tips yang bisa dilakukan oleh kamu dan pasangan.

1. Saling mementingkan satu sama lain

Pexels.com/Leandro Vendramini

Kalian harus bekerja sama untuk menjadikan hubungan saat ini sebagai prioritas satu sama lain, sehingga baik kamu maupun si dia bisa saling memerhatikan dan memenuhi kebutuhan pasangannya dengan senang hati.

Ini menjadi penting karena nantinya akan menumbuhkan rasa ingin melindungi, ingin membahagiakan dan mencintai, hingga mendukung satu sama lain. Selain itu, tips satu ini juga bisa membuat ego masing-masing dari kalian menurun agar hubungan tetap baik.

2. Jadilah dirimu sendiri

Meskipun pada tips sebelumnya kamu harus saling memprioritaskan, tapi jangan sampai kalian kehilangan jati diri sebenarnya, ya, Bela. Ini menjadi tips penting karena jika kamu memulainya dengan sebuah kepura-puraan agar terlihat baik, maka akan terasa melelahkan di kemudian hari. Kamu bisa berubah kapan pun dan membuat tujuan hubungan yang sehat dan bahagia semakin jauh.

3. Jangan lupa beri waktu untukmu juga

unsplash/Priscilla du Preez

Di awal hubungan, tentu menghabiskan waktu bersama adalah hal yang sangat dinantikan oleh kalian berdua. Akan tetapi, semakin lama suatu hubungan tersebut, cobalah memberikan ruang bagi dirimu sendiri untuk melakukan kesenangan yang ingin kamu lakukan sendiri.

Melakukan beberapa kegiatan sendiri bukan berarti kamu nggak mau lagi bersama dengan dirinya. Ibaratnya, kamu hanya sedang mengisi kembali bateraimu agar bisa kembali bersama dan menjadi lebih erat dari sebelumnya.

4. Pahami bahasa cinta kamu dan si dia

dok.internet

Memahami bahasa cinta satu sama lain juga bisa membuat hubungan kalian terhindar dari masalah sepele, lho, Bela. Misalnya, si dia sudah menunjukkan rasa cintanya kepadamu menurut caranya sendiri, tapi kamu nggak menangkap sinyal itu dan merasa diabaikan. Maka dari itu, bicara dan membahas apa yang membuat kalian merasa dicintai satu sama lain adalah penting.

Ada lima bahasa cinta, yaitu menghabiskan waktu bersama, memberikan bantuan, memberikan hadiah, sentuhan fisik, dan kata-kata afirmasi. Kira-kira mana bahasa cinta si dia, Bela?

5. Jadilah partner dan support system terbaiknya

Pexels/ Pavel Danilyuk

Saat kamu merasa ragu, maka kehadiran support system akan sangat memberikan kekuatan untuk menjalaninya. Cobalah untuk selalu berikan dukungan dan semangat kepada keputusan pasanganmu, meskipun itu hal gila menurutmu. Dengan begitu, dia semakin merasa nyaman dengan kehadiranmu yang mampu memahami keinginannya.

Selain itu, menjadikan pasangan sebagai partner juga nggak kalah penting. Ini berguna untuk menghindari permasalahan akibat siapa berkorban lebih banyak. Selalu libatkan si dia saat kamu ingin memutuskan beberapa hal yang kamu dirasa baik untuk hubungan kalian.

6. Jangan ragu untuk membicarakan hubungan kalian

Freepik.com/nensuria

hubungan asmara sangat bersifat dinamis, artinya bisa berubah kapan pun. Alih-alih kamu dan dia harus bertengkar, maka cobalah untuk membicarakannya secara terbuka dengan penyampaian yang baik.

Perubahan memang nggak bisa dihindari, akan tetapi jika perubahan tersebut membuatmu merasa tidak nyaman, maka nggak ada salahnya untuk menceritakannya. Dengan begitu, kalian akan mencari jalan keluar terbaik untuk keduanya.

Nggak hanya itu, kamu juga perlu membicarakan perubahan positif dari pasanganmu meski itu tidak terlalu besar. Berikan kata-kata afirmasi padanya agar ia merasa dihargai atas usaha yang dilakukannya.

Nah, itulah pembahasan mengenai arti couple goals dan tipsnya. Semoga hubungan kalian semakin langgeng ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating