Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tanda Kamu Memiliki Pasangan yang Posesif

Waspada jika melihat tanda-tanda ini!

Shilla Dipodiputro

Memiliki pacar yang posesif bisa menjadi salah satu penyebab tidak sehatnya sebuah hubungan. Berada di hubungan yang penuh dengan tekanan dan tuntutan berlebih, hingga tidak menghargai privasi tentu bisa menyebabkan ketidakbahagiaan bahkan gangguan pada kesehatan mental. 

Oleh karena itu, kamu sebaiknya memperhatikan 7 tanda pasangan posesif berikut ini sebelum mengambil keputusan untuk melangkah lebih jauh dengan pasangan.

1. Kamu dituntut untuk menuruti semua keinginannya

Pexels.com/Laleshaldarwish

Biasanya, pasangan yang posesif akan mengancam apabila kamu tidak menuruti keinginannya. Cara menyampaikan keinginannya bisa beragam, mulai dari baik namun mengancam, hingga menggunakan kekerasan verbal.

2. Pasangan akan mengontrol ke mana, kapan, dan dengan siapa kamu bepergian

Pexels.com/Tan Danh

Bukan hanya meminta untuk diberi kabar, pasangan posesif akan membuatmu merasa tidak nyaman bepergian karena selalu mengontrol tujuan, waktu, hingga dengan siapa kamu pergi. Biasanya, pasangan yang posesif akan bertindak manipulatif sehingga kamu justru merasa bersalah dengan tindakanmu.

3. Pasangan menguntit semua kegiatanmu

Unsplash.com/Sane Sodbayar

Pasangan yang posesif akan meminta akses media sosial dan selalu mencari tahu semua kegiatanmu secara langsung, misalnya melihat pesan di ponsel hingga riwayat panggilan.

4. Tidak menghargai batas privasimu

Pexels.com/Moosephotos

Berbagai hal yang sifatnya privasi tidak akan dihargai oleh pasangan posesif. Baginya, semua yang berkaitan dengan kamu juga menjadi haknya untuk mengetahui. Misalnya saja dia ingin mengetahui pin kartu debit, jumlah saldo rekening, hingga tidak memberikan ‘me time’ untukmu.

5. Sering kali cemburu tanpa alasan

Pexels.com/Olegmagni

Kecemburuan berlebih kerap ditunjukkan oleh pasangan yang posesif. Dia tidak bisa menerima apabila kamu berinteraksi dengan lawan jenis, baik secara langsung ataupun tidak.

6. Dia akan mengontrol pakaian yang kamu kenakan

https://www.pexels.com/@olly

Setiap orang memiliki gaya sendiri dalam berpakaian namun pasangan posesif akan mengatur gaya berpakaianmu. Semua yang ingin kamu kenakan harus berdasarkan persetujuannya.

7. Bersikap manipulatif hingga mengganggu kondisi emosi dan psikologis kamu

Pexels.com/Enginakyurt

Pasangan posesif akan membuat rasa percaya diri kamu menurun. Mereka akan melakukan kekerasan emosional hingga membuatmu merasa tidak mengerti apa yang terbaik untuk diri sendiri.

Itu dia, Bela, beberapa tanda seorang pasangan yang posesif. Yakin kamu mau lanjut dalam hubungan yang penuh tekanan seperti ini?

IDN Media Channels

Latest from Dating