Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Toxic, Ini 5 Cara Menjalin Hubungan Jangka Panjang yang Sehat

Supaya hubungan jangka panjangmu nggak toxic

Ruhil Sabrina

Setiap orang ketika menjalin asmara pasti ingin memiliki hubungan jangka panjang. Hubungan yang tidak cuma berakhir main-main, tapi tahu arah jelas ke depannya seperti apa.

Namun ternyata, menjalin hubungan itu nggak mudah. Tidak hanya salah satu pihak saja yang berjuang, tapi keduanya harus sama-sama mau menciptakan hubungan yang sehat. Nah, supaya tidak terjebak dalam hubungan yang toxic, berikut lima tips menjalin hubungan jangka panjang yang sehat. 

1. Segala sesuatu harus dikomunikasikan

Pexels.com/Mental Health America (MHA)

Tips pertama menjalin hubungan jangka panjang yang sehat, yaitu segala sesuatu antara kamu dan pasangan harus dikomunikasikan. Jika ada masalah silahkan saling curhat, jika ada yang nggak kamu sukai dari pasangan silahkan dibicarakan, jika di hati ada yang menjanggal bisa deep talk berdua.

Ketika menjalin hubungan komunikasi itu sangatlah penting. Sebab, jika kalian jarang mengobrol atau sekedar curhat, pasti ada hal yang disembunyikan dan berakhir miss komunikasi. Jangan sampai hal tersebut terjadi padamu, ya.

2. Bersikap terbuka dengan pasangan

Pexels.com/Gustavo Fring

Tips selanjutnya, yaitu bersikap terbuka dengan pasangan. Salah satu kunci hubungan langgeng adalah dengan saling terbuka dan tidak menyembunyikan masalah satu sama lain. Jika hubungan ada masalah, yuk ngobrol dari hati ke hati, jangan malah diam dan menunggu pasangan untuk peka duluan.

Selain itu, hal yang nggak kalah penting adalah tidak menutupi kebohongan, karena jika itu dilakukan bukan nggak mungkin pasangan jadi hilang kepercayaannya padamu. 

3. Jangan ragu untuk mengekspresikan rasa cinta

Pexels.com/Vjapratama

Supaya hubungan yang kalian jalin bisa jangka panjang dan sehat, jangan ada ragu di antara kalian untuk saling mengekspresikan cinta. Cara orang untuk mengekspresikan cinta itu berbeda-beda.

Misalnya, dengan memberi kejutan atau hadiah, memberi perhatian penuh pada pasangan, hingga menyatakan perasaan positif seperti, "aku cinta kamu" atau "aku sangat beruntung memilikimu". Carilah bagaimana cara kamu mengekspresikan perasaan, jangan malu-malu karena hal itu sangatlah wajar dilakukan supaya hubungan kalian bisa langgeng. 

4. Saling mendukung satu sama lain

Pexels.com/Cottonbro

Tidak semua orang ketika menjalin hubungan bisa saling mendukung terhadap pasangan. Banyak juga orang yang tidak suportif pada pasangannya sendiri. Maka dari itu, supaya hubungan yang kalian jalin bisa jangka panjang, jangan lupa untuk saling mendukung satu sama lain.

Mendukung terhadap karier atau pekerjaan misalnya, impian, cita-cita yang sedang diperjuangkan, dan sebagainya. Dengan saling mendukung, hubungan kalian jadi sehat dan bisa menghindari konflik yang nggak perlu.

5. Jangan mengekang, berikan ruang pada pasangan

Pexels.com/Olya Kobruseva

Selain itu, tips menjalin hubungan jangka panjang yang sehat adalah dengan tidak mengekang dan selalu memberi ruang pada pasangan. Jangan karena menjalin hubungan, kamu seenaknya sendiri mengatur dan melarang ini itu ke pasangan, tidak memberi kebebasan, dan harus menuruti semua apa yang kamu mau.

Hal itu jangan pernah kamu lakukan, karena bertindak posesif dan mengekang yang berlebihan itu tidak baik. Berikan dia ruang untuk mengekspresikan diri, ruang untuk mengembangkan diri, intinya selagi apa yang ia lakukan positif dan tidak merugikan orang lain berusahalah untuk mendukungnya. 

Menjalin hubungan jangka panjang itu susah-susah gampang. Dalam perjalanannya akan ada saja konflik hingga hambatan yang datang. Maka, kamu bisa melakukan tips di atas supaya hubunganmu dengan pasangan jadi awet. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Cara Sehat Menjalin Hubungan Jangka Panjang, biar Tidak Toksik!"

IDN Media Channels

Latest from Dating